Artikel

Leaf Blower (Blower Daun), Membersihkan Daun Kering dan Sampah Lebih Cepat dan Efisien

leaf blower daun

Cleanng Service PT. Krakatau Jasa Industri dalam melaksanakan tugas pekerjaan membersihkan daun kering dan sampah dilengkapi dengan peralatan canggih antara lain adalah dengan menggunakan Leaf Blower (Blower Daun Kering).

Daftar Isi :

Pengantar

Halaman, lapangan, atau area terbuka, serta jalan raya yang berada disekitar perusahaan atau industri setiap hari harus dibersihkan karena akan dikotori oleh berbagai jenis sampah seperti plastik bekas, daun kering, kertas bekas, bahkan debu, dll. Apalagi jika diarea peruhaan atau industri tersebut banyak pohon yang ditanam untuk penghikauan; maka sudah tentu akan banyak daun kering yang membuat kotor.

Area seperti itu biasanya sangat luas dan akan mebutuhkan effort serta biaya tinggi untuk membersihkannya setiap hari. Ada beberapa pilihan untuk membersihkannya misalnya dengan mengerahkan tenaga manusis untuk menyapu (dengan sapulidi, penggaruk), mengumpulkan sampah dan membuangnya; namun berapa kebutuhan jumlah orang dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan area yang luas seperti itu.

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri memilki solusi yang tepat guna untuk membersihkan seperti itu dengan hasil yang memuaskan, biaya jauh lebih murah; serta tidak membutuhkan effort atau jumlah tenaga kerja yang banyak; yaitu dengan memanfaatkan teknologi Leaf Blower (Blower Peniup Daun Kering). 

Pengertian

Leaf Blower atau Blower Daun adalah peralatan pertamanan untuk pembersihan yang memiliki kemampuan mendorong udara keluar dari nosel, dengan maksud dan tujuan untuk menjaga kebersihan taman dari daun kering atau kotoran. Beberapa model dilengkapi dengan fungsi hembusan dan vakum dan juga dikenal sebagai vakum taman atau vakum daun. 

Blower akan dengan cepat dan mudah menerbangkan semua daun dari halaman rumput dan juga bagus untuk membersihkan area lalu lintas tinggi seperti jalan setapak dan taman. Membersihkan daun penting karena dapat menghalangi cahaya dan membawa penyakit, yang memengaruhi kesehatan rumput.


Keuntungan Penggunaan Leaf Blower

Penggunaan Leaf Blower (Blower daun atau Penghembus Daun Kering) dalam melaksanakan pembersihan halaman, lapangan, atau area terbuka, serta jalan raya disekitar area aperusahaan atau industri memiliki beberapa keuntungan; antara lain sbb :

1) Penghematan Waktu & Tenaga
Menggunakan blower daun untuk membersihkan daun yang berguguran atau sampah yang bersetakan jauh lebih cepat daripada menyapu konvesional, terutama jika area yang luas. Peniup atau blower daun membuat pekerjaan singkat untuk membersihkan daun dari halaman, lapangan, atau jalan. Hal ini tidak hanya mengurangi pekerjaan yang berpotensi memakan waktu berjam-jam hingga hanya beberapa menit, tetapi juga secara signifikan mengurangi pekerjaan yang menuntut secara fisik; sehingga pekerja tidak kelelahan. Gerakan ayunan menyapu ditangan pekerja dan juga punggungnya akan digantikan hanya dengan menggendong blower daun akan membuat tugas menjadi jauh lebih ringan.

2) Mampu Mengumpulkan Daun/Sampah dari Sudut dan Ruang Sempit 
Menyapu daun secara manual atau konvensional mungkin agak sulit saat mencoba membersihkan daun yang jatuh ke sudut halaman berpagar, atau celah kecill, atau area sempit lainnya yang sulit dijangkau. Blower daun dapat menjangkau ruang yang tsulit seperti  itu dan mengumpulkan lebih banyak daun daripada yang mungkin dengan penggaruk atau sapu.

3) Memiliki Kemudahan Penggunaan 
Menghabiskan waktu yang lama dengan membungkuk dengan sapu atau penggaruk konvensional dan terus-menerus mengayun lengan ke depan dan ke belakang bisa sangat melelahkan. Menggunakan blower daun bisa jauh lebih mudah di tubuh pekerja daripada mencoba pekerjaan yang bersifat manual yang sulit. Penggunaan blower daun hanya dengan digendong setelah dinyalakan kemudian dilanjutkan dengan mengarahkan nosel kearah sampah dan daun kering untuk dikumpulkan.

4) Tidak Merusak Rumput
Halaman rumput sangat rentan terhadap kerusahan (rapuh), jika sudah rusak membutuhkan perawatan yang menghabiskan banyak waktu, misalnya dengan mengaduknya berulang kali dengan sikat kaku. Pembersihan dengan Sapu Lidi yang tidak hati hati dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman rumput halaman. Blower daun, adalah metode non-kontak terbaik untuk membersihkan daun kering dan kotoran dari rerumputan dan oleh karena itu jauh lebih ramah dan mengurangi resiko kerusakan rumpt.

5) Bagus untuk mulsa 
Blower Daun ada yang dilengkapi dengan Penyedot daun (hanya merubah arah putaran kipas); penyedot memiliki kemampuan untuk mencabik-cabik daun yang jatuh, yang dapat digunakan untuk mulsa dan kompos, yang pada akhirnya menghemat waktu dan uang.

6) Tidak Hanya Efektif untuk Daun
Kertas, plastik, ranting, bunga yang jatuh, atau batu dan pasir adalah pemandangan umum ditemui dalam hal pembersihan halaman. Blower daun (Peniup daun0 memilki kemampuan untuk menangani semua jenis kotoran tersebut. Bahkan dapat digunakan untuk membersihkan saluran air dari kotoran yang mengambang/ mengapung.

7) Bukan Hanya Halaman dan Taman
Nlower daun dapat digunakan untuk membersikan area selain halaman, taman atau jalan raya. Bahkan mobil atau sepeda motorpun akan lebih cepat kering setelah dicuci dan ditiup dengan blower. Selain itu dapat digunakan untuk membersihkan serbuk gergaji atau debu dan sampah di gudang seperti halnya yang dilakukan dengan menggunakan sapu. Demikian juga halnya dapat digunaklan untuk membersihkan potongan rumput pada saat proses pemotongan rumput.

Jika khawatir tentang biaya untuk membeli peralatan pembersihan ini; bahwa menyewa atau menggunakan layanan jasa pembersihan dengan Blower Daun mungkin solusi terbaik. Hal seperti ini umumnya lebih masuk akal bagi sebagian orang terutama pimpinan perusahaan karena tidak perlu membeli peralatan yang mungkin tidak diperlukan lebih dari sekaliaau duakali dalam setahun.

Referensi

  1. Lawrence Tool Rental Inc.; The Advantages of Using Leaf Blowers and Leaf Vacuums for Your Fall Yard Maintenance
  2. Mylex; Benefits of a Leaf Blower
  3. Screwfix; Leaf Blower

membersihkan dg blower


Baca Juga :

  1. Roda Gerinda atau Batu Gerinda (Grinding Wheel), Jenis dan Fungsinya
  2. Mengenal tentang Fuse dalam Kelistrikan

 

Baca Juga

Kawat Las atau Elektroda Las yang digunakan untuk proses dan...

Kabel daya adalah kabel listrik, satu atau rakitan sekian banyak...

KrakatauJasaImdustri••• Hi Sobat KJI,  

Squeegee atau squilgee atau wiper glass adalah alat dengan bilah...