Artikel

Cara dan Teknik Membersihkan Kaca, Cleaning Service

membersihkan kaca

Kaca (flat glass) dan berbagai jenis kaca lainnya banyak digunakan pada bangunan dan gedung dengan tujuan untuk mendapatkan cahaya dari luar kedalam; misalnya jendela, pintu, ovenlight, skylight, dll.

Daftar Isi :

Pengantar

Kaca pada bangunan akan menjadi kotor akibat dari lingkungan dan aktifitas di sekitarnya; sehingga perlu dibersihkan dengan tujuan estetika dan perawatan atau pemeliharaan kaca tersebut agar tahan lama dalam penggunaannya. Kaca secara umum dibersihkan dengan cara dilap; namun demikian dalam melaksanakannya diperlukan teknik dan metoda tertentu agar diperoleh hasil yang baik.

Cara Membersihkan Kaca

1) Arah Membersihkan
Bersihkan kaca dari atas ke bawah, karena larutan pembersih akan jatuh kebawah (menetes), manfaatkan gravitasi dan biarkan pembersih menetes ke area yang belum dicuci. Mulailah dari atas dan turunkan ke bawah untuk memastikan tidak ada tetesan yang terjadi pada permukaan kaca yang sudah dibersihkan dengan sempurna. Membersihkan kaca dilanjutkan dengan membersihkan sisi kaca atau bagian pinggir, pada bagian luar kaca biasanya lebih kotor sehingga bisa dibersihkan belakangan. Letakkan lap di bawah dibagian bawah untuk menangkap tetesan saat melakukan membersihkan kaca agar tidak mengotori lantai.

2) Bahan Pembersih
Baca dan ikuti aturan pakai produk pembersih, jika menggunakan deterjen, pastikan deterjen tersebut sesuai dan tidak merusak kaca. Produk dengan kandungan turunan Asam Fluorida, Fluorin, Klorin, atau Amonia tidak diperbolehkan karena dapat merusak lapisan dekoratif dan/atau permukaan kaca. Produk dengan kandungan asam dan basa yang tinggi tidak diperbolehkan karena dapat mengikis permukaan kaca.

3) Gunakan Karet Pembersih Kaca (Squeegee Karet)
Alat sederhana ini sangat efektif membersihkan noda pada permukaan kaca. Adakalanya lap pertama pada kain tidak menghilangkan semua larutan pembersih dan harus menyeka kembali area kaca; dan mengelap berikutnya akan beresiko goresan . Namun dengan menggunakan alat pembersih kaca yg terbuat dari karet akan menjadi mudah untuk memoles setiap bagian jendela. Alat pembersih kaca yg terbuat dari karet bergagang panjang adalah suatu keharusan jika akan membersihkan kaca yang lebih tinggi. Pada banyak kasus, kaca dapat dibersihkan dengan banyak air bersih menggunakan sepon lembut atau squeegee karet. Ketika menggunakan squeegee karet, perlu diperhatikan untuk tidak merusak lapisan cat dekoratif di sisi belakang kaca dengan peralatan logam.

4) Hindarkan Resiko Goresan
Jangan pernah mencoba membersihkan noda ketika kaca dalam kondisi kering, karena beresiko terjadi goresan. Semprotkan cairan pembersih ke kain lap halus yang baru, atau setidaknya bersih, jangan semprotkan langsung ke kaca karena air dapat jatuh dan mengendap di bagian tepi kaca. Selama proses pembersihan, jangan berikan tekanan berlebih, karena hal ini dapat menyebabkan goresan atau noda pada permukaan kaca.

5) Membersihkan Kaca Saat Cuaca Teduh
Hindari membersihkan kaca saat cuaca panas dan sinar matahari, matahari dapat mengeringkan cairan pencuci jendela sebelum waktunya, meninggalkan residu dan goresan. Dengan menunggu hari mendung atau teduh untuk membersihkan kaca maka larutan pembersih akan tetap dalam kondisi basah sampai kemudian menghapusnya, dan kemudian akan menghasilkan kaca bersih kilau cemerlang tanpa goresan.

