Artikel

Jenis dan Kode pada Kabel Listrik

jenis kabel listrik

Kabel untuk penghantar listrik memiliki berbagai jenis sesuai dengan peruntukkan, jenis isolasi dan daya hantar atau kapasitasnya dalam menghantarkan arus listrik; parameter tersebut kemudian direpresentasikan dalam pengkodean untuk memudahkan dalam memilih dan mengkomunikasikannya.

Daftar Isi :

Pengantar

Kabel listrik adalah sarana untuk mengantarkan arus listrik, bahan dari kabel ini beraneka ragam, khusus sebagai pengantar arus listrik, umumnya terbuat dari tembaga dan umumnya dilapisi dengan pelindung. Selain tembaga, ada juga kabel yang terbuat dari bahan Aluminium, Serat Optic, dll. Kabel listrik tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran tergantung pada peruntukan atau penggunaannya; misalnya untuk penggunaan Kabel Power.

Pengkodean kabel listrik antara lain NYA, NYM, NGA, dan seterusnya. Namun demikian dalam prakteknya kabel juga didalamnya terdiri kawat dengan jenis, jumlah tertentu serta ukuran tertentu; parameter ini direpresentasikan dengan angka dibelakang kode huruf; misalnya NYA 2 x 1,5, dst. Huruf N diawal berarti bahwa kabel terdiri dari penghantar Kawat Tembaga, sedangkan NA berarti bahwa kabel terdiri dari penghantar Kawat Aluminium; misalnya : NAYA penghantar Aluminium dengan isolasi dari PVC (Poly Vinyl Chlorida).

Arti Kode Jenis Kabel

Arti dari kode setiap jenis kabel listrik adalah sebagai berikut :

1) Kabel NYA
N = Kabel dengan inti tembaga
Y = Isolasi berbahan PVC
A = Kabel tunggal; Single Core
Jadi, kabel dengan kode huruf NYA adalah kabel dengan inti tembaga tunggal dan ber-inti satu (tunggal) dengan ber-isolasi PVC satu lapis.

Note : NYA 2 x 0,5; memilkiki arti Kabel NYA dan bahwa angka 2 x 1,5 adalah 2 kawat penghantar dengan luas penampang 1,5 mm2

Kabel NYA berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, untuk instalasi luar atau kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam sesuai dengan peraturan PUIL. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air (NYA adalah tipe kabel udara) dan mudah digigit tikus. Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.

2) Kabel NYAF
N =Kabel dengan inti tembaga
Y = Isolasi berbahan PVC
A = Kabel tunggal
F = Penghantar kawat halus (serabut)
Jadi, kabel dengan kode huruf NYAF adalah kabel dengan inti tembaga serabut dan ber-inti satu (tunggal) dengan ber-isolasi PVC satu lapis.

Kabel NYAF merupakan jenis kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC. Digunakan untuk instalasi panel-panel yang memerlukan fleksibelitas yang tinggi.

3) Kabel NGA
N =Kabel dengan inti tembaga
G = Isolasi berbahan karet
A = Kabel tunggal
Jadi, kabel dengan kode huruf NGA adalah kabel dengan inti tembaga tunggal dan ber-inti satu (tunggal) dengan isolasi berbahan karet.

4) Kabel NYM
N =Kabel berinti tembaga
Y = Isolasi berbahan PVC
M = Inti kabel lebih dari satu; Multi Core
Jadi, kabel listrik NYM adalah kabel berinti tembaga ber-isolasi PVC, dan ber-inti lebih dari satu dengan ber-isolasi PVC di bagian luar.

Kabel NYM memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abuabu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam.

5) Kabel NYMHY
N =Kabel dengan inti tembaga
Y = Isolasi berbahan PVC
M = Inti kabel lebih dari satu
H = Penghantar kawat halus (serabut)
Y = Isolasi luar berbahan PVC
Jadi, kabel dengan kode huruf NYMHY adalah kabel dengan inti tembaga serabut ber-isolasi PVC, dan ber-inti kabel lebih dari satu dengan isolasi PVC premium tahan panasdi bagian luar.

6) Kode Kabel NYY
N =Kabel berinti tembaga
Y = Isolasi berbahan PVC
Y = Isolasi luar berbahan PVC
Jadi, kabel dengan kode huruf NYY adalah kabel  inti tembaga ber-isolasi PVC, dan ber-inti kabel tunggal atau lebih dari satu dengan isolasi bagian luar PVC.

Kabel NYY memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya berwarna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYY dipergunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah), dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.

7) Kabel NYYHY
N =Kabel berinti tembaga
Y = Isolasi berbahan PVC
Y = Isolasi berbahan PVC
H = Penghantar kawat halus (serabut)
Y = Isolasi luar berbahan PVC
Jadi, kabel dengan kode huruf NYYHY adalah kabel inti tembaga serabut ber-isolasi PVC, dan ber-inti tunggal atau lebih dari satu, dengan isolasi bagian luar PVC.
Arti Kode Kabel  NYRGbY

8) Kabel NYRGBbY
N =Kabel inti tembaga
Y = Isolasi berbahan PVC
R = Pelindung kawat baja bulat
Gb = Dililit plat baja
Y = Isolasi luar bahan kulit PVC premium
Jadi, kabel dengan kode huruf NYRGbY adalah kabel dengan inti tembaga ber-isolasi PVC, dan ber-inti tunggal atau lebih dari satu, pelindung kawat baja bulat atau dililit plat baja, dengan isolasi bagian luar PVC.

9) Kabel NYFGbY
N =Kabel inti tembaga
Y = Isolasi berbahan PVC
F = Pelindung kawat baja pipih
Gb = Dililit plat baja
Y = Isolasi luar berbahan PVC
Jadi, kabel NYFGbY adalah kabel dengan inti tembaga ber-isolasi PVC, dan ber-inti lebih dari satu, dilindungi pelat baja pipih atau dililit pelat baja, dengan isolasi bagian luar PVC.

Kabel NYFGbY ini digunakan untuk instalasi bawah tanah, di dalam ruangan di dalam saluran-saluran dan pada tempat-tempat yang terbuka dimana perlindungan terhadap gangguan mekanis dibutuhkan, atau untuk tekanan rentangan yang tinggi selama dipasang dan dioperasikan.


PT. Krakatau Jasa Industri memilki kompeensi dan pengalaman dalam penyediaan dan trading berbagai jenis kabel untuk kebutuhan instalasi listrik di industri; terutama untuk perusahaan PT. Krakatau Steel dan Group.

kabel listrik


Baca Juga :

  1. Mengenal Fungsi Kopling di Industri
  2. Asuransi Allrisk Kendaraan (Mobil)

Baca Juga

Dalam upayanya meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan rental...

Forklift dikategorikan sebagai alat angkat dan angkut untuk...

Sopir (Driver) PT. Krakatau Jasa Industri telah diberikan...

PT. Krakatau Jasa Industri melayani jasa sewa (rental) mobil bagi...