Artikel

Mengenal Mobil Listrik Toyota Tipe bZ4X

toyota_bZ4X

Mobil listrik Toyota bZ4X dihadirkan di Indonesia pada bulan November 2022, mobil ini juga digunakan sebagai salah satu mobil VIP resmi untuk aktifitas KTT G20 di Bali, Indonesia, disamping Hyundai Ioniq 5 dan Genesis Electrified G80.

Daftar Isi :

Pengantar

Saat ini mobil listrik Toyota Tipe bZ4X digunakan sebagai kendaraan dinas Direksi PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk. Konsep kendaraan listrik Toyota bZ4X hadir menunjukkan bahwa merek Jepang masuk dalam segmen crossover EV yang saat ini sedang tren dan berkembang.

Arti dari "bZ4X" adalah terdiri dari 2 bagian; yaitu : "bZ", beyond Zeri menggambarkan sifat kendaraan baterai-listrik dengan emisi "melampaui Nol"; dan "4X" menggambarkan tentang SUV crossover kompak. Desain bZ4X menggambarkan konsep kendaraan listrik yang dirilis Toyota pada Juni 2019, menggunakan platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture) terbaru.

Ekterior

BZ4X memakai gril heksagonal kecil di bagian bawah fasia dan insang vertikal di sudut, namun sebaliknya tidak ada bukaan di ujung depan. Lampu depan sempit masing-masing memiliki empat elemen LED dan strip untuk lampu siang hari di bagian atas.

Secara profil, bZ4X memiliki bentuk rumit yang mencakup bagian melengkung di sepanjang garis bahu dan lipatan di bagian bawah pintu yang melengkung ke atas di spatbor belakang. Bumper Depan dan Kisi Spoiler, Desain BEV Grille depan yang unik, memiliki performa aerodinamis dengan Spoiler Bumper Depan. Dilengkapi dengan Atap Panorama; sehingga penumpang dapat menikmati pemandangan dengan Atap Panoramik bentang besar. Memiliki Velg Alloy 18 inci yang kokoh.

Interior

Di dalam, pengemudi akan melihat melalui roda kemudi ke cluster instrumen digital yang terletak di ujung, desainnya merupakan cara untuk mencegah silau pada layar dengan tetap mempertahankan desain terbuka. Interior seperti dirancang terutama untuk memberikan kemudahan pengemudi terhubung langsung dengan jalan dan informasi penting.

Layar infotainment lebar terdapat di bagian atas konsol tengah, dan tombol untuk mengoperasikan sistem HVAC berada di bawahnya. Konsol tengah memiliki pengontrol menonjol untuk mode berkendara, tombol untuk mengaktifkan sistem bantuan, dan touchpad layar infotainment dengan cahaya biru.

Memilki lingkar kemudi berbalut kulit dan material soft-touch menghiasi dashboard karena seluruh sistem kendali berada dalam jangkauan pengemudi. Multi-Information Display ditempatkan secara sempurna tepat di atas kemudi untuk memberikan b ebagai informasi dengan grafis. 

Menggunakan sistem Audio Multimedia 12,3 inci dengan Human Machine Interface (HMI); memungkinkan untu interaksi modern melalui penglihatan, sentuhan, dan pengenalan suara. Dengan Toyota Audio Multimedia 12,3 inci juga dapat terhubung dengan aplikasi pada ponsel. Dilengkapi alat pengisi daya Nirkabel Qi Wireless yang dipasang di atas pada panel tengah sehingga ponsel dpat tetap terhubung.

Fitur Safety (Keamanan)

Fitur keamanan dapat memberikan peringatan secara audio dan visual ketika orang membuka pintu dan ada kendaraan mendekat dari sisi belakang. Dilengkapi 

Dengan desain pilar terintegrasi yang meningkatkan keselamatan konsumen dari kekuatan tabrakan. Dilengkapi dengan fitur Parkir Tingkat Lanjut yang dirancang untuk membantu pengemudi saat parkir hands-free, terutama saat parkir paralel atau parkir mundur dan juga secara otomatis membantu Anda mencari tempat parkir.

Platform e-TNGA; sebagai kendaraan Toyota pertama yang memanfaatkan e-TNGA (Toyota New Global Architecture) terbaru, All-New Toyota bZ4X dibuat khusus dengan struktur yang memungkinkan ruang lebih luas di dalam kabin dengan landasan kokoh dan kestabilan performanya.

Sistem Teknologi Baterai dengan Pengisian Cepat; keamanan dan servis baterai tidak akan terganggu karena sistem teknologi pengisian cepat baterai dapat dicapai dalam waktu hingga 30 menit untuk baterai 0-80% dengan sistem 150 kW (CCS2).

Motor Listrik

Detail teknis dari powertrain listrik motor ganda sebagian besar masih dirahasiakan, namun sistem ini dikatakan memanfaatkan pengalaman Toyota selama lebih dari 20 tahun dalam menawarkan powertrain listrik, dan memiliki efisiensi terdepan di kelasnya dan jangkauan berkendara yang sangat kompetitif; dengan jarak tempuh mencapai 500 km.

BZ4X digerakkn oleh e-Axle, merupakan integrasi antara motor listrik, roda gigi, dan inverter, yang dibuat oleh Blue Nexus, perusahaan patungan perusahaan Grup Toyota Aisin dan Denso dengan investasi dari Toyota Motor. Model penggerak roda depan menggunakan e-Axle model 1XM tunggal yang menghasilkan tenaga 150 kW (201 hp; 204 PS).


Referensi :

  1. Toyota; bZ4X
  2. Wikipedia; Toyota bZ4X
  3. Autocar; Toyota bZ4X concept is brand's first bespoke electric car
  4. Motor1; Toyota bZ4X Concept Debuts As Vision Of Future Electric Crossover
  5. Sumber Lainnya

 


Baca Juga :

  1. Mengenal Pabrik Baja Lembaran Panas - Hot Strip Mill
  2. Pentingnya Membersihkan Kaca Depan Mobil, Tips dan Caranya

 


 

Baca Juga

Pasir silika atau disebut juga pasir kuarsa adalah salah satu...

Dalam aktifitasnya melayani kepentingan konsumen dalam hal...

Sanitasi didefinisikan sebagai usaha pencegahan penyakit dengan...

Hydraulic Cylinder atau Silinder Hidrolik adalah silinder dan...