Artikel

Mengenal Automatic Scrubber; Mesin Pembersih Lantai Otomatis yang Efektif dan Efisien

automatic scrubber pembersih lantai

Automatic Floor Scrubber (Mesin Penggosok Lantai) atau Automatic Scrubber adalah mesin pembersih lantai yang menggunakan tenaga mesin. Automatic Scrubber dikenal baik .../

/... oleh Cleaning Service; dan merupakan salah satu peralatan makinal yang harus dapat dioperasikan oleh mereka.

Daftar Isi :

Pengantar

Mesin Automatic Scrubber ini juga dikenal sebagai penggosok otomatis yang dapat menjadi alat hebat dalam menjaga kebersihan lantai dan meningkatkan produktivitas atau menghasilkan fasilitas yang lebih bersih dan lebih aman.

Menjaga kebersihan lantai adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kesan pertama klien terhadap bisnis, salah satunya dengan menggunakan mesin scrubber. Lantai gedung atau bangunan perkantoran memainkan peran penting dalam bisnis apa pun; tampilan fisik secara langsung memengaruhi persepsi dan pengalaman pelanggan secara keseluruhan tentang suatu perusahaan.  

Automatic Scrubber adalah solusi pembersihan yang dibutuhkan untuk ruang ritel atau gudang modern. Automatic Scrubber merupakan mesin yang dapat membantu dan menghemat banyak waktu, karena dirancang untuk membersihkan permukaan lantai yang luas. Lantai beton atau ubin, scrubber lantai sangat baik untuk menghilangkan kotoran dan minyak. Mesin ini dapat membantu dalam menghemat waktu dan tenaga dibanding dengan membersihkan lantai dengan tangan, terutama saat lalu lintas gedung padat oleh pejalan kaki.

Jenis Mesin Scrubber Lantai

1. Hand Scrubber Machince
Dioperasikan secara semi manual pengendalian menggunakan tangan; scrubber berputar dengan tenaga mesin namun pengendalian sepenihnya dengan tangan (menggunakan tangkai). Keunggulannya adalah lebih fleksibel dapat digunakan untuk membesihkan area area yang sempit.

2. Single Disc Machince Floor Scrubber
Sikat cakram mampu menggosok permukaan lantai yang halus dengan tekanan tinggi. Biaya perawatan sikat cakram relatif rendah, dan sering kali dimungkinkan untuk menukar antara sikat dengan tingkat abrasi yang berbeda-beda, atau menambahkan bantalan sikat khusus. Sebaliknya, lantai harus dibersihkan dahulu dari kotoran kecil sebelum menggunakan disc scrubber. Dianjurkan untuk menggunakan penyapu untuk pra-penyapuan, kemudian gunakan penggosok cakram untuk pembersihan menyeluruh pada permukaan lantai.

3. Walk Behind Scrubber
Walk Behind Scrubber; walk behind dapat diartikan bahwa operator berjalan dibelakang mesin scrubber seolah olah didorong, meskipun sebenarnya berjalan dengan menggunakan mesin. Walk Behind Scrubber memungkinkan operator untuk memandu alat berat tanpa harus benar-benar mendorongnya. Mereka ideal untuk fasilitas yang lebih kecil atau area dengan lorong sempit. Mesin walk-behind umumnya dapat membersihkan dari 19.000 hingga 42.000 kaki persegi per jam.

4. Ride On Scrubber
Ride On artinya bahwa Mesin Scrubber ini dioperasikan dengan cara dikendarai. Ride On Scrubber digunakan untuk membersihkan lantai industri ini memungkinkan operator membersihkan lantai dalam jumlah besar dalam rentang waktu yang jauh lebih singkat. Ride-on scrubber sering juga membanggakan beberapa kemampuan penyapuan, penggosokan, dan pengeringan yang berbeda. Berkat ukurannya, rider scrubber cenderung memiliki tangki pemulihan dan larutan yang lebih besar, yang berarti dapat digunakan lebih lama tanpa perlu mengosongkan atau mengisi ulang. Pembersih lantai ride-on memiliki jangkauan pembersihan 33.000 hingga 83.000 kaki persegi per jam.


Cara Kerja Mesin Penggosok Lantai

Automatic Scrubber umumnya memiliki sikat atau bantalan penggosok, serta tangki untuk menampung campuran larutan pembersih dan air dan satu lagi untuk memulihkan larutan sabun. Jumlah luas permukaan yang dapat dibersihkan tergantung pada ukuran tangki larutan tersebut. Tangki penyimpanan penting karena akan mengurangi jumlah air di lantai.

Automatic Scrubber pertama-tama menyaring air dan larutan melalui sikatnya. Sehingga menyebabkan pemerataan dan ketika sikat berputar ke lantai, setiap bagian dibersihkan. Saat operator bergerak, squeegee yang terpasang akan membantu sistem vakum menyedot air dan memindahkannya ke tangki penyimpanan.

