Artikel

Cleaning Service, Membersihkan Area Pabrik

pabrik hsm2 krakatau steel

Membersihkan area pabrik merupakan aktifitas yang penting; karena kegiatan ini baik secara langsung ataupun tidak langsung akan memberikan manfaat terhadap produktifitas dan efisiensi produksi suatu pabrik.

Daftar Isi

Pengantar

Area pabrik memilki tingkat kekotoran yang tinggi dan bersifat khusus/ spesifik tergantung pada jenis proses produksi, bahan baku yang digunakan dan produk yang dihasilkan, serta limbah yang ditimbulkan akibat produksi. Mesin mesin industri menggunakan oli; grease yang jika tercecer dapat menimbulkan dan mengundang kotoran yang cukup sulit untuk dibersihkan. Limbah padat dan cair dampak dari proses produksi juga merupakan sumber kotor yang bersifat khusus; karena dalam beberapa kasus harus dibersihkan dengan menggunakan bahan kimia.

Area pabrik atau tempat kerja yang kotor, berantakan dan tidak terurus memiliki dampak buruk baik secara fisik maupun mental terhadap karyawan dan juga pimpinan; sebaliknya area pabrik atau tempat kerja yang bersih memilki banyak manfaat baik untuk karyawan maupun perusahaan.

Manfaat Kebersihan Area Pabrik dan Tempat Kerja

Beberapa manfaat kebersihan di area pabrik; antara lain adalahsebagai berikut :

  1. Meningkatkan Kualitas Udara.
    Area pabrik yang dibersihkan dengan baik secara berkala akan menghasilkan kualitas udara yang lebih baik; karena udara menjadi terbebas dari berbagai kontaminasi akibat efek samping kegiatan produksi; misalnya bersih dari sisa bahan kimia, olie,dll.
  2. Meningkatkan produktifitas.
    Area pabrik yang bersih dan rapih baik secara langsung maupun tidak langsung akan meningkatkan produktifitas karena selain karyawan lebih siap dan termotivasi; perlatan kerja dan area kerja juga mendukung untuk proses produksi yang lebih produktif dan efisien.
  3. Meningkatkan Kenyamanan
    Area pabrik dan tempat kerja yang bersih dan rapih dapat membuat kenyamanan dalam bekerja meningkat; selanjutnya  aktifitas kerja secara timwork juga menjadi lebih kompak; karena tidak terjadi saling curiga dan menyalahkan.
  4. Mengurangi Kecelakaan di tempat kerja
    Area pabrik yang dibersihkan secara rutin akan meminimalkan terjadinya kecelakaan kerja; karena secara tidak langsung berbagai potensi risiko terjadinya kecelakaan kerja akan dapat cepat diketahui dan diperbaiki; misalnya adanya tumpahan oli yang segera dibersihkan; dll.
  5. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
    Area pabrik atau tempat kerja yang rapih dan bersih secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi mental nyaman dalam bekerja dan motivasi karyawan meningkat serta membuat kemampuan berpikir manjadi lebih kreatif.
  6. Meningkatkan Kesehatan Kerja
    Beberapa penyakit berasal dari kotoran atau area kotor yang dibiarkan dan mengundang bebagai hewan penyebar penyakit; seperti tikus, lalat, dll.; dengan aktifitas kebersihan yang rutin dan baik diarea kerja dapat meningkatkan kesehatan kerja; mengurangi resiko sakit akibat berada ditempat kerja.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup membersihkan area pabrik dan tempat kerja sangat luas tergantung pada ukuran dan kapasitas produksi pabriknya; dan meliputi seluruh area termasuk saran dan fasilitas pendukung pabrik dan proses produksi. Secara umum luas area menjadi ukuran untuk menentukan jumlah personil dan keahlian personil yang dibutuhkan, karena setiap area memiliki metoda masing masing.

