Artikel

Cara membersihkan Lantai, Cleaning Service

membersihkan lantai

Membersihkan lantai dimulai dengan menyiapkan area lantai yang akan dibersikan; misalnya dengan menyingkirkan furniture, meja kecil, kursi, dan perabotan, dll sehingga memiliki space untuk aktifitas pembersihan.

Daftar Isi :

Pengantar

Untuk membersihkan lantai dar debu dan kotoran yang kering maka menggunakan sapu dan pengki atau mesin pengisap debu untuk, selanjutnya buanglah debu dan kotorannya ke tempat sampah.

Mengepel basah secara tradisional tetap menjadi cara terbaik untuk membersihkan berbagai jenis lantai. Setelah memberihkan debu dan kotorang yang tidak menempel maka selanjutnya pel basah mingguan yang baik dan menyeluruh dengan solusi pembersihan yang tepat dan pel benar-benar dapat memberikan pembersihan mendalam yang dibutuhkan lantai.

Mengepel basah sejauh ini merupakan metode terbaik untuk membersihkan lantai lembaran vinil, ubin vinil, dan ubin keramik atau porselen. Kayu atau laminasi yang disegel dengan benar dapat mentolerir lap lembab sesekali, tetapi mengepel dengan air yang banyak tidak disarankan untuk lantai ini. Setiap lantai membutuhkan metode atau cara membersihkan bebagai jenis lantai yang berbeda-beda; sesuai dengan jenisnya masing masing.

Mengepel Lantai

Untuk persiapan mengepel lantai maka siapkan ember dengan air panas dan campur dengan produk pembersih lantai. Produk pembersih yang dicampurkan harus sesuai takarannya; artinya tidak terlalu banyak namun memadai untuk digunakan membersihkan. Jika jumlahnya terlalu banyak dapat menyebabkan lantai menjadi lengket. Perhatikan juga petunjuk peggunaan produk pembersih lantai yang biasanya tertera pada kemasannya.

Aktifitas mengepel lantai dimulai dengan mencelupkan alat pengepel lantai kedalam ember yang berisi air dan campuran produk pembersih lantai, lakukan putaran alat pel didalam ember, selanjutnya peras agar tidak terlalu basah. Upayakan untuk tidak membuat genangan air di lantai akibat dari percikan ember atau alat pel terlalu basah.

Mengepel lantai dilakukan dengan cara menggerakan alat pel dari sisi yang satu ke yang lainnya dengan gerakan menyerupai angka delapan (jika alat pel berbentuk rumbai-rumbai).Mengepel umumnya dimulai dari bagian pojok ruangan yang paling jauh dari pintu atau jalan keluar untuk mengahiri pekerjaan.

Lakukan pembilasan alat pel pada ember dengan frekuensi tertentu sesuai tingkat kekotoran; dan kemudian ganti caira yang ada didalam ember jika sudah kotor. Tunngu lantai sampai kering sepenuhnya untuk dapat diinjak lagi; gunakan rambu rambu untuk menjaganya.

Penduan Pemeliharaan Kebersihan Lantai Keramik 

1) Persiapan
Sebelum pekerjaan dimulai, siapkan peralatan kerja selengkapnya yaitu: Mesin poles, dry & wet vacuum cleaner, ember, stripping pad, chemical cleaner, sikat tangan, sponge/tapas, stick mop,check mesin-mesin harus siap pakai, bila kedapatan ada kabel yang terkelupas harus diperbaiki dahulu, karena sangat berbahaya bagi keselamatan.

2) Bebaskan Tempat
Kosongkan dan bersihkan semua tempat sampah / asbak dan benda lain yang berada pada lokasi kerja, kemudian disingkirkan untuk sementara dan ditempatkan kembali apabila pekerjaan telah selesai dikerjakan. Vacuum/sapu lantai keramik terlebih dahulu untuk menghilangkan debu.

