Artikel

Gearbox untuk Kebutuhan Industri

gearbox

Definisi paling dasar dari gearbox adalah bahwa itu adalah rangkaian roda gigi yang terintegrasi, atau unit atau komponen mekanis yang terdiri dari serangkaian roda gigi terintegrasi di dalam casing )rumah; atau box).

Daftar Isi :

Pengantar

Gearbox atau juga biasa disebut Gear Reducer atau peredam kecepatan tertutup digunakan pada banyak sistem penggerak elektromekanis yang umumnya digunakan di industri industri. Gearbox, pada dasarnya adalah beberapa set roda gigi terbuka yang terdapat dalam casing (rumah; box). casing mendukung bantalan (bearing) dan poros (shaft), menahan pelumas, dan melindungi komponen dari kondisi lingkungan sekitar.

gearbox-industri

Fungsi

Gearbox atau Reducer merupakan komponen mekanikal yang menstranmisikan daya dan gerakan diantara sumbunya dari motor ke sindle utama perlatan industri. Gear box juga dapat mengubah arah putaran dan mengubah gerakan rotasi menjadi gerakan linier.  Gearbox disebut juga sebagai suatu sistem pemindah tenaga, transmisi berfungsi untuk memindahkan dan mengubah kecepatan motor menjadi tenaga yang berputar (torsi) yang digunakan untuk memutar spindle mesin perlatan industri.

Fungsi gear box untuk merenduksi kecepatan pada conveyor sehingga putaran conveyor tetap stabil dan tidak terlalu cepat agar mesin peralatan industri berputar sesuai dengan kecepatan yang diinginkan atau dengan tenaga yang memadai.

Gearbox mempunyai beberapa fungsi antara lain; sebagai berikut :

  1. Merubah momen puntir yang akan diteruskan ke spindle mesin industri.
  2. Menyediakan ratio gigi yang sesuai dengan beban mesin industri.
  3. Menghasilkan putaran mesin tanpa selip.
  4. Mengurangi speed/ kecepatan jumlah putaran  motor drive menjadi putaran sesuai kebutuhan pada mesin industri.
  5. Merubah beban putar mesin industri yang berat menjadi ringan; atau meningkatkan tenaga (torsi) dengan merubah kecepatan poros motor input.

Tujuan utama dari gearbox adalah untuk menambah atau mengurangi kecepatan. Maka dengan demikian, output torsi akan menjadi kebalikan dari fungsi kecepatan. Jika drive tertutup adalah peredam kecepatan (kecepatan output kurang dari kecepatan input), output torsi akan meningkat; jika drive meningkatkan kecepatan, output torsi akan berkurang. Untuk sebagian besar penggerak gerbang, kecepatan sedang dikurangi dan oleh karena itu torsi meningkat. 

Dengan demikian, gearbox biasanya disebut reduksi roda gigi dalam aplikasi penggerak gerbang. Faktor pemilihan penggerak roda gigi meliputi: orientasi poros, rasio kecepatan, jenis desain, sifat beban, peringkat roda gigi, lingkungan, posisi pemasangan, kisaran suhu pengoperasian, dan pelumasan. Kotak roda gigi heliks dan kotak roda gigi cacing adalah di antara jenis yang lebih umum untuk penggerak elektromekanis.

Komponen Gearbox

Secara umum sebuah gearbox akan memilki komponen komponen; antara lain sbb :

  1. Gear pinion, yaitu gigi gear pertama yang menerima gerakan putaran beban dari motor drive yang kemudian beban putaran tersebut akan di teruskan ke bevel gear.
  2. Bevel Gear, yaitu gigi gear yang menerima beban putaran motor drive melalui pinion gear.
  3. Gear Drive, yaitu gigi gear yang menerima beban putar dari bevel gear yang akan di teruskan ke shaft benda kerja atau benda yang di gerakkan.
  4. Shatf.
  5. Bearing.
  6. Casing (Rumah, Box)

Jenis Gearbox

1) Gearbox dengan Roda Gigi Miring;

Poros  yang  terdapat  pada  gearbox  yang menggunakan roda gigi miring membentuk roda gigi miring membentuk sejajar satu dengan yang lainnya, poros input lebih kecil dibandingkan poros output.

