Artikel

Membersihkan Dinding dalam Gedung; Cleaning Service

membersihkan dinding

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri telah memahami, memiliki kompetensi dan berpengalaman dalam hal Membersihkan Dinding dalam Gedung, baik itu di perkantoran, industri, rumah sakit, dll.

Daftar Isi :

 

Pengantar

Bahwa ada salah satu bagian terpenting dari struktur bangunan dan gedung di perusahaan atau perkantoran, dll. namun hampir selalu terlupakan dan kadang diabaikan dalam hal pembersihan; yaitu membersihkan seluruh dinding dari bagian atas sampai bawah.

Sama pentingnya dengan keseluruhan kondisi kebersihan bagian lainnya, penampilan dinding juga penting untuk gabungan kualitas kebersihan yang dapat berdampak besar pada keseluruhan estetika bangunan dan gedung. Debu, kotoran, dan bahkan jamur dapat menyebabkan dinding yang terawat menjadi terlihat agak kusam; dengan proses pembersihan yang baik, sistematis, aman dan menyeluruh, dinding interior akan terlihat seperti baru lagi.

Persiapkan Pembersihan

Sebelum memulai pekerjaan pembesihan, pastikan bahwa telah memindahkan semua perabotan yang menghalangi dinding sehingga memudahkan dan memiliki akses yang jelas dan praktis. Selanjutnya adalah perlu juga untuk melepas beberapa ornamen yang menempel didinding; bingkai foto dan seni dinding atau hiasan dinding lainnya.

Peralatan yang harus disiapkan; antara lain :

  • Tangga
  • Kain debu
  • Spons
  • Handuk bekas (atau handuk tua yang bisa dicuci)
  • Penyedot debu dan sapu
  • Deterjen atau cuka putih
  • Keranjang
  • Ember
  • dll.

Tips dan Cara Membersihka Dinding dalam Gedung

1) Membersihkan Debu
Tahap ini merupakan cara paling sederhana dan termudah yaitu menyingkirkan :debu, pasir, tanah, film, dan sarang laba-laba dari dinding dan langit-langit. Menyusuri dengan bantuan penyedot debu, sapu atau sikat bergagang panjang sangat membantu. Metode ini dapat diterapkan pada setiap dinding semen, ubin, kaca, dan kayu. Bahkan, mungkin bisa menganggap cara ini sebagai langkah inti dalam membersihkan dinding.

2) Membersihkan dengan Kain Basah
Kain lembab paling baik digunakan untuk dinding kaca; dan dinding cat tembok tahan air. Dinding jenis ini biasanya memiliki permukaan polos sehingga kotoran tidak menumpuk. Cara termudah untuk membersihkan dinding kaca adalah dengan membersihkan debu terlebih dahulu dengan kain kering lalu mengelapnya dengan kain basah. Ini akan menghilangkan semua noda dan tambalan kotoran yang memberikan tampilan baru yang segar.

3) Membersihkan dengan Air Sabun
Cara ini berguna untuk membersihkan dinding bercat yang permukaannya mudah dan rumit, karena diperlukan untuk memastikan jenis cat mana yang digunakan di dinding. Jika catnya berbahan dasar minyak, maka bisa mencucinya, tetapi jika berbahan dasar air, jauhkan dari cairan. Cat minyak memungkinkan untuk pencucian dinding sedangkan cat air tidak. Untuk cat minyak, siapkan cairan setengah ember air hangat ringan dicampur dengan detergen secukupnya. Aduk agar air berubah menjadi buih sabun. Celupkan spons ke dalamnya dan bersihkan area kotor di dinding gedung. Jika merasa tidak yakin dengan catnya, bereksperimenlah dengan metode ini di sudut kecil dinding yang kurang terlihat. Untuk cat air, gunakan kain basah tetapi sudah diperas dan gosok bagian yang terkena noda saja dengan lembut.

4) Membersihkan dengan Pencuci Piring
Sama seperti dinding yang dicat, maa perlu mengetahui apakah wallpaper atau lapisan dinding tahan air atau tidak. Jika tahan air maka ide sederhananya adalah menggosoknya dengan spons yang dicelupkan ke dalam air hangat yang dicampur dengan satu sendok makan sabun pencuci piring. Pilih area kecil, terapkan metode ini, lalu bersihkan dengan kain kering.

