Artikel

Kelebihan Mobil Listrik (EV; Electric Vehicle), Hemat dan Nyaman

electric-car-EV

PT. Krakatau Jasa Industri melayani dan menyediakan car rental (rental mobil) listrik atau EV (Electric Vehicle) untuk perusahaan dan industri, selain mendukung pemerintah dalam Program Penurunan Emisi Carbon sebesar 29% di tahun 2030; juga memperkenalkannya untuk perusahaan.

Daftar Isi :

Pengantar

Penggunaan mobil listrik (EV) juga dapat diartikan turut serta mendukung implementasi UU No 16 Tahun 2016 tetang Pengesahan Paris Agreement To The United Nations Framework Convention On Climate Change (Persetujuan Paris Atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perubahan Iklim).

Mobil listrik (EV) merupakan konsep yang tergolong baru dalam dunia industri otomotif. Bahwa beberapa perusahaan mendasarkan seluruh model mobil mereka pada proaktif dan menggunakan total energi listrik, beberapa juga menawarkan kendaraan hibrida yang menggunakan energei ganda listrik dan pembakaran.

Dengan menggunakan mobil listrik, maka minimal mendukung tujuan pemerintah; antara lain karena sadar lingkungan. Banyak keuntungan dalam menggunakan mobil listrik, namun untuk saat ini berinventasi membeli mobil listrik masih perlu pertimbangan karena harganya masih cukup mahal dibandingkan dengan menyewa (rental) karena rental mobil menurunkan biaya dan resiko.

Pengertian

Kendaraan listrik, juga dikenal sebagai EV (electric Vihicle), ditenagai sepenuhnya, atau sebagian, oleh motor listrik dan paket baterai. Setiap pabrikan mobil di dunia saat ini memiliki EV di jalan atau hampir merilisnya dan mempromosikan secara besar besaran dengan janji dan komitmen untuk jangja panjang. 

Teknologi mobil listrik berupaya menggantikan teknologi pada transportasi dengan berbasis bahan bakar; dan hal ini mendapat dukungan banyak pihak terutama pemerintah.

Kelebihan Mobil Listrik

1) Tidak Perlu Bahan Bakar
Mobil listrik terisi penuh oleh listrik yang diinput melalui charging pada bateria, artinya tidak perlu membeli bahan bakar lagi, meskipun tidak diketahui listriknya berasal dari PLTA atau PLTU atau Genset. Mengendarai mobil berbasis bahan bakar lebih berbiaya tinggi karena harus membeli harga bahan bakar yang harganya makin tinggi.

2) Performa Lebih Baik
Mbil listrik lebih gesit dan fleksibel untuk dikendarai dengan akselerasi cepat dan performa yang spotan. Tidak seperti mobil bertenaga bahan bakar, motor listrik menghasilkan torsi puncak dari keadaan spontan, tanpa harus menunggu waktu yang dibutuhkan mesin bahan bakar untuk mencapai tenaga maksimum. EV memiliki akselerasi yang lebih responsif dan pengereman regeneratif saat melepas pedal gas.

Mobil listrik juga punya handling yang bagus, dengan kemasan baterai yang diposisikan di tengah sebagian besar mobil listrik, ini menurunkan pusat gravitasi kendaraan, memberikan distribusi bobot dan stabilitas yang lebih unggul, dan peningkatan kemampuan menikung yang meminimalkan risiko terguling.

3) Suara Lebih Sunyi
EV jauh lebih sunyinsenyap daripada kendaraan bensin atau diesel. Secara fakta, mobil listrik sangat senyap, hingga diwajibkan oleh regulasi untuk memiliki Sistem Peringatan Kendaraan Akustik (AVAS) untuk mengeluarkan suara tertentu saat mundur atau melaju di bawah 20 km/jam.

Sengan suara mesin yang lebih halus maka kemudian kabin mobil juga jadi lebih senyap; sehingga penumpang lebih merasa nyaman. Kenyamanan dalam kabin mobil listrik lebih baik karena selain suara mesin lebih senyap juga karena jumlahbkomponen yang saling bergesekan lebih sedikit; sehingga getaranpun lebih baik.

4) Biaya Perawatan Lebih Efisien
Mobil listrik dijalankan dengan mesin bertenaga listrik, dan karenanya tidak ada kebutuhan khusus untuk melumasi mesin atau mengganti olie secara berkala, banyak hal yang berhubungan dengan aktifitas pemeliharaan pada mesin pembakaran semuanya menjadi penghematan. Misalnya tidak perlu ganti olie, tidak perlu graese dalam jumlah banyak, tidak perlu ganti air radiator; filter olie; filter udara, dll.

5) Lebih Ramah Lingkungan
Keuntungan terbesar dari kendaraan listrik adalah kredensial hijaunya. Mobil listrik 100 persen ramah lingkungan karena dijalankan dengan mesin bertenaga listrik. Mobil listrik tidak memancarkan gas beracun atau asap di lingkungan karena beroperasi dengan sumber energi bersih. kemudian bahkan lebih baik daripada mobil hibrida karena hibrida yang menggunakan gas menghasilkan emisi, dan akan berkontribusi pada iklim yang sehat dan hijau.

6) Aman untuk Berkendara
Mobil listrik menjalani uji kelaikan dan prosedur pengujiannya hampir sama dengan mobil bertenaga bahan bakar lainnya. Mobil listrik lebih aman digunakan, mengingat pusat gravitasinya yang lebih rendah, yang membuatnya jauh lebih stabil di tikungan dan di jalan jika terjadi tabrakan.

Jika terjadi kecelakaan, kantung udara akan terbuka dan kemudian suplai listrik terputus dari baterai. Ini dapat mencegah penumpang di dalam mobil dari resiko cedera serius. Mobil listrik memiliki resiko lebih kecil terhadap kemungkinannya untuk meledak karena tidak adanya bahan bakar yang mudah terbakar.

7) Nilai Jual Kembali Lebih Baik
Mobil listrik bekas bisa menjadi pilihan bagi orang yang ingin beralih dari mobil bahan bakar; sehingga nilai atau harga jual masih bertahan dan lebih baik. Dimasa depan kemungkinan akan muncul regulasi untuk melarang penjualan mobil bekas berbasis bahan bakar.

Berita : Pengiriman 2 Unit Mobil Listrik DFSK Gelora EV ke PT. Krakatau International Port


Referensi :

  1. Plug'n Drive; Electric Vehicle Advantage
  2. Peugeot; The Advantage of Electric Car
  3. Drive Clean; Top 5 Reasons to Drive Electric
  4. Moreno Valley; Advantages of Electric Vehicles
  5. EDF; Benefits of electric cars explored
  6. Conserve Energy Future; Various Advantages and Disadvantages of Electric Cars
  7. Telkomsel; 6 Kelebihan Mobil Listrik dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

 


Baca Juga :

  1. Roda Gerinda atau Batu Gerinda (Grinding Wheel), Jenis dan Fungsinya
  2. Mengenal Rambu Lalu Lintas Jalan, Jenis dan Fungsinya

Baca Juga

Cleaning  Service adalah profesi jasa yang merencanakan,...

Bahwa Satuan Pengamanan (Satpam) dalam melaksanakan tugas...

Didalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara RI No 24 Tahun 2006...

Program 5R adalah cara (metode) untuk mengatur /mengelola tempat...