Artikel

Pentingnya Kapasitor Bank di Industri

kapasitor bank

Kapasitor bank atau Power Bank adalah peralatan listrik yang mempunyai sifat