Artikel

Mengenal Squeegee, Karet Pembersih Kaca

Squeegee atau squilgee atau wiper glass adalah alat dengan bilah karet yang rata dan halus, digunakan untuk mengeluarkan atau mengontrol aliran cairan pada permukaan yang rata; karet ini juga populer digunakan untuk membersihkan kaca dan mencetak (sablon).

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri mengenal dengan baik tentang Squeegee Karet Pembersih Kaca baik dalam hal penggunaan maupun pemeliharaan; serta penggantian karetnya secara optimal.

Daftar Isi

 

Pengantar

Alat jenis ini yang paling terkenal mungkin adalah squeegee jendela kaca, yang digunakan untuk menghilangkan cairan pembersih atau air dari permukaan kaca. Larutan sabun berperan sebagai pelumas dan memecah kotoran, kemudian alat pembersih yg terbuat dr karet digunakan untuk menarik kotoran yang terbawa air dari kaca meninggalkan permukaan yang bersih. Beberapa penyapu didukung dengan spons yang dapat menyerap air sabun dari ember untuk diaplikasikan ke jendela yang kotor.

Menggunakan alat pembersih yg terbuat dr karet untuk jendela dalam ruangan adalah metode yang cepat dan efektif untuk membersihkan jendela. Alat praktis ini memudahkan untuk menjangkau bagian atas jendela dan Anda dapat membersihkan seluruh jendela dengan cepat alih-alih bekerja dalam beberapa bagian. Mereka jauh lebih tidak berantakan daripada metode lain juga.

Ada trik untuk mendapatkan jendela bersih bebas goresan saat menggunakan alat pembersih yg terbuat dr karet. Anda harus menggunakan teknik yang tepat untuk memastikan bahwa air atau cairan pembersih dihilangkan dengan satu sapuan halus atau Anda akan mendapatkan goresan.

Komponen pada Squeegee

Bagian penting dari squeegee jendela adalah :

  1. Squeegee Rubber: Di sinilah karet bertemu dengan jalan (atau kaca dalam hal ini).
  2. Saluran Squeegee: Memegang karet squeegee.
  3. Squeegee Handle: Memegang saluran squeegee.
  4. Rilis Cepat Squeegee: Mekanisme pada pegangan squeegee yang melepaskan saluran darinya. Mekanisme ini berbeda, tergantung model squeegee yang Anda pilih. Varietas tertentu tidak memiliki fitur ini.
  5. Squeegee Swivel: Bagian pegangan yang memungkinkan squeegee Anda berputar. Ada fitting yang menyesuaikan seberapa kuat atau longgar putaran ini nantinya.
  6. Klip Squeegee: Pada beberapa saluran, klip ini menahan karet squeegee di tempatnya

Beberapa Hal Sebelum Menggunakan Squeegee

  • Selalu periksa squeegee sebelum menggunakannya. Saat menggerakkan jari ke tepi karet, seharusnya terasa lurus sempurna dari satu ujung ke ujung lainnya. Tidak bergelombang, meregang, atau terlalu kencang.
  • Jika ada torehan walaupubn kecil pada tepi karet akan menyebabkan goresan. Jika torehan hanya ada di satu sisi, maka dapat menarik karet keluar dari alat pembersih yg terbuat dr karet dan menggunakan ujung lainnya yang lebih tajam.
  • Pastikan karet menggantung dari kedua ujung saluran squeegee sekitar setengah sentimeter atau 5 mm. Ini akan membantu mencegah kerusakan pada bingkai jendela, permukaan yang dicat, tepi, dll.
  • Terakhir, periksa apakah saluran squeegee lurus dan tidak bengkok atau melengkung.

Cara Memegang Squeegee Yang Benar

1) Kesalahan Dalam Memegang
Dua kesalahan terbesar yang dapat dilakukan saat menggunakan squeegee jendela adalah memegang gagangnya terlalu kencang dan memberikan terlalu banyak tekanan ke kaca dengan alat tersebut. Maka mungkin akan terjadi goresan pada kaca dan jika memegang seperti kebanyakan orang, insting akan timbul yaitu mendorong squeegee lebih keras. 

Ini sebenarnya akan memiliki hasil yang berlawanan karena ketika mendorong alat pembersih yg terbuat dari karet dengan tidak melakukan penyapuan menggunakan ujung karet yang tajam dan mulai melakukan penyapuan dengan sisi karet alat pembersih yg rata dan tumpul.

2) Pegang Dengan Tekanan Ringan
Pegang gagang alat pembersih kaca dengan tekanan ringan. Kuncinya adalah santai dan rileks serta membiarkan alat pembersih kaca duduk di tangan dengan nyaman. Rilekskan juga pergelangan tangan, lengan, dan bahu. Pegang alat pembersih yg terbuat dari karet cukup erat sehingga memiliki kendali atas alat tersebut.