3) Basahi Lantai
Basahilah lantai keramik merata, gunakan bahan kimia chemical cleaner atau yang setara dicampur air (1:20) tunggu ± 5 (lima) menit, lakukan brushing dengan pad halus. Hati-hati dengan bagian lantai yang kemungkinan ada kabel listrik atau stop kontak model bawah lantai.

4) Bersihkan Sudut dan Celah
Lakukan pembersihan sudut-sudut lantai yang tidak terjangkau oleh mesin poles, gunakan sikat dorong (sikat tangan/tapas) pakai sarung tangan karet untuk mencegah kulit tangan terlindung dari bahan kimia yang digunakan.
 
5) Wet Vacuum Cleaner
Gunakan wet vacuum cleaner untuk menghisap cairan kotoran lantai keramik yang terangkat. Pastikan bahwa kotoran kotoran dari lantai sudah bersih.

6) Mengepel Lantai
Lakukan pel lantai berulang kali, minimal 3 (tiga) kali, bilas dengan air bersih gunakan stick mop katun. Gerakan mundur kearah bagian yang akan dipel dan menuju pintu keluar.

SKKNI N.812100.006.02; Membersihkan Lantai

Cleaning Service Cleaning Service jika akan membersihkan lantai maka sebaiknya mengikuti aturan yang tertuang dalam SKKNI (Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) Cleaning Service N.8121000.006.0; Membersihkan Lantai.

1. Mempersiapkan peralatan dan bahan pembersih.
1.1 Area kerja yang akan dibersihkan, diidentifikasi sesuai prosedur. 
1.2 Peralatan dan bahan pembersih diidentifikasi sesuai dengan peraturan. 
1.3 Peralatan dan bahan pembersih disiapkan sesuai dengan peraturan. 
1.4 Alat pelindung diri disiapkan sesuai dengan kebutuhan dan peraturan organisasi. 
1.5 Peralatan yang akan digunakan, diperiksa kelayakannya sesuai dengan peraturan.


2. Melakukan pembersihan lantai
2.1 Area kerja dipersiapkan sebelum memulai pekerjaan sesuai dengan prosedur. 
2.2 Tanda peringatan dipasang pada area yang terlihat umum sesuai dengan peraturan. 
2.3 Pembersihan lantai dilakukan sesuai dengan prosedur standar kerja. 
2.4 Pengumpulan kotoran/sampah dilaksanakan dengan prosedur standar kerja serta peraturan kerja yang berlaku. 
2.5 Area kerja yang telah dikerjakan, diperiksa kembali sebelum melakukan tugas lainnya sesuai dengan prosedur.


3. Mengikuti petunjuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja
3.1 Peralatan digunakan secara aman sesuai dengan fungsi dan peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. 
3.2 Tata cara kerja disesuaikan dengan kebutuhan, petunjuk dan prosedur pelaksanaan kerja. 
3.3 Pemantauan kondisi dan situasi kerja di lokasi diperhatikan agar keselamatan pengunjung atau pengguna jasa dapat dijaga sesuai dengan peraturan.


4. Membersihkan dan merapihkan peralatan kerja
4.1 Peralatan kerja dan bahan pembersih yang telah digunakan, dibersihkan dan dirapikan kembali sesuai dengan peraturan. 
4.2 Peralatan kerja dan bahan pembersih yang telah digunakan, dirapikan kembali sesuai dengan peraturan. 
4.3 Peralatan kerja dan bahan pembersih disimpan kembali pada tempat yang disediakan dalam kondisi siap pakai sesuai peraturan.


Referensi :

  1. Cleanipedia
  2. SKKNI Cleaning Service.
  3. Permen PU No 24/PRT/M/2008; Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung

 


Baca Juga :

  1. Pemeliharaan dan Pembersihan Taman di Kawasan Industri
  2. Asuransi Allrisk Kendaraan (Mobil)

Baca Juga

Perusahaan yang melakukan rental mobil untuk kendaraan dinas...

Krakataujasaindustri••• Menangkan hadiah jutaan rupiah! 🎉.Menteri...

Krakataujasaindustri•••Hai Sobat KJI,Curah hujan yang tinggi...

Tugas pokok Satpam adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban...