Artikel

Rental Mobil menurunkan Risiko dan Biaya

mobil_retalan

Perusahaan baik industri produk maupun jasa; dalam operasional dan aktifitas rutin tentunya akan membutuhkan moda transportasi untuk menunjang kelancaran dan kinerjanya; sehingga sangat perlu untuk menyediakan kendaraan yang baik dan mendukung operasional perusahaan.

Daftar Isi :

Pengantar

Beberapa perusahaan mengeluarkan dana besar dari modalnya untuk membeli mobil operasional perusahaan, namun beberapa perusahaan lainnya memilih opsi sewa mobil atau rental mobil untuk operasional dengan pertimbangan mengurangi risiko dan dirasakan lebih menguntungkan bagi perusahaan.

mobi_rentalan_kji

Keuntungan Rental atau Sewa Mobil

1) Tidak diperlukan Biaya Tinggi
Sebenarnya jika perusahaan melakukan penyewaan atau rental mobil untuk kegiatan operasional dan rutinitas sehari harinya akan mengurangi resiko dan menghyemat biaya; karena tidak perlu membeli mobil yang harganya semakin hari semakin mahal, serta tidak perlu mengeluarkan biaya besar secara sekaligus yang adapat menggangu modal operasional perusahaan.

Jika opsi memilki kendaraan, maka perusahaan harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli kendaraan (harga mobil cukup mahal); kemudian setelah mobil dimiliki oleh perusahaan nilainya akan menurun sesuai dengan fungsi waktu. Dalam kurun waktu 5 tahun; maka mobil harus diregenerasi karena jika kepemikikan diteruskan akan menjadi tidak efisien akibat biaya perawatan; serta nilai yang makin menurun. Pada saat dijual maka harganya akan jauh sekali dengan nilai harga saat beli, apalagi dengan kondisi mobil bekas penggunaan perushaan.

2) Tidak diperlukan Biaya Perawatan
Penggunanaan mobil operasional perusahaan secara umum sangat sering sehingga akan menyebabakan pemakaian dan jumlah kilometer yang tinggi; resikonya adalah kerusakan yang semakin sering dan kecermatan dalam melakukan perawatan mobil; seperti ganti olil grease; spare part; ganti ban, dll. Dengan memilih opsi menyewa atau rental mobil, permasalahan tersebut akan menjadi tanggung jawab penyedia kendaraan; sehingga perusahaan terbebas dari risiko dan permasalahan kerusakan dan gangguan pada kendaraan.

Biaya perawatan mobil perusahaanakan memilki nilai lebih besar daripada biaya perawatan mobil jika dimilki pribadi; karena penggunaan atau jam pakai mobil perusahaan akan lebih tinggi. Dan perawatan mobil atau kendaraan harus dilakukan karena jika tidak dilakukan dapat mengganggu operasional mobil perusahaan; sehingga menyebabkan tidak terutilisanya mobil.

3) Tidak diperlukan Biaya Pajak Kendaraan.
Biaya pajak kendaraan dan pengurusan pajak kendaraan membutuhkan biaya tersendiri dan juga waktu untuk pengurusannya; dengan opsi menyewa atau rental mobil maka perusahaan akan terbebas dari biaya pajak kendaraan dan juga pengurusan pajak kendaraan yang kadang kadang cukup membutuhkan waktu dan merepotkan. Biaya pajak kendaraan mobil cukup tinggi dan harus dibayarkan setiap tahun, kemudian akan biaya tambahan pada setiap periode 5 tahun.

Biaya pajak kendaraan juga akan membengkak dengan biaya pajak progresif; pajak progresif adalah biaya pajak yang harus dibayar bila memiliki kendaraan baik mobil atau motor lebih dari satu yang memiliki kesamaan nama pemilik dan alamat tempat tinggal. Itulah sebabnya tarif pajak progresif cenderung naik sejalan dengan adanya penambahan jumlah kendaraan dan besaran nilainya.

4) Adanya Jaminan Asuransi
Mobil sewaan atau rental pada umumnya dilindungi dengan Asuransi; sehingga apabila terjadi masalah di jalan; misalnya bergesekan dengan mobil lain atau mengalami kecelakaan; maka pihak Asuransi akan menjamin semua biaya perbaikan. Sehingga perusahaan terbebas dari semua biaya penggantian kerusakan akibat kecelakaan selama operasional perusahaan.

Asuransi kendaraan juga umumnya meliputi TLO (Total Loss Only) dan atau All Risk; untuk all risk dapat melindungi mobil lebih menyeluruh dari beragam kerusakan. Mulai kerusakan minor, seperti baret halus, penyok, atau kerusakan kecil lain, hingga kerusakan besar, seperti tabrakan yang mengakibatkan bodi mobil berubah bentuk atau pencurian mobil, semuanya itu dapat ditanggung asalkan sesuai dengan yang tertulis di dalam polis.

5) Mobil Bisa Memilih
Jika perusahaan memilih opsi untuk menyewa atau rental mobil untuk operasional perushaan; maka dapat memilih jenis kendaraan atau mobil sesuai dengan kemampuan biaya sewa bahakan bisa memilih mobil terbaru; misalnya untuk meningkatkan citra perusahaan. beberapa perusahaan penyedia kendaraan biasanya tidak berkeberatan jika mobilnya diberi logo atau nama perusahaan penyewa.

Perusahan secara umum membutuhkan jenis mobil untuk kendaraan operasional perusahaan, untuk kendaraan dinas pejabat, untuk kendaraan antar jemput karyawan shift, untuk kendaraan barang, bahan baku dan produk; dengan kriteria tersebut maka perusahaan dapat memilih jenis mobil rental sesuai peruntukkannya, dan jika ingin bertukar peruntukkan maka dapat juga dilakukan perubahan rental janis mobil.

6) Penggantian Mobil saat ada Masalah
Jika suatu saat ada masalah dengan kendaraan misalnya tiba tiba mogok dan tidak dapat diperbaiki dengan segera; maka perusahaan rental akan menyediakan mobil pengganti untuk menunjang kelancaran operasional perusahaan. Kondisi seperti tidak akan ada jika opsi perusahaan memilih membeli mobil dinas untuk operasional.

Pada jaman sekarang ini sudah banyak perusahaan penyedia kendaraan untuk sewa dan rental; apalagi untuk operasional kegiatan perusahaan yang secara umum biasanya dilakukan dengan kontrak kerjasama jangka panjang (2-5 tahun). Kondisi seperti sangan menguntungkan bagi perusahaan yang mebutuhkan moda transportasi untuk operasional kegiatan perusahaannya; sehingga perusahaan bisa fokus dan konsentrasi pada kinerja' tidak direpotkan dengan urusan kendaraan.

 


Baca Juga :

  1. Jenis dan Kode pada Kabel Listrik
  2. Peran Cleaning Service dalam Sanitasi Lingkungan

Baca Juga

Krakataujasaindustri••• Hai Sobat KJI, Outsourcing adalah...

Definisi paling dasar dari gearbox adalah bahwa itu adalah...

Dalam suatu bangunan atau gedung biasanya terdapat satu atau lebih...

Patroli selain merupakan salah satu kegiatan Kepolisian juga...