2) Gearbox dengan Roda Gigi Lurus;

Poros yang terdapat pada gearbox yang menggunakan roda gigi lurus sama dengan roda gigi yang terdapat pada roda gigi miring yaitu membentuk sejajar satu dengan yang lainnya, poros input lebih kecil dibandingkan poros output.

3) Gearbox dengan Roda Gigi Miring dan Roda Gigi Kerucut;

Umumnya¬† poros¬† yang¬† terdapat¬† pada gearbox¬† yang¬† menggunakan¬† roda¬† gigi¬† miring¬† dan roda gigi kerucut hampir sama dengan gearbox dengan menggunakan roda gigi cacing yaitu membentuk sudut 90¬į satu¬† dengan¬† yang¬† lainnya, poros output biasanya lebih besar dibandingkan dengan poros output.

Jenis gearbox harus disesuaikan dengan instalasi mesin yang ada industri serta kebutuhannya berdasarkan tujuan pemasangan gearbox; pemilihan jenis khusus biasanya karena kondisi konstruksi mesin eksisting dan hasil yang diinginkan lebih spesifik.

Pemilihan Gearbox

Gearbox tersedia dalam berbagai kapasitas beban dan rasio kecepatan. Faktor pemilihan meliputi: orientasi poros, rasio kecepatan, jenis desain, sifat beban, peringkat roda gigi, lingkungan, posisi pemasangan, kisaran suhu pengoperasian, dan pelumasan. Gearbox heliks dan gearbox cacing adalah salah satu jenis yang lebih umum untuk penggerak elektromekanis.

Untuk penggerak elektromekanis, kotak roda gigi hampir selalu dibuat khusus untuk memenuhi beban penggerak yang diperlukan dan orientasi penggerak yang diperlukan. Diameter poros khusus dan panjang poros tersedia dari sebagian besar produsen gearbox utama. Gearbox harus dilengkapi dengan bantalan antifriction dan semua beban yang menggantung pada poros gearbox harus diminimalkan atau dihilangkan, kecuali jika ruang yang tersedia sangat terbatas. Beberapa faktor harus dipertimbangkan untuk gearbox meliputi:

  • Efficiency
  • Service factor
  • Durability rating
  • Strength rating
  • Life factor
  • Reliability factor
  • Application factor
  • Input speed and torque
  • Output speed and torque
  • Input and output shaft diameters

Pemasangan Gearbox

Urutm instalasi (pemasangan) gearbox unit di dalam mesin produksi pabrik industri adalah sebagai berikut :

  • Motor, yang berfungsi sebagai penggerak utama atau penghasil power tenaga putar.
  • Kopling, yang berfungsi sebagai penghubung putaran dari motor drive ke shaft gear box unit.
  • Gearbox, yang berfungsi sebagai pereduce putaran dari motor drive ke beban kerja atau benda kerja di mesin.
  • Mesin Industri, yang berfungsi sebagai prosesor yang di gerakkan untuk memproduksi atau mengolah bahan dan material produk.

Pemasangan harus dilakukan dengan teknik alignment; artinya melakukan setup kelurusan secara radial dengan motor dan mesin industri; umumnya perubahan setup dilakukan mengikuti posisi mesin industri; artinya berurut dari mesin industri, gearbox dan terakhir setting posisi motor. Setup Alignment yang kurang baik dapat menyebabkan getaran (vibrasi) dan mengurangi kehandalan serta umur pakai peralatan.

gearbox-industri

PT. Krakatau Jasa Industri memilki kompetensi dan pengalaman lama dalam proses pengadaan gearbox untuk industri terutama industri di Krakatau Steel Group; misalnya di Pabrik Baja Hot Strip Mill, Pabrik Baja Batang Kawat, Pabrik Billet Baja, Pabrik Slab Baja, dll.

 


Baca Juga :

  1. Alih Daya dalam UU Cipta Kerja
  2. Sertifikasi Nasional Cleaning Service

Baca Juga

Kapasitor bank atau Power Bank adalah peralatan listrik yang...

Sekretaris sebenarnya adalah pembantu  dari  seorang  pimpinan ...

Stud Bolt adalah baut dengan ulir di kedua ujungnya dan dirancang...

Cleaning  Service adalah profesi jasa yang merencanakan,...