Objek pekerjaan pembersihan Area ruang pabrik meliputi:

  • Ruang kantor.
  • Ruang produksi.
  • Ruang gudang
  • Ruang istirahat.
  • Ruang parkir.
  • Ruang toilet.
  • Ruang Musholla.
  • Area taman dan jalan.
  • Peralatan produksi dan kantor.

Membersihkan Area Pabrik dan Tempat Kerja

Selain membersihkan area berupa lantai, dinding dan langit langit, kegiatan membersihkan area pabrik juga meliputi membersihkan peralatan; seperti peralatan produksi; mesin mesin bagian permukaan kuar, peralatan furniture, perlatan kantor seperti komputer,dll. 

Untuk membersihkan lantai pabrik yang secara umum memilki tingkat kekotorang yang tinggi maka dapat menggunakan alat kebersihan elektri berupa high pressure washer. Dengan menggunakan high pressure washer maka dapat menyemprotkan air bertekanan tinggi di satu titik yang kotor, serta dapat membersihkan kotoran yang menempel di lantai pabrik. Jenis pekerjaan pembersihan di area pabrik dan tempat kerja meliputi antara lain : menyapu, menyedot, debu, mengepel, mengelap. 

Sedangkan peralatan yang dapat digunakan antara lain :

  • Alat pelindung diri (APD) dapat mencakup: masker wajah, sepatu, sarung tangan, apron/celemek, sandal karet, dan lainlain.
  • Peralatan Kebersihan : Sapu, Penghisap debu,Lap, Ember, Pengki, Sikat Lantai, Pel Bertangkai, Kain Pel.
  • Bahan Pembersih : Kertas Pembersih, Air, Bahan Kimia, dll.

Membersihkan area pabrik atau tempat kerja juga harus disesuaikan dan sejalan dengan Program 5R yang dijalankan oleh perusahaan; jika perusahaan menjalankannya, dalam program tersebut terdapat aktifitas pembersihan area tempat kerja yang kotor dan menghilangkan sumber kotor.

SKKNI Cleaning Service; N.812100.032.01; Membersihkan Area Pabrik.

1. Mempersiapkan Pekerjaan.
1.1 Jenis pekerjaan pembersihan diidentifikasi sesuai dengan objek pekerjan pembersihan.
1.2 Peralatan dan perlengkapan pembersih yang relevan dipilih sesuai dengan jenis pekerjaan.
1.3 Alat pelindung diri (APD) yang relevan dengan pekerjaan pembersihan dipakai.

2. Membersihkan Ruang dalam Pabrik.
2.1 Area ruang pabrik dibersihkan dengan peralatan dan perlengkapan yang sesuai. 
2.2 Peralatan dan perlengkapan ruangan dibersihkan. 
2.3 Peralatan dan perlengkapan ruangan ditata secara rapi. 
2.4 Form isian laporan kegiatan dan kondisi inventaris diisi sesuai keadaan secara benar.


3. Membersihkan Area Luar Pabrik
3.1 Area dinding luar pabrik dibersihkan sesuai dengan prosedur. 
3.2 Area luar gedung dibersihkan sesuai dengan prosedur. 


4. Menyimpan Peralatan dan Perlengkapan Pembersih. 
4.1 Kotoran/sampah dari pembersihan dibuang dengan aman dan higienis dengan cara yang ramah lingkungan.
4.2 Peralatan yang sudah bersih disimpan di tempat yang telah ditentukan. 
4.3 Bahan dan perlengkapan pembersih dilengkapi bila diperlukan.

 


Baca Juga :

  1. Batasan Kecepatan Kendaraan di Jalan Raya
  2. Pemeliharaan dan Pembersihan Taman di Kawasan Industri

Baca Juga

SIM (Surat Izin Mengemudi) merupakan bukti registrasi dan...

Kabel daya adalah kabel listrik, satu atau rakitan sekian banyak...

Membersihkan lantai dimulai dengan menyiapkan area lantai yang...

Sehubungan dengan eksistensinya Cleaning Service Outdoor, maka PT....