Artikel

Cara Membersihkan Langit Langit Ruangan (Plafon); Cleaning Service

membersihkan plafon

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri memahami tentang pentingnya membersihkan langit-langit (plafon) ruangan secara berkala terkait dengan sifatnya yang tinggi; membuat orang malas untk melakukannya atau mungkin terlupakan.

Daftar Isi :

Pengantar

Langit-langit ruangan adalah tempat akhir menempelnya debu, kotoran, serangga, dan lainnya yang kemudian terakumulasi menjadi nuansa kotor dan merusak keindahan dan kebersihan. Langit-langit, khususnya, merupakan tempat berkumpulnya debu dan sarang laba-laba karena sifat ketinggiannya, terutama jika langit langit memiliki bentuk rumit atau relief.

Membersihkan langit-langit biasanya menjadi tugas yang dipandang berat terkait dengan ketiunggian dan diperlukannya alat bantu untuk mengerjakannya. Jika langit-langit ruangan sangat tinggi yang memerlukan tangga khusus untuk membersihkannya; maka akan terasa makin berat tugas untuk membersihkannya. Sehingga langit langit ruangan kadang kadang terlupakan untik dibersihkan secara rutin.

Pentingnya Membersihkan Langit-langit Ruangan

Membersihkan langit-langit ruangan dianggap penting selain karena sering terlupakan juga karena sifat ketinggiannya yang membuat orang malas untuk melakukannya. Kotoran yang menumpuk dan terakumulasi akan semakinsulit dibersihkan; jika tidak dilakukan pembersihan segera.

Membersihkan langit langit ruangan harus dibuat jadwal periodik misalnya setiao minggu 1 kali; atau disesuaikan dengan tingkat kekotoranya. Kotoran yang makin banyak pada langit akan merusak keindahan ruangan; selain itu kotoran dapat saja jatuh atau menyebar kedinding dan lantai; misalnya sarang laba-laba yang kotor dan sudah banyak dapat jatuh dan menjadi sumber kotor bagi dinding atau lantai.

Kotoran yang makin banyak akan mendorong pemilik atau pengelola ruangan atau bangunan untuk terpaksa mengalokasikan budget pengecatan; meskipun sebelum dilakukan pengecatan tetap harus dibersihkan terlebih dahulu. Pengecatan ulang akan menimbulkan biaya dan effort karena harus membereskan paralatan atau furnitur yang ada di ruangan.

Peralatan / Perkakas

  • Kemoceng atau Lap dengan pegangan yang dapat diperpanjang
  • Vakum dengan Perpanjangan
  • Kain mikrofiber
  • Rol Cat
  • Botol semprotan
  • Sapu tangkai panjang
  • Tangga
  • dll.

Tips Cara Membersihkan Langit-langit Ruangan

1) Membersihkan Debu
Setelahmenyiapkan semua peralatan yang diperlukan untuk membersihkan langit-langit, maka mulailah dengan membersihkan debu dan kotoran yang ada dipermukaan. hal ini dapat dilakukan dengan kemoceng panjang yang dapat dengan mudah mencapai langit-langit atau penyedot debu (vakum cleaner) dan sikat. Lakukan pembersihan debu atau atau kotoran yang menempel dengan gerakan lambat dan panjang, kerjakan dari satu sisi ke sisi lainnya.

Debu akan menempel pada langit akibat sifat debu yang ringan dan beterbangan; sarang laba-laba biasa menempelk pada bagian sudut, karena laba-laba akan menjebak serangga dengan sarangnya. debu dan sarang laba-laba dapat dibersihkan dengan sapu, atau vakum cleaner.

2) Membersihkan Sudut dan Celah
Selanjutnya, berikan perhatian khusus pada sudut dan area celah atau trim di mana debu dapat dengan mudah menumpuk. Gunakan lap mikrofiber kering untuk membersihkan dan menyeka area tersebut dengan hati-hati, pastikan untuk menyeka debu sebanyak mungkin, karena debu yang masih menempel dapat menyebar ke area langit-langit lainnyaa.

