Artikel

Mengenal Carpet Extractor (Extraktor Karpet), Mesin Pembersih Karpet

karpet ekstraktor

Carpet Exractor atau Ekstraktor Karpet adalah sejenis mesin pembersih yang dirancang khusus untuk membersihkan karpet dengan lebih efektif dan efisien.

Daftar Isi :

Pengantar

Carpet Exractor dalam operasionalnya membersihkan karpet dapat menggunakan kombinasi air panas, larutan pembersih, dan daya hisap untuk menghilangkan kotoran, noda, dan kotoran pada serat karpet. Ekstraktor karpet biasanya memiliki tangki untuk menampung larutan pembersih dan nosel yang menyemprotkan larutan pada karpet. 

Ekstraktor karpet lebih efektif daripada metode pembersihan karpet tradisional, seperti pencucian konvensional dan pembersihan uap, karena denan ekstrataktor karpet dapat menghilangkan lebih banyak kotoran, noda, dan material penyebab alergi dari karpet. Karpet ekstractor dikenal luas oleh Cleaning Service; dan merupakan salah satu peralatan makinal yang harus dapat dioperasikan oleh mereka.

Ekstraktor karpet biasanya digunakan ketika karpet dirasa benar benar kotor dan membuat tidak enak ditempati. Namun demikian dapat digunakan juga untuk pembersihan perawatan rutin, termasuk jika karpet berada pada area lalu lintas padat, noda dan tumpahan, penghilangan alergen dan bakteri, pemulihan, area berisiko tinggi, dll.

Pentingnya Ekstraktor Karpet

Banyak perusahaan menyukai karpet dipasang di ruang penerimaan tamu, kantor, dll. karena karpet penutup lantai yang menarik, kesan mewah dan berwarna-warni serta menambah estetika ruangan atau ruang kerja. 

Namun demikian karpet tetap digunakan orang untuk berjalan di atasnya; sehingga akan kotor, untuk mempertahankan daya tariknya perlu dibersihkan dan alat pertama yang digunkan adalah penyedot debu (vacuum cleaner). Menyedot debu adalah bagian penting dari aktifitas pembersihan karpet, tetapi sebagian besar residu kotoran tertinggal di karpet atau melekat kuat yang lama kelamaan menumpuk sehingga sulit dibersihkan dengan penyedot debu (vacuum cleaner).

Karpet biasanya terbuat dari serat yang dipotong, diikat dan ditempelkan pada bahan alasnya. Tentu konstruksi karpet jauh lebih rumit dari penjelasan sederhana itu; Ada berbagai jenis simpul seperti lilitan atau simpul dan panjang serta kerapatan simpul yang membentuk tumpukan karpet bervariasi. Demikian juga dengan bahannya; karpet terbuat dari berbagai jenis bahan seperti wol, rami atau sisal, poliester, nilon, sebagian dipilih untuk estetika dan juga daya tahannya. Penggunaan ekstraktor karpet dengan bahan kimia yang tepat dapat digunakan pada berbagai jenis karpet, baik untuk pembersihan karpet secara umum, maupun untuk menghilangkan noda tertentu.

Cara Kerja Ekstraktor Karpet

Ekstraktor karpet menggunakan larutan ringan air panas atau dingin, dengan bahan kimia pembersih, yang dioleskan ke karpet dan diaduk jauh ke dalam karpet. Larutan pembersih kemudian menyerap kotoran dan campuran yang dihasilkan disedot dengan kuat oleh ekstraktor ke dalam badan mesin untuk kemudian dibuang. Penting bagi operator untuk memahami komposisi karpet dan membuat pilihan bahan kimia yang tepat untuk pekerjaan pembersihan.

Bahan kimia dan air panas atau dingin dapat memisahkan kotoran dari bahan karpet; dan daya hisap yang kuat dari ekstraktor karpet dapat mengumpulkan kotoran pada penampungan kotoran.

Keuntungan Ekstraktor Karpet

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan ekstraktor karpet untuk membersihkan karpet, antara lain; adalah :

1) Pembersihan Intensif
Ekstraktor karpet mampu menghilangkan lebih banyak kotoran, noda, dan alergen dari karpet daripada metode pembersihan tradisional, seperti pencucian konvensional, dll. Air panas dan larutan pembersih dapat memecah dan menghilangkan kotoran dan kotoran yang tersembunyi di dalam serat karpet, dan daya isap yang kuat dari motor vakum menghilangkan semua larutan kotor beserta kotoran dan kotoran.

2) Cepat Kering
Sebagian besar ekstraktor karpet menggunakan air panas untuk membersihkan karpet, yang membantu mempercepat proses pengeringan. Beberapa ekstraktor karpet memiliki kipas atau pemanas yang dapat mempercepat proses pengeringan, sehingga karpet dapat digunakan segera setelah dibersihkan.

3) Peningkatan Kualitas Udara Dalam Ruangan 
Ekstraktor karpet dapat menghilangkan alergen, debu, jamur, dan polutan lain yang dapat menyebabkan masalah kesehatan; yang dapat menjadi polutan udara.

4) Lebih Hemat
Ekstraktor karpet dapat menjadi solusi hemat biaya untuk membersihkan karpet, karena dapat mengurangi biaya tenaga kerja dan mengurangi kebutuhan untuk sering membersihkan (frekuensi membersihkan lebih rendah). Penggunaan Ekstraktor karpet lebih efisien dari pembersihan lainnya ; seperti pencucian konvensional; dll.

5) Serbaguna
Ekstraktor karpet dapat digunakan dalam berbagai tempat, termasuk tempat komersial dan industri, seperti hotel, gedung perkantoran, dan sekolah, serta di rumah hunian. Ekstraktor karpet dapat digunakan untuk berbagai jenis karpet; hanya tinggal menyesuaikan bahan kimia yang digunakan

6) Hasil Lebih Tahan Lama 
Penggunaan ekstraktor karpet secara teratur dapat membantu memperpanjang umur karpet, membuatnya terlihat lebih baru dan bersih lebih lama. Kotoran dapat merusak karpet; dengan kondisi bersih yang lebih lama maka akan dapat memperpanjang umur pakai karpet.

7) Efektifitas dan Efisiensi Lebih Besar
Ekstraktor karpet dapat melingkupi area yang luas dengan cepat dan lebih efisien daripada metode pembersihan manual atau konvensional. Penggunan dan pengoperasian yang praktis serta kecepatannya dalam membersihkan; maka akan memperluas area pembersihan per satuan waktu.

8) Peningkatan Kebersihan
Ekstraktor karpet dapat membantu meningkatkan kebersihan dan mengurangi risiko kontaminasi silang di lingkungan komersial dan industri seperti rumah sakit, sekolah, mall, dan hotel. Karena karpet ekstraktor mampu membersihkan alergen dan kuman dalam karpet, maka dianggap lebih sehat.

 

Referensi :

  1. B & G Cleaning System Ltd; What is a carpet extractor?
  2. Rawlin; What is a carpet extractor and its importance?
  3. Rentalex Tools-Equipment; What is a carpet extractor?
  4. Clarke Clean Track¬ģ 16-18 Carpet Extractors Brochure

 


Baca Juga :

  1. Pentingnya Kemampuan Cleaning Service dalam Menggunakan Peralatan Makinal
  2. Membersihkan Dinding dalam Gedung; Cleaning Service

 


 

Baca Juga

Pengunaan handphone (HP) saat sedang mengemudi telah menjadi...

Alat  Pelindung  Diri selanjutnya disingkat APD adalah suatu alat...

Kualitas hasil kerja dan pelayanan Cleaning Service merupakan hal...

Tugas dari Satpam atau Tenaga Satuan Pengamanan atau Security yang...