Artikel

Mengenal tentang Vacuum Cleaner, Fungsi, Cara Kerja dan Jenisnya

penyedot debu vacuum cleaner

Vacuum Cleaner atau penyedot debu adalah alat pembersih yang menggunakan penghisap untuk mengumpulkan debu, kotoran, dan partikel kecil sampah lainnya di berbagai permukaan. 

Daftar Isi :

Pengantar

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri telah dilatih dan memahami tentang Vacuum Cleaner cara mengoperasikan; serta jenis dan fungsinya masing masing sesuai dengan jenisnya.

Vacuum Cleaner dianggap alat serbaguna untuk membersihkan berbagai jenis dan bentuk permukaan; dengan menjalankan mesin hisapnya, kemudian menyapukan moncong penghisap pada bagian yang akan dibersihkan; maka semua kotoran akan terhisap masuk kedalam kantung penampungan sampahnya. Permukaan lantai, karpet, gorden, dinding, kisi kisi jendela, dll dapat dibersihkan dari debu dan kotoran dengan menggunakan Vacuum Cleaner.

Penyedot debu atau vacuum cleaner adalah alat penting bagi Cleaning Service karena kecepatan, efektifitas dan efisiensinya. Namun demikian ternyata tidak banyak yang mengetahui cara kerja penyedot debu. Kemudian terdapat banyak jenis penyedot debu; yang disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya dalam melakukan pembersihan.

Cara Kerja Vacuum Cleaner

Penyedot debu menggunakan metode hisap untuk mengumpulkan debu, membuat rumah atau kantor menjadi bersih seketika itu juga. Vacuum cleaner dapat digunakan pada berbagai permukaan dari mulai : karpet, non-karpet, pelapis, interior dalam, sudut, dll. Prosesnya akan mengumpulkan debu dan disimpan dalam kantung sampah yang nantinya harus dibuang. Metoda ini meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dan mengurangi kemungkinan alergi.

Penyedot debu menggunakan kipas untuk mengenerasi tenaga hisap yang diperlukan untuk mengambil kotoran dan debu dari permukaan. Secara konseptual, ruang hampa dapat dianggap sebagai sebuah blower terbalik. Kipas angin meniupkan udara ke arah berlawanan, yang memaksa udara untuk memasuki ruang hampa dari saluran masuk. Hal ini dapat dianggap sebagai udara dari inlet akan menggantikan udara yang dihembuskan oleh kipas.

Karena kipas berputar dengan kecepatan konstan, maka kemudian menciptakan suatu aliran uadara konstan yang bergerak dari inlet, melalui pipa internal vacuum, dan akhirnya masuk ke outlet. Aliran udara sangat kuat sehingga mampu mengambil dan membawa debu atau kotoran di dekat saluran masuk vacuum. Udara berdebu ini akhirnya mencapai kantong sampah di mana udara dan debu dipisahkan. Secara keseluruhan, setiap penyedot debu melibatkan tiga komponen utama: sebuah port intake, kipas atau blower, dan filter.

Semua penyedot debu juga memisahkan partikel udara dari partikel debu menggunakan filter udara. Dalam beberapa tahun terakhir banyak kemajuan teknologi yang meningkatkan efisiensi penyedot debu, terutama terkait dengan sistem penyaringan (filter). Terlepas dari kemajuan ini, semua penyedot debu masih beroperasi di bawah prinsip umum yang sama. 

Jenis Vacuum Cleaner

1) Penyedot Debu Tegak (Upright Vacuum Cleaner)
Model tegak adalah salah satu penyedot debu yang paling awal, paling umum, dan paling populer. Model ini memiliki kemiringan dan dorongan, desain ergonomis yang mudah dioperasikan. Sikat digerakkan oleh motor dan membersihkan kotoran melalui daya hisap. Penyedot Debu Tegak sangat ideal dan paling kuat untuk membersihkan permukaan karpet yang besar.

Penyedot Debu Tegak memiliki sensor yang menyedot kotoran dari untaian karpet secara efektif. Kemudian juga memiliki pengaturan berbeda untuk membersihkan lantai kosong di mana gulungan sikat dapat dimatikan. Juga dapat dilakukan penyesuaian ketinggian dan ekstension tertentu terkadang diperlukan untuk mencapai sudut yang sempit.