Seelumnya dianjurkan melakukan penyapuan rutin pada lantai atau area sebelum membersihkannya dengan Automatic Scrubber. Beberapa mesin memang memiliki opsi pra-penyapuan sehingga akan menghilangkan kotoran berlebih. Selanjutnya perlu memastikan bahwa larutan pembersih pada mesin scrubber terisi secara proporsional. 

Sikat atau penggosok dari mesin scrubber ini akan berputar menggosok dan membersihkan lantai sementara cairan mengalir dan airi sisa pembersihan yang kotor kembali dimasukan kedalam tangki penyimpanan.

Manfaat Automatic Scrubber

1) Mengurangi Kecelakaan Terpeleset & Jatuh
Kebanyakan kecelakaan terpeleset dan jatuh tidak terjadi pada permukaan lantai yang kering. Lantai yang licin bertanggung jawab atas sebagian besar kecelakaan terpeleset, tersandung, dan jatuh. Fitur hebat dari scrubber otomatis adalah dengan sekali jalan, mesin ini menyemprotkan larutan pembersih ke lantai, menggosok, dan dengan cepat mengambil kelebihan cairan kotor; dengan waktu pengeringan yang lebih cepat. Jika dibandingkan dengan metode pel dengan ember tradisional, yang meninggalkan tetesan dan genangan air serta menyebabkan kondisi lantai licin yang berbahaya, penggosok lantai otomatis tidak menggunakan air yang banyak dan lantai lebih cepat kering. Fitur ini sangat mengurangi kemungkinan kecelakaan terpeleset dan jatuh akibat lantai licin.

2) Menghindari Cedera Gerakan Berulang
Mengepel lantai adalah tugas yang sangat berat; dan dapat menyebabkan sakit punggung (back pain) serta cedera. Cleaning service mengayunkan tagkai pel ini berulanbg kali untuk menjangkau area jauh dari tubuh mereka dan melengkungkan punggung mereka selama berjam-jam setiap hari, hari demi hari, dan juga membungkuk untuk memeras pel secara berkala. Mengepel dapat menyebabkan nyeri punggung, carpal tunnel, tendinitis, dan bursitis, dan cedera ini sering kali membahayakan produktivitas. 

3) Penghematan Biaya
Lantai ubin, linoleum, keramik atau beton, lantai membutuhkan perawatan rutin. Alih-alih menghabiskan persediaan, peralatan, dan tenaga kebersihan yang mahal, berinvestasi pada mesin scrubber otomatis yang efisien akan dengan cepat menghasilkan penghematan biaya. Mesin scrubber otomatis memungkinkan pekerjaan diselesaikan dengan lebih baik dan lebih cepat dengan lebih sedikit operator yang dibutuhkan. Satu orang dapat dengan mudah mengoperasikan penggosok otomatis dan menangani tugas membersihkan lantai yang biasanya ditangani 3 atau 4 orang. 

4) Penghematan Waktu
Automatic Srubber dapat menyelesaikan tugas lebih cepat dibanding dengan metoda konvensionakl. Mengotomatiskan proses pembersihan tidak hanya menghemat waktu tetapi juga memungkinkan untuk mendapatkan kembali waktu pembersihan selama berjam-jam; sehingga memungkinkan untuk melakukan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat. Sehingga petugas Cleaning Service dapat bebas menangani tugas lain yang membutuhkan perhatian mereka.

5) Efisiensi Dalam Pembersihan
Menggunakan pel dan ember adalah metode pembersihan lantai konvesional yang memboroskan air dan cairan larutan sabun serta bekerja lambat. Meskipun metode ini telah teruji oleh waktu, metode ini tidak efisien di ruang lantai yang lebih besar. Automatic scrubber dapat menghilangkan upaya yang diperlukan untuk membersihkan, artinya operator tidak perlu lagi memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan; mereka juga memungkinkan untuk membersihkan permukaan lantai yang lebih luas dengan lebih efisien. Mengoperasikan mesin scrubber otomatis tidak terlalu melelahkan bagi pengguna dan memungkinkan mereka mempertahankan tingkat produktivitas yang lebih tinggi. 


Referensi :

  1. Performance System Janitorial; WHAT DOES A SCRUBBER MACHINE DO?
  2. Gusbane; Auto-Scrubber Benefits
  3. TVX Cleaning; Walk-behind Scrubber Dryer Automatic Floor Cleaning Machine T55B/BT/BT PRO
  4. Centaur Floor Machines; Criteria to Consider When Choosing an Automatic Floor Scrubber
  5. Bortex; Types of Floor Cleaning Machines.

 


Baca Juga :

  1. Mengenal tentang Fleet Management, Pengertian, Aktifitas, dan Sistem
  2. Pentingnya Tenaga Satpam dalam Memahami Strategi dan Metoda Pengamanan

 


 

Baca Juga

Jumat 6 Oktober 2023, Krakatau jasa industri melakukan Kegiatan...

Vacuum Cleaner atau penyedot debu adalah alat pembersih yang...

Kabel untuk penghantar listrik memiliki berbagai jenis sesuai...

Pasir silika atau disebut juga pasir kuarsa adalah salah satu...