Artikel

Mengenal tentang Kabel Daya - Power Cable

kabel daya

Kabel daya adalah kabel listrik, satu atau rakitan sekian banyak konduktor listrik, biasanya disatukan dengan selubung secara keseluruhan.  Kabel digunakan untuk transmisi tenaga listrik. Kabel daya dapat dipasang sebagai kabel permanen di dalam gedung, terkubur di tanah, dibentangkan di udara, atau terbuka.

Daftar Isi

Kabel Daya

Kabel daya yang dibungkus dalam selubung termoplastik dengan tujuan dapat dioperasikan di dalam gedung dikenal sebagai NM-B (kabel gedung berselubung non logam). Kabel daya modern hadir dalam berbagai ukuran, bahan, dan jenis, masing-masing disesuaikan dengan penggunaannya. Di industri, konduktor berisolator tunggal yang besar juga kadang-kadang disebut kabel daya.

Komponen Kabel Daya

Kabel terdiri dari tiga komponen utama: konduktor, isolator, selubung pelindung. Susunan kabel bervariasi sesuai dengan aplikasinya. Konstruksi dan material ditentukan oleh tiga faktor utama:

  1. Tegangan kerja, menentukan ketebalan insulasi;
  2. Daya dukung arus, menentukan ukuran penampang konduktor;
  3. Kondisi lingkungan seperti suhu, air, paparan bahan kimia atau sinar matahari, dan dampak mekanis, menentukan bentuk dan komposisi jaket kabel luar.

Untuk rangkaian yang beroperasi pada atau di atas 2.000 volt antar konduktor, pelindung konduktif akan mengelilingi isolasi konduktor. Ini menyamakan tegangan listrik pada isolasi kabel.

Jenis Kabel Daya

Pelindung konduktor mungkin semi konduktif atau non konduksi. Tujuan pelindung konduktor mirip dengan pelindung isolasi; selain untuk mengisi kekosongan juga sebagai penyeimbang tegangan listrik.

Ada berbagai jenis kabel listrik yang digunakan dalam instalasi listrik seperti antara lain adalah  :

  • NYA,
  • NYAF,
  • NYM,
  • NYMHY,
  •  NYY,
  • NYYHY,
  • BC dan lain-lainnya.

Hal ini dijelasakan pada : Jenis dan Kode pada Kabel Listrik

SNI pada Kabel Listrik

Semua penghantar yang digunakan harus dibuat dari bahan yang memenuhi syarat, sesuai dengan tujuan penggunaannya, serta telah diperiksa dan diuji menurut standar penghantar yang dikeluarkan atau diakui oleh instansi yang berwenang. 

Kabel berisolasi atau disingkat kabel – rakitan  kabel yang terdiri atas : 
a) Satu inti atau lebih 
b) Selubung individual (jika ada) 
c) Pelindung rakitan (jika ada) 
d) Selubung kabel (jika ada). 

Penghantar yang tidak berisolasi tambahan dapat digolongkan sebagai kabel. (insulated cable) IEV 461-06-01 kabel fleksibel  kabel yang disyaratkan untuk mampu melentur pada waktu digunakan, dan yang struktur dan bahannya memenuhi persyaratan. (flexible cable) - IEV 461-06-14  

Kabel tanah  jenis kabel yang dibuat khusus untuk dipasang di permukaan atau dalam tanah, atau dalam air. (underground cable) IEV 601-03-05.

Berikut ini adalah : SNI untuk Kabel Listrik.

 


Baca Juga :

  1. Mengenal Pabrik Baja Lembaran Panas - Hot Strip Mill
  2. Peran Cleaning Service dalam Sanitasi Lingkungan

Baca Juga

Gratifikasi merupakan tindakan pidana korupsi yang dapat diancam...

KrakatauJasaImdustri••• Hi Sobat KJI,

Ban merupakan bagian penting dari sebuah mobil yang menutupi velg...

Batu kapur dan produktanya telah banyak digunakan dalam berbagai...