3) Cuci Plafon
Jika Anda memiliki langit-langit datar yang dicat atau ubin langit-langit, Anda dapat mencuci dinding dengan larutan sabun cuci piring dan air. Sabun cuci piring adalah salah satu pembersih yang paling lembut dan bekerja dengan baik untuk menghilangkan sebagian besar permukaan noda kotoran tanpa merusak lapisannya.

4) Membersihkan dengan Larutan Pembersih
Siapkan larutan pembersih, semprotkan ke langit-langit, berhati-hatilah agar tidak melewatkan tambalan apa pun. Campuran tersebut perlu dioleskan secara menyeluruh tetapi tidak terlalu basah, karena dihawatirkan menyebabkan kerusakan dan membuat kotoran baru.

Selanjutnya, ambil roller cat yang bersih dan lembap dengan lengan yang dapat diperpanjang dan sapukan melintasi langit-langit. Kerjakan secara perlahan dan merata, cara ini akan berfungsi sebagai penggosokan lembut dan agitasi untuk campuran pembersih.

5) Keringkan Langit-langit
Keluarkan beberapa kain mikrofiber bersih dan mulailah mengeringkan langit-langit yang baru dibersihkan dengan mengelapnya. Oleskan kain dengan lembut ke atas dan ke bawah langit-langit, arahkan agar kain menyerap kelebihan cairan dari campuran pembersih.

Unit Kompetensi Membersihkan Langit-langit; SKKNI Cleaning Service

SKKNI Cleaning Service; Membersihkan Langit-langit adalah sbb :

Kode Unit : N.812100.008.01
Judul Unit : Membersihkan Langit-Langit
Deskrpsi: Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja untuk membersihkan langit-langit pada suatu ruangan dalam lingkup pekerjaan cleaning service.

1. Mempersiapkan peralatan kerja
1.1 Peralatan kerja yang akan digunakan, diidentifikasi sesuai prosedur.
1.2 Peralatan kerja yang akan digunakan, disiapkan sesuai dengan prosedur.
1.3 Kelayakan peralatan kerja diperiksa sebelum digunakan sesuai dengan prosedur.

2. Membersihkan langit-langit
2.1 Area kerja yang akan dibersihkan, diidentifikasi sesuai prosedur.
2.2 Peralatan kerja disiapkan pada tempat yang tepat sesuai prosedur.
2.3 Tanda peringatan dipasang pada posisi yang terlihat oleh umum sesuai prosedur.
2.4 Pembersihan langit-langit dilakukan sesuai dengan prosedur kerja.
2.5 Area kerja yang telah selesai dikerjakan, diperiksa kembali sebelum melakukan tugas lainnya sesuai dengan prosedur.

3. Membersihkan peralatan
3.1 Peralatan kerja dibersihkan sesuai dengan peraturan.
3.2 Peralatan kerja diperiksa sebelum disimpan sesuai dengan peraturan.
3.3 Peralatan kerja disimpan pada tempat yang telah ditentukan dalam kondisi siap pakai sesuai peraturan.
3.4 Kerusakan dilaporkan kepada atasan sesuai dengan peraturan


Referensi :

  1. The Spruce; Ceiling Cleaning: How to Clean a Ceiling
  2. Homedit; How to Clean a Flat Ceiling
  3. Angi; A Complete Guide to How to Clean Your Ceilings and Walls
  4. SKKNI Cleaning Service

 


Baca Juga :

  1. Tanda perlunya Spooring (Wheel Aligment) pada Mobil, dan Manfaatnya
  2. Pemeliharaan Prediktif dengan Condition Base Monitoring (Analisa Vibrasi)

Baca Juga

Dalam upayanya meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan rental...

Spesifikasi Pipa Baja Saluran Air Dengan atau Tanpa Lapisan Seng...

Cara membersihkan karpet yang terdapat dalam SKKNI Cleaning...

Fuse atau sekring adalah alat pengaman kelistrikan yang dapat...