Artikel

Pemasangan GPS Tracker (Pelacak GPS) pada Kendaraan

gps tracker for car

Perusahaan yang melakukan rental mobil untuk kendaraan dinas operasional maupun kendaraan dinas pejabat dalam jumlah tertentu; untuk berbagai kemudahan maka selain dapat mengaplikasikan ... /

/... Fleet Management juga dapat melakukan pemasangan GPS Tracker (Pelacak GPS).

Daftar Isi :

Pengantar

Memasang Pelacak GPS untuk kendaraan dapat memberikan berbagai kemudahan dalam monitoring perjalanan, mencegah dan mengatasi pencurian, melacak kendaraan saat pengiriman barang tertentu, atau bahkan mengendalikan bahwa pengemudi tidak menyimpang jauh dari rute perjalanan yang direncanakan atau diizinkan, dst. Berbagai jenis dan merk GPS Tracker sudah banyak tersedi di pasaran bahkan banyak yang dilengkapi dengan Software dan Servernya sekaligus.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika melakukan pemasangan Pelacak GPS pada kendaraan; diantaranya pengamanan kendaraan, efisiensi bahan bakar karena rute yang direncanakan, mengendalikan perjalanan yang tidak dibutuhkan perusahaan, dll. Sangat disayangkan jika kendaraan yang dijalankan sebagai kendaraan dinas perusahaan atau kendaraan operasional tidak dikendalikan dengan Fleet Management dan Pelacak GPS; karena saat ini berbagai kemudahan sudah dihadapan kita.

Pengertian

Pelacakan dengan menggunakan GPS Tracker adalah pengawasan lokasi melalui penggunaan Global Positioning System (GPS) untuk melacak lokasi suatu entitas atau objek dari jarak jauh. Teknologi ini dapat menentukan garis bujur, garis lintang, kecepatan gerak, dan arah jalur target.

Perangkat Pelacak GPS dipasang di kendaraan, di aset, atau dipakai oleh seseorang. Perangkat kemudian memberikan informasi tentang lokasi persisnya dan pergerakan selanjutnya, memungkinkan pelacakan secara real-time. Manfaat ini dapat digunakan dalam Fleet Management untuk menemukan lokasi truk atau kendaraan pada rute terjadwalnya, melaporkan kondisi lalu lintas, dan memantau berapa lama setiap kendaraan menghabiskan waktu di lokasi kerja.

Pelacak GPS akan mengirim sinyal satelit khusus yang diproses oleh penerima. Penerima GPS ini melacak lokasi yang tepat dari perangkat GPS serta menghitung waktu dan kecepatan yang mereka tempuh. Posisi ini juga dapat dihitung dan direpresentasikan dalam tampilan visual.

gps tracker

Jenis GPS Tracker

1) Pelacak GPS Koneksi Plug-In & Play
Pelacak GPS yang plug-in & play secara fisik dihubungkan ke konektor khusus pada mobil. Di sinilah teknisi menghubungkan komputer mereka untuk mendapatkan data dari sensor mobil. Pelacak GPS juga dapat menerima daya dan data dari port. Pelacak plug-in kompak, mudah dipasang, dan dapat mendeteksi jika kendaraan dihidupkan atau dimatikan. GPS Tracker jenis ini memungkinkan untuk beralih antara status aktif dan istirahat. Tracker atau pelacak ini juga memungkinkan untuk mengirim pemberitahuan setiap kali kendaraan dihidupkan atau dimatikan. Model plug-in ini cocok juga untuk penggunaan individu maupun komersial.

2) Pelacak GPS Koneksi Kabel
Pelacak GPS Koneksi Kabel dihubungkan langsung ke sistem kelistrikan kendaraan. Alternatif jenis ini dapat dilakukan jika kendaraan tidak memiliki port OBD II; atau untuk mendapatkan penempatan yang lebih tersembunyi. Pelacak GPS jenis ini juga bisa disamarkan dalam penempatannya. Pelacak dapat ditempatkan di mana saja di bawah dasbor karena tidak terhubung ke port OBD. Namun, jika diimplementasikan dengan benar, dapat menandingi semua manfaat dari model plug-in. Dalam beberapa keadaan, pelacak jeis ini dapat memberikan lebih banyak kebebasan daripada jenis plug-in. Pelacak GPS jenis koneksi kabel biasanya digunakan oleh pemilik perusahaan untuk melacak truk kerja, armada mobil jumlah banya; namun demikian banyak juga digunakan dengan pilihan karena lebih fleksibel. 