2) Penyedot Debu Tongkat (Stick  Vacuum Cleaner)
Model tongkat ukup ramping, ringan dan dapat digunakan untuk pembersihan cepat. Berbentuk sapu dan memiliki desain dasar yang memudahkan penyimpanan. Motor terletak bersama tongkat dan melakukan hisapan ringan. Jenis ini bagus untuk bermanuver di sekitar furnitur dan ruang sempit. Penyedot Debu Tongkat dapat digunakan untuk membersihkan area karpet kecil dan lantai kayu keras. Kemudian sangat ideal untuk membersihkan dapur dan kamar mandi.

Penyedot Debu Tongkat juga memiliki pengaturan berbeda untuk membersihkan lantai kosong di mana gulungan sikat dapat dimatikan. Kemudian dapat diubah menjadi vacuum genggam (hanheld) dan memiliki keterikatan yang lebih rendah. Ada tempat (wadah) untuk kotoran, bukan berupa tas; namun tidak terlalu kuat dan tidak cocok untuk pembersihan mendalam. 

jenis vacuum cleaner

3) Penyedot Debu Tabung (Canister Vacuum Cleaner)
Canister Vacuum Cleaner biasanya dilengkapi dengan selang hisap dan kabel yang dapat ditarik untuk memudahkan manuver. Penyedot Debu Tabung biasanya digunakan di lantai keras, atau digunakan sebagai penyedot debu untuk sofa dan mobil. MPenyedot Debu Tabung sangat dikenal karena fleksibilitas, kontrol motorik, dan keserbagunaannya.

Penyedot Debu Tabung adalah yang terbaik, saat membersihkan furnitur dan multi permukaan dapat dibersihkan dengan baik. kemudian menjadi salah satu penyedot debu yang paling tradisional dan paling umum dibeli, karena dapat digunakan dengan berbagai cara dan sangat andal. Penyedot Debu Tabung adalah penyedot debu terbaik untuk lantai kayu keras.

4) Penyedot Debu Genggam (Handheld Vacuum Cleaner)
Handheld Vacuum Cleaner adalah penyedot debu kecil, portabel, dan ringan, cocok untuk pembersihan saat bepergian; dll. Barangnya dapat dipegang dengan satu tangan; tersedia dalam berbagai desain; beberapa dengan kabel, beberapa tanpa kabel. Beberapa terdiri dari sikat berputar dan beberapa tanpa sikat. 

Kadang kadang digunakan dengan model tegak; digunakan untuk membersihkan area sempit yang terlalu kecil atau terlalu sulit dijangkau seperti interior mobil, meja, tangga, dan sudut. Handheld Vacuum Cleaner bagus untuk membersihkan remah-remah dan tumpahan, menghilangkan kotoran halus seperti rambut dari kain pelapis dan membersihkan setelah anak-anak dan hewan peliharaan. Handheld Vacuum Cleaner lebih murah daripada model lain. Kemampuannya tidak sebanding dengan penyedot debu ukuran penuh dan tidak berfungsi untuk pembersihan lantai secara umum.

5) Penyedot Debu Robot (Robotic Vacuum Cleaner)
Robotic Vacuum Cleaner, yang dibuat berdasarkan teknologi vacuum terbaru, adalah salah satu peralatan paling enak digunakan yang dibuat belakangan ini. Meskipun tidak tradisional seperti generasi sebelumya, Robotic Vacuums memiliki sensor bawaan yang dapat dikontrol menggunakan alat kontrol, dan tidak memerlukan dukungan manual; dan merupakan penyedot debu terbaik untuk lantai laminasi.

Siapapun dapat mengoperasikan penyedot debu secara praktis dari tempat posisi berada, menggunakan remote kontrol yang disediakan. Mereka tidak serbaguna seperti vacuum cleaner yang lain, namun, penyedot debu ini dapat digunakan di lantai kayu keras dan karpet.

 

Referensi :

  1. Redsea; What Are The Different Types Of Vacuum Cleaners And Which One To Buy?
  2. Moglix; What are the Uses and Purpose of Vacuum Cleaners
  3. How Stuff Works; How Vacuum Cleaners Work
  4. European Commission; Review study on Vacuum cleaners
  5. Marc Yarnall; How a Vacuum Cleaner Works

 


Baca Juga :

  1. Turjawali; Tugas Umum dari Satuan Pengamanan (Satpam) di Perusahaan
  2. Kunjungan Kerja ke PT Etrafa Mitra Sejati terkait Produk Valve Industri

 


 

Baca Juga

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri melayani jasa...

Sertifikasi ISO 9001 adalah suatu standar bertaraf internasional...

Krakataujasaindustri•••Hai Sobat KJI, Area perkantoran sudah...

Bahwa Satuan Pengamanan (Satpam) dalam melaksanakan tugas...