3) Pegang Dengan Tekanan Dari Alat Itu Sendiri
Cukup dengan meletakkan alat pembersih yg terbuat dari karet di atas kaca harus menjadi semua tekanan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Biarkan berat alat pembersih squeegee yang memberikan tekanan sendiri, bukan ditekan oleh tangan. 

Menjadi kencang dan tegang akan membuat tangan menjadi cepat lelah dan menyebabkan untuk menekan kaca secara berlebihan. Jika dirasakan squeegee membutuhkan lebih banyak tekanan untuk pembersihan, maka saatnya mengganti karetnya. Sebagian besar pembersih jendela profesional menggantinya setiap hari atau setiap 4-6 jam pada penggunaan terus-menerus.

wiper glass

Manfaat Squeegee, Kart Pembersih Kaca

Squeegee memiliki banyak manfaat dalam membersihkan. Penyapu dapat digunakan untuk mempermudah pembersihan dan memungkinkan pembersihan yang lebih menyeluruh. Alat serba guna, seperti penyapu, dapat digunakan untuk menyederhanakan banyak tugas pembersihan dan membantu menjaga kebersihan rumah Anda dari waktu ke waktu. Mereka sangat berguna untuk jendela yang sulit dibersihkan.

Squeegee bisa sangat mudah digunakan dan mudah dipelajari. Squeegees dapat mencegah pembentukan mineral dan menghilangkan goresan dari pembersih. Squeegee dapat membersihkan permukaan lebih cepat dengan penyapu. Alat ini sangat efektif untuk menghilangkan kelembapan berlebih, yang dapat membantu mencegah pembentukan dan pertumbuhan bercak air. Penyapu serbaguna dapat digunakan pada banyak permukaan, terutama kaca.

1) Pembersihan Bebas Goresan
Salah satu manfaat utama menggunakan alat pembersih yg terbuat dr karet adalah membantu Anda mencapai hasil pembersihan bebas goresan. Ini karena bilah alat pembersih yg terbuat dr karet menyeka kotoran dan kotoran dalam satu sapuan, meninggalkan permukaan yang bersih dan jernih.

2) Membersihkan Cepat dan Mudah 
Hal hebat lainnya tentang squeegees adalah cepat dan mudah digunakan. Yang perlu dilakukan hanyalah membasahi bilahnya, menyekanya di seluruh permukaan, lalu mengeringkan bilahnya. Ini membuat pembersihan kaca menjadi mudah dan cepat.

3) Dapat Membersihkan Yang Sulit Dijangkau
Berkat pegangannya yang panjang, alat pembersih yg terbuat dr karet dapat dengan mudah mencapai tempat yang sulit dijangkau, seperti bagian atas jendela dan di sepanjang sisi. Ini menjadikannya alat yang hebat untuk membersihkan jendela dan cermin.

4) Mengurangi Penggunaan Air
Karena alat pembersih yg terbuat dr karet membantu dalam mencapai hasil pembersihan bebas goresan, dan tidak perlu menggunakan banyak air saat membersihkan kaca. Hal ini berarti bagus untuk lingkungan dan akan membantu mengurangi penggunaan air.

5) Mudah Disimpan dan Dirawat 
Squeegee mudah disimpan dan diangkut, yang membuatnya sempurna untuk dibawa dalam perjalanan atau saat bepergian. Squeegees mudah dalam perawatan dan tidak membutuhkan banyak perawatan yang khusus. Yang perlu dilakukan hanyalah menjaga agar pisau karet tetap bersih dan bebas dari kotoran dan kotoran.

6) Murah dan Tahan Lama 
Harganya sangat terjangkau, yang menjadikannya pilihan bagus bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas. Squeegee terbuat dari bahan karet yang tahan lama, yang membuatnya awet atau tahan lama. Hal ini berarti tidak perlu mengganti squeegee dalam waktu dekat.

 

Referensi :

  1. Wikipedia; Squeeegee
  2. XO2; How To Use A Window Squeegee Like A Pro 
  3. Nicks; Cleaning Windows With A Squeegee ‚Äď Tips From The Pros

 


Baca Juga :

  1. Cara Membersihkan Langit Langit Ruangan (Plafon); Cleaning Service
  2. Cara membersihkan Lantai, Cleaning Service

 

Baca Juga

Spesifikasi Pipa Baja untuk Konstruksi Umum ditetapkan dalam...

Didalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara RI No 24 Tahun 2006...

Sekretaris sebenarnya adalah pembantu  dari  seorang  pimpinan ...

Perusahaan baik industri produk maupun jasa; dalam operasional dan...