5) Menggunakan Cuka dan Bensin
Dinding kayu mudah terkena jamur. Untuk menghindarinya, gosok permukaan dinding dengan kain lembab yang dicelupkan ke dalam campuran bensin dan cuka dengan jumlah yang sama. Membersihkan dinding kayu adalah seni. Lakukan untuk menghilangkan noda tanpa merusak lembaran yang dilaminasi. Bersihkan dahulu kotoran menggunakan kain kering lalu lalu bersihkan dengan kain basah bagian yang kotor atau bisa juga seluruh dinding. Hindari penggunaan air yang berlebihan untuk pembersihan dinding kayu karena dapat menyerap dan merusak kayu.

6) Membersihkan dengan Kain Berbulu
Dengan adanya tekstur dinding maka akan sulit dibersihkan karena kotoran menempel di dalam tekstur. Maka kemudian tidak dapat mencuci dinding bertekstur. Bahkan mungkin akan mengelupas teksturnya. Jadi, untuk membersihkan dinding bertekstur dapat menggunakabb kain berbulu atau sepasang kaus kaki tua untuk membersihkan dinding. Jangan gunakan spons karena teksturnya akan mencabik-cabiknya.

7) Membilas Dinding
Membilas dinding adalah opsi pembersihan untuk dinding yang tahan jika dibersihkan dengan cara dibilas. Dinding keramik memiliki kelebihan yaitu dapat dibilas dengan air yang cukup tanpa takut rusak. Hal ini harus dilakukan dengan hati-hati terkait dengan instalasi listrik yang biasanya ada pada dinding; seperti stop kontak; saklar, dll.

SKKNI N.812100.007.02; Membersihkan Dinding dalam Gedung

Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja untuk melakukan pembersihan dinding bagian dalam secara mendasar dalam jasa kebersihan/cleaning service.

1. Mempersiapkan peralatan dan bahan pembersih
1.1 Area kerja yang akan dibersihkan, diidentifikasi sesuai dengan prosedur.
1.2 Peralatan untuk membersihkan dinding disiapkan sesuai dengan kebutuhan
1.3 Bahan pembersih disiapkan sesuai dengan kebutuhan
1.4 Peralatan yang akan digunakan, diperiksa kelayakannya sebelum digunakan sesuai dengan prosedur

2. Melakukan pembersihan dinding
2.1 Area kerja yang akan dibersihkan, dipersiapkan sesuai dengan prosedur
2.2 Tanda peringatan dipasang pada tempat yang terlihat oleh umum sesuai dengan prosedur
2.3 Alat pelindung diri dipakai sesuai dengan peraturan
2.4 Dinding dibersihkan sesuai dengan prosedur kerja yang ditetapkan
2.5 Alat bantu khusus digunakan sesuai dengan kebutuhan
2.6 Pekerjaan yang telah selesai dikerjakan, diperiksa kembali sebelum melakukan pekerjaan lainnya sesuai dengan
prosedur

3. Membersihkan dan merapihkan peralatan kerja
3.1 Peralatan dan bahan pembersih dibersihkan sesuai dengan prosedur
3.2 Kerusakan peralatan dilaporkan sesuai dengan prosedur
3.3 Peralatan dibersihkan secara rutin sesuai peraturan
3.4 Peralatan disimpan di tempat yang telah ditetapkan dan dalam kondisi siap pakai kembali sesuai peraturan
3.5 Bahan pembersih disimpan sesuai dengan persyaratan Keselamatan dan Kesehatan Kerja


Referensi :

  1. SKKNI Cleaning Service
  2. Altharaa Cleaning; Dubai Best Cleaning Services; 7 Ways To Get Your Building Walls Cleaned
  3. Merry Maids; How to Clean the Walls in Your Home
  4. Housepect; How to Clean the Wall
  5. The Spruce; How to Clean Walls Without Damaging Your Paint
  6. Maid for You; Step-by-Step Guide: The Best Way to Clean Walls

 


Baca Juga :

  1. Roda Gerinda atau Batu Gerinda (Grinding Wheel), Jenis dan Fungsinya
  2. Pemakaian dan Fungsi Alat Pelindung Diri (APD) untuk Safety di Industri

 

Baca Juga

Hydraulic Cylinder atau Silinder Hidrolik adalah silinder dan...

PT. Krakatau Jasa Industri sangat memperhatikan kenyamanan...

Sistem pneumatik adalah sistem yang menggunakan udara terkompresi...

Kabel untuk penghantar listrik memiliki berbagai jenis sesuai...