Artikel

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic (AT; Automatic Transmision)

perseneling mobil

PT. Krakatau Jasa Industri melayani jasa sewa (rental) mobil bagi perusahaan dan industri dengan pilihan berbagai jenis dan merk termasuk diantaranya adalah pilihan menggunakan mobil dengan transmisi automatic (AT) atau transmisi manual (MT).

Daftar Isi :

Pengantar

Berkendara melewati lalu lintas pada jam sibuk; seperti jam masuk kerja atau jam pulang kerja membutuhkan usaha (effort) yang besar dan juga pertimbangan penggunaan bahan bakar yang sia sia. Dengan mempertimbangkan kedua hal tersebut, maka banyak orang yang memilih menggunakan mobil dengan transmisi automatic.

Pengertian

Mobil matic atau mobil transmisi automatic merupakan kendaraan paling populer yang tersedia di pasar pada saat ini. Mobil matic adalah mobil dengan transmisi otomatis yang tidak mengharuskan pengemudi (driver) untuk memindahkan persneling (perpindahan gigi) secara manual. 

Transmisi, juga dikenal sebagai gearbox, membantu mengarahkan gaya rotasi dan kecepatan mobil. Bahwa, transmisi automatic mengganti rasio gigi (perpindahan gigi) saat kendaraan bergerak. Transmisi automatic menggunakan sensor yang memungkinkannya berpindah gigi pada waktu yang tepat dengan menggunakan tekanan oli internal. Perpindahan gigi terjadi ketika transmisi terputus sementara dari mesin, yang ditangani oleh konverter torsi.

Mobil matic atau mobil dengan transmisi automatic merupakan hasil dari perklembangan dan kemajuan teknologi dibidag otomotif dimana berupaya untuk mengurangi keterlibatan manusia dalam pengendalian kendaraan; yaitu dengan menghilkan peranan memindahkan gigi perseneling menjadi otomatis; sehingga mengurangi pedal kopling dan mengurangi faktor kesalahan manusia (human error).

Kelebihan Mobil Transmisi Automatic

1) Lebih Nyaman Dikendarai
Salah satu keuntungan terbaik dari mengendarai mobil matic adalah kenyamanan; hal ini antara lain karena tidak perlu lagi memindahkan perseneling secara manual, dan perpindahan percepatan lebih halus. Kemudian bahwa pengoperasian tidak lagi menggunakan pedal kopling dan tidak perlu memindahkan gigi secara manual yang kadang merepotkan dan bisa membuat kesalahan. Mengendarai mobil dengan transmisi automatic memberikan banyak kenyamanan bagi pengemudi, baik dalam perjalanan pendek didalam kota maupun perjalanan panjang keluar kota.

2) Lebih Ekonomis
Konsumsi bahan bakar selalu menjadi perhatian utama bagi orang yang menggunkan kendaraan, apalagi untuk kepentingan bisnis. Namun dengan berbagai pilihan teknologi berupa AGS (Auto Gear Shift), AT (Automatic Transmission) dan CVT (Continuously Variable Transmission), hal tersebut menjadi opsi dalam memilih efeisensi dan performa. Masing-masing transmisi otomatis ini telah disetel dan dioptimalkan untuk memberikan keseimbangan performa dan efisiensi bahan bakar yang ideal. Sehingga teknologi mobil transmisi automatic lebih baik dalam efisiensi bahan bakar.

3) Lebih Baik Dalam Lalu-lintas Padat
Jika berkendara dalam kondisi lalu litas padat; pergi bekerja melewat jalanan padat, kondisi tersebut menjadi tugas ekstra untuk terus-menerus memompa pedal kopling. Berbeda halnya dengan mobil transmisi automatic karena tidak dilengkapi pedal kopling, sehingga pengemudi dapat berkonsentrasi penuh untuk navigasi persimpangan yang rumit dan lalu lintas lain padat dengan lebih aman. Transmisi automatic memungkinkan pengemudi bergerak melalui lalu lintas padat tanpa harus melakukan lebih dari satu pedal.

4) Tidak Membatasi Gerakan Tangan 
Pengemudi baru biasanya diajari bahwa cara paling aman untuk mengemudi adalah dengan menjaga kedua tangan tetap pada kemudi setiap saat. Namun demikian pada kendaraan dengan transmisi manual hal itu tidak dapat dilakukan sepenuhnya dengan mudah, ada kondisi bahwa pengemudi harus segera meraih tongkat perseneling untuk memindahkan gigi.

5) Lebih Baik pada Jalan Menanjak
Seorang pengemudi yang kurang berpengalaman, mungkin akan menghadapi kesulitan dalam mengemudikan kedaraan dijalanan menanjak terutama jika menemui berbagai halangan; misalnya kemacetan. Berhenti di tanjakan curam dan kemudian melaju lagi dapat menjadi masalah jika tidak benar benar paham melakukannya.  Kondisi seperti itu dapat dihilangkan dengan mengemudikan kendaraan transmisi automatic; karena semuanya diadopsi oleh sistem tranmisi automatic.

Kekurangan Mobil Transmisi Automatic

1) Biaya Perawatan Lebih Mahal
Transmisi automatic lebih kompleks daripada transmisi manual; dan dibuat dengan ketelitian yang lebih tinggi. Sehingga transmisi automatic membutuhkan perawatan yang lebih baik; dan jika mengalami kerusakan tidak orang yang dapat mengatasinya, secara lebih suka menggantinya dan hal ini menuntu biaya tinggi. Perbaikan transmisi automatic lebih banyak membutuhkan ketelitian sehingga lebih lama; yang akhirnya menuntut biaya lebih tinggi. Dengan opsi sewa (rental) mobil biaya perawatan akan ditanggung oleh yang menyewakan sehingga rental mobil menurunkan risiko dan biaya.

2) Harga Lebih Mahal
Mobil dengan transmisi automatic harganya lebih mahal dibanding dengan transmisi manual. Hal ini karena transmisi automatic merupakan teknologi baru dan lebih kompleks dalam pembuatannya.

3) Membosankan untuk Dikendarai 
Beberapa pengemudi merasakan bahwa transmisi autmatic menghilangkan seni dan kesenangan dari mengemudi; saat perpindahan gigi. Banyak pengendara menyukai perasaan mengganti perseneling dan memiliki lebih banyak hubungan fisik dan psikis dengan mobil mereka. Bagi driver yang terbiasa mengganti gigi perseneling, sebenarnya sulit untuk menyesuaikan diri pada mobil matic karena tidak memiliki kopling, bahkan bisa lupa.


Referensi :

  1. Rac Drive; Automatic vs manual cars: which is better?
  2. Budget Direct; Manual vs automatic car transmissions: Pros and cons
  3. Maruti Suzuki; WHAT ARE THE BENEFITS OF AUTOMATIC TRANSMISSION? | ARENAWORLD
  4. Windsor; Why Go Auto?‚Äč
  5. Car and Driver; What is an Automatic Car?

 


Baca Juga :

  1. Pentingnya Sikap dan Perilaku Sopir atau Pengemudi (Driver) saat Mengendarai Mobil
  2. Pentingnya Penerapan Sistem Manajemen Pengamanan (SMP) di Perusahaan dan Industri

Baca Juga

Kabel untuk penghantar listrik memiliki berbagai jenis sesuai...

Metode pengukuran yang digunakan pada Implementasi Nilai-nilai...

Keamanan fisik terdiri dari metode dan perangkat yang dirancang...

Di perusahaan atau industri bencana kebakaran dapat terjadi kapan...