6) Membersihkan Kaca dengan Teliti
Pembersih kaca harus diaplikasikan secara merata ke seluruh permukaan kaca lalu bersihkan pula secara menyeluruh. Semakin merata pengaplikasian pembersih ke permukaan kaca dan langsung dibersihkan, maka semakin rendah risiko terciptanya noda. Ulangi pembersihan apabila masih terdapat noda. Ketika dibersihkan, kaca harus dicuci hanya dengan air bersih dan usap dengan squeegee. Ketika membersihkan permukaan berminyak atau goresan tak kasat mata (contoh: sidik jari), cairan pembersih harus diaplikasikan ke seluruh permukaan kaca.

Frekuensi pembersihan kaca sangat tergantung pada kondisi lingkungan sekitar dan tingkat polusi. Kaca menjadi semakin kotor di area berdebu dan lembab (contoh: dapur, kamar mandi, toilet, salon rambut, pabrik, ruang operasi, dsb) dan di area publik.

SKKNI Cleaning Service; N.812100.009.02, Membersihkan Kaca

1. Mempersiapkan peralatan dan bahan pembersih
1.1 Kaca yang akan dibersihkan, diidentifikasi sesuai dengan prosedur 
1.2 Peralatan untuk membersihkan kaca disiapkan sesuai dengan prosedur 
1.3 Bahan pembersih disiapkan sesuai dengan prosedur 
1.4 Peralatan yang akan digunakan, diperiksa kelayakannya sebelum digunakan sesuai dengan prosedur

2. Melakukan pembersihan kaca
2.1 Area kerja dipersiapkan sebelum memulai pekerjaan sesuai dengan prosedur 
2.2 Tanda peringatan dipasang di tempat yang terlihat oleh umum sesuai dengan prosedur 
2.3 Alat pelindung diri dan alat bantu lainnya digunakan sesuai dengan fungsinya
2.4 Permukaan kaca dibersihkan sesuai dengan standar dan prosedur pelaksanaan kerja yang ditetapkan 
2.5 Percikan bahan pembersih dibersihkan menggunakan peralatan sesuai kebutuhan 
2.6 List-list kaca dikeringkan dengan lap sesuai standar 
2.7 Pekerjaan yang telah selesai dikerjakan diperiksa kembali sebelum melakukan pekerjaan lainnya sesuai dengan prosedur

3. Membersihkan dan merapihkan peralatan kerja
3.1 Peralatan dan bahan pembersih dibersihkan sesuai dengan prosedur 
3.2 Kerusakan peralatan dilaporkan sesuai dengan prosedur 
3.3 Peralatan disimpan di tempat yang telah ditetapkan dan dalam kondisi siap pakai sesuai peraturan 
3.4 Bahan pembersih disimpan sesuai dengan persyaratan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Keterangan :

  • Unit Kompetensi ini berlaku untuk melaksanakan pembersihan kaca pada sebuah bangunan dalam dan luar gedung namun tidak terbatas pada kaca dinding, partisi dan perabotan.
  • Pembersihan kaca ini hanya untuk membersihkan kaca yang terjangkau tangan dan alat sederhana seperti teleskopik tidak termasuk alat bantu khusus seperti scaffolding, akses tali dan gondola.¬†

 

Referensi :

  1. Asahimas FLat Glass Tbk
  2. SKKNI Cleaning Service.
  3. The Spruce; 8 Tips for Keeping Your Glass Sparkling Clean

 


Baca Juga :

  1. Sertifikasi Nasional Cleaning Service
  2. Gearbox untuk Kebutuhan Industri
 

Baca Juga

Pengaturan mengenai Satuan Pengamanan (Satpam) pada organisasi,...

Setiap kendaraan (mobil) dalam penggunaannya memilki resiko...

Didalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara RI No 24 Tahun 2006...

Secara umum suatu industri atau perusahaan yang melakukan proses...