Artikel

Mengenal tentang Krakatau Steel Group

kawasan industri krakatau steel

Krakatau Steel Group merupakan group atau kelompok perusahaan dibawah naungan PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk. yang terdiri dari Anak Perusahaan, Subholding, dan Cucu Perusahaan dan satu diantaranya adalah PT. Krakatau Jasa Industri. 

Perusahaan perusahaan dalam Krakatau Steel Group memiliki berbagai bidang usaha atau entitas bisnis masing masing yang tidak terlepas dari sejarah perkembangan PT. Krakatau Steel dari masa ke masa; serta mendukung bisnis utama yaitu baja.

Daftar Isi :

Anak Perusahaan

1) PT. Meratus Jaya Iron Steel
PT. Krakatau Steel bermitra dengan PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM), BUMN yang kompetensi utamanya dalam bidang industri pertambangan; membentuk perusahaan patungan yang diberi nama PT Meratus Jaya Iron & Steel (MJIS) untuk mewujudkan rencana pengembangan industri besi baja di Kalimantan Selatan. Proyek industri besi dan baja, Kalimantan Ironmaking Project, dibangun oleh MJIS di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.  Pabrik ini adalah merupakan pabrik besi baja yang pertama kali menggunakan bijih besi jenis laterit yang banyak dijumpai di Kalimantan. 

2) PT. Krakatau Engineering
PT Krakatau Engineering didirikan 12 Oktober 1988, ruang lingkup pelayanan sebagai perusahaan rekayasa dan desain yang melayani proyek-proyek di PT Krakatau Steel & Group, khususnya perluasan sarana dan prasarana pabrik PT Krakatau Steel, seiring dengan peningkatan kompetensi dan pengalaman, PT Krakatau Rekayasa tumbuh sebagai mitra terpercaya Kontraktor Rekayasa, Pengadaan dan Konstruksi (EPC), terutama di bidang Pabrik Baja, Industri, Energi, Minyak & Gas, dan Bangunan & Infrastruktur. Sejak tahun 2013 PT Krakatau Engineering memiliki lima Anak Perusahaan yaitu PT Krakatau Perbengkelan dan Perawatan, PT Krakatau konsultan, PT Krakatau Samator, PT Krakatau Daedong Machinery, dan PT Wijaya Karya Krakatau Beton.

struktur-krakatau-steel

Subholding

1)  PT. Krakatau Sarana Infrastruktur
Subholding baja akan hadir sebagai yang terbanyak lengkap dan terintegrasi penyedia material baja untuk mendukung percepatan dan daya saing dari proyek infrastruktur di Indonesia. PT. Krakatau Sarana Infrastruktur, perusahaan subholding yang resmi berdiri pada 30 Juni 2021. Krakatau Sarana Infrastruktur merupakan anak perusahaan dari Krakatau Steel yang terdiri dari PT Krakatau Sarana Properti (PT KSP), PT Krakatau Bandar Samudera (PT KBS), PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL, PT Krakatau Tirta Industri (PT KTI), PT Krakatau Teknologi Informasi (PT KIT) dan PT Krakatau Jasa Industri (PT KJI).

Krakatau Sarana Infrastruktur merupakan industri pertama yang terintegrasi penuh secara vertikal service holding di Indonesia dengan empat bidang usaha utama yang terdiri dari kawasan industri, pasokan air industri, kebutuhan energi, dan pelabuhan.

2) PT. Krakatau Baja Konstruksi
PT. Krakatau Baja Konstruksi holding baja memiliki keunikan proposisi nilai sebagai produsen baja terintegrasi berfokus pada konstruksi solusi untuk memenuhi meningkatnya permintaan baja. Manufaktur Baja Profil, Baja Tulangan, Pipa Baja, serta Perdagangan Hasil Tambang dan Produk Besi dan Baja. Pabrik PT Krakatau Baja Konstruksi sendiri merupakan produsen baja terkemuka di Indonesia; yang memproduksi Deformed Bar, Plain Bar, Equal Angle, Channel, Wide Flange, H Beam and I Beam.

struktur ksi

struktur kbk

Cucu Perusahaan

1) PT. Krakatau Konsultan
PT Krakatau Engineering Corporation (PTKEC) didirikan pada tahun 1988, dengan tujuan untuk menangani pekerjaan Konsultan Study, Enginering dan Project Management baik dilingkungan PTKS Group maupun diluar PTKS Group. Berbasis kompetensi, bermitra dengan konsultan Internasional dan pengalaman di bidang Industri Energi dan Infrastruktur di lingkungan KS Group. PTKK melayani kebutuhan Perusahaan penyedia jasa Konsultan di lingkungan PTKS Group, serta perusahaan lain yang berdomisili di Cilegon dan sekitarnya, dan dalam perkembangannya menuju untuknmenjadi perusahaan Konsultan yang terkemuka di tingkat nasional maupun regional.

2) PT. Krakatau Bandar Samudera
PT Krakatau Bandar Samudra: Pelabuhan Curah Kering Terbesar dan Terdalam di Indonesia dengan Fasilitas Terintegrasi. International Port yang terintegrasi dengan jasa logistik dikelola oleh PT KBS yang menerapkan konsep pelabuhan pintar dan ramah lingkungan.