3) Pelacak GPS Bertenaga Baterai
Pelacak GPS yang ditenagai oleh baterai bekerja secara independen dari sistem tenaga atau kelistrikan kendaraan. Pelacak ini akan ditenagai oleh baterai tahan lama bawaannya sendiri. Pelacak ini kemudian mengomunikasikan keberadaan mereka ke monitor, sama seperti alat Pelacak GPS lainnya. Dalam operasinya mungkin tidak sering check-in untuk menghemat masa pakai baterai. Unit yang dipasang di kendaraan biasanya melaporkan sekali setiap menit saat mobil berjalan dan setiap jam sekali saat tidak berjalan. Dalam kondisi bergerak, Pelacak GPS bertenaga baterai biasanya memeberikan laporan setiap 15 menit, dan setiap empat jam sekali saat istirahat.

Cara Penempatan

Banyak perusahaan dan pemilik kendaraan komersial dalam menjalankan Fleet Mangement (Manajemen Armada) mempertimbangkan untuk memasang pelacak GPS di tempat yang tidak dapat dilihat oleh pengemudi. Umumnya dapat menempatkannya di bawah dasbor mobil, dimana ditempat tersebut sinyal dapat tertangkap dengan mudah. Namun perlu diingat bahwa sinyal GPS mentransmisikan secara efisien melalui permukaan seperti plastik, kayu, kaca, fiberglass, dll., dan bukan melalui logam. Pastikan untuk menempatkan pelacak jauh dari perangkat elektronik apa pun yang ada di dalam mobil. 

Secara prinsip bahwa pelacak harus dapat menangkap sinyal satelit langsung. Beberapa lokasi terbaik adalah; di dalam fiber bumper belakang, di bawah roof, di bawah jok, atau dibawah kendaraan yang menggunakan magnet. Setelah melakukan penempatan secara fisik, maka kemudian dapat melacak lokasi kendaraan dengan menggunakan perangkat lunak cloud GPS di PC, Tablet, atau Smartphone.

Setiap perangkat pelacak GPS akan memiliki perangkat lunak dan proses pemasangan yang unik. Pastikan untuk mengikuti instruksi dari buku manual dengan hati-hati. Setelah Anda menginstal perangkat, Anda perlu memeriksa apakah perangkat pelacak berfungsi dengan benar dan mengirimkan data lokasi. Anda dapat menggunakan aplikasi seluler di ponsel cerdas Anda untuk melihat lokasi kendaraan Anda secara real-time kapan saja, di mana saja.

Aktvasi dan Kofigurasi

GPS Tracker diakrtivasi dengan menggunakan SIM Card yang telah memilki kuota Imternet; selanjutnya dinyalakan melakukan registrasi dan kemudian GPS Tracker sudah aktif dan dapat digunakan. Install software GPS Tracker pada Smartphone atau Laptop, dan GPS Tracker dihubungkan dengan menggunakan kode verifikasi. 

Software Pelacak GPS ada yang berbayar dan ada juga yang Opensource; namun harus diperhatikan beberapa faktor yang akan mempengaruhi pelacakan GPS oleh Satelit; antara lain :

Penentuan Posisi Satelit: Pelacak GPS berfungsi karena sinyal yang disediakan oleh satelit yang terletak di orbit bumi. Setiap kesalahan dalam pembacaan satelit atau tidak tersedianya persyaratan satelit minimum dapat menyebabkan kesalahan pembacaan GPS.
Pergeseran GPS: Penyimpangan GPS mengacu pada ketidakakuratan dalam pelacakan GPS yang disebabkan oleh pantulan dan bayangan objek.
Penghalang Sinyal: Pohon, bangunan, tubuh manusia, terowongan, dll. dapat menyebabkan penghalang sinyal GPS yang menyebabkan pelacakan tidak akurat atau tertunda.
Kualitas Perangkat Pelacakan GPS dan Aplikasi Pemantauan: Pelacakan GPS tergantung juga pada kualitas perangkat GPS Tracker untuk menerima sinyal dari satelit dan aplikasi yang terhubung yang dapat menyediakan visibilitas aset di peta.

 

Referensi :

  1. LocoNav; Everything you Need to Know About Installing a GPS in a Car
  2. Rewire Security; How To Properly Install A GPS Tracking Device
  3. Car Lock; HOW TO INSTALL A GPS TRACKER IN A CAR
  4. Expert Market; How To Install Car Tracker Equipment
  5. GPSKU; GPS Tracker Kendaraan Terpadu & Manajemen Armada realtime hanya di GPSKU

 


Baca Juga :

  1. Mengenal Carpet Extractor (Extraktor Karpet), Mesin Pembersih Karpet
  2. Jenis APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau Fire Extinguisher dan Fungsinya

 


 

Baca Juga

Pakaian Dinas Harian adalah seragam yang dipakai dan digunakan...

Cleaning Service Outdoor PT. Krakatau Jasa Industri dilengkapi...

Cleaning  Service adalah profesi jasa yang merencanakan,...

Spesifikasi Pipa Baja untuk Konstruksi Umum ditetapkan dalam...