3) PT. Krakatau Tirta Industri
Perusahaan air terintegrasi, terbesar dan satu-satunya di Indonesia dengan dukungan fasilitas terlengkap dari hulu ke hilir. Krakatau Water Solution dikelola oleh anak perusahaan Krakatau Sarana Infrastruktur yang bernama PT Krakatau Tirta Industri (KTI). PT. Krakatau Tirta Industri memberikan pasokan air bersih ke seluruh area yang dikelola oleh Krakatau Sarana Infrastruktur dan memastikan pasokan tersebut berjalan lancar tanpa kendala

4) PT. Krakatau Daya Listrik
PT Krakatau Daya Listrik : Perusahaan penyedia energi listrik dengan tiga fokus utama yaitu Pembangkitan Listrik, Jasa Ketenagalistrikan, dan Energi Baru Terbarukan. Energy Solution dikelola oleh PT KDL dengan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Gas Dan Uap (CCPP) 120 MW dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya 102 kWp terinterkoneksi dengan jaringan milik PLN berkapasitas 2×400 MVA yang memasok kebutuhan pelanggan industri, bisnis, dan perumahan.

5) PT. Krakatau Sarana Properti
Industrial Estate dikelola oleh PT KSP dengan total area seluas 3.250 Ha terdiri dari 1.100 Ha Kawasan Industri yang terbagi dalam 3 area yaitu:

  • Kawasan 1: Untuk segmen pasar industri baja, kimia dan aneka industri seluas 580 Ha
  • Kawasan 2: Untuk segmen pasar industri food and feed seluas 100 Ha
  • Kawasan 3: Untuk segmen pasar industri petrokimia seluas 420 Ha
  • serta 2.150 Ha kawasan penunjang lainnya.

6) PT. Krakatau Information Technology
PT Krakatau Information Technology (PT KIT) bergerak di bidang penyedia solusi ICT (Information and Communication Technology) memiliki beberapa bidang usaha antara lain SAP ERP Consultant, IT Infrastructure, Manage Service, General Business Applications, dan Automation Electrical & Instrumentation.

7) PT. Krakatau Jasa Industri
PT Krakatau Jasa Industri (PT KJI)  bergerak di bidang Perdagangan Umum dan Jasa yang mendukung kelangsungan operasional industri-industri di area Cilegon dan sekitarnya melalui penyediaan material bahan industri, spare part, jasa rental, supply tenaga outsourcing dan jasa pengamanan (BUJP).

8) PT. Krakatau Pipe Industries
Perusahaan Pipa Baja terpadu, berdiri sejak tahun 1972; memproduksi pipa baja spriral ERW. Tahun 1978, KHI menginvestasikan tambahan mesin SPM 2000 untuk memproduksi pipa baja las spiral dengan diameter ring 16-80 inch.
Dan tahun 2005, diversifikasi produk dengan menambahkan lini pertama mesin ERW/HFRW yang secara komersial memproduksi ERW/HFRW dengan diameter rang 4-1978, KHI menginvestasikan mesin tambahan SPM 2000 untuk memproduksi pipa baja las spiral dengan diameter rang 16-80 inci.  tahun 2005, Diversifikasi produk dengan menambah lini pertama mesin ERW/HFRW yang secara komersial memproduksi ERW/HFRW dengan diameter ring 4-12 inci pada tahun 2006.

9) PT. Krakatau Global Trading
PT. Krakatau Global Trading bergerak dalam bidang usaha Steel Trading & Raw Material of Iron & Steel Trading. PT. Krakatau Global Trading dikenal dengan nama lain sebagai Krasmart.

10) PT. Krakatau Perbengkelan & Perawatan
Pada awal berdirinya PT. Krakatau Perbengkelan dan Perawatan (PT.KPDP) disiapkan untuk menangani bidang Perawatan Industri/Maintenance dan Perbengkelan di perusahaan PT. Krakatau Steel  Group dan perusahaan-perusahaan di area sekitar Cilegon dan luar Cilegon.  Bidang Perawatan Industri/Maintenance dan Perbengkelan yang dapat ditangani, antara lain : Perawatan Industri/Maintenance, Perbengkelan/workshop, Menjalankan usaha di bidang Jasa Engineering, dll.

Video : PT. Krakatau Jasa Industri dan Subholding PT. Krakatau Sarana Infrastruktur

Referensi :
Company Profile PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk ahun 2021.

 


Baca Juga :

  1. Pentingnya dan Manfaat Sertifikasi ISO 9001 di Perusahaan dan Industri
  2. Supply Chain Management - Manajemen Rantai Pasokan

Baca Juga

Untuk memudahkan pemilihan dalam penggunaannya setiap Grinding...

Sanitasi didefinisikan sebagai usaha pencegahan penyakit dengan...

Kontaktor adalah perangkat listrik yang digunakan untuk...

Tenaga Satuan Pengamanan PT. Krakatau Jasa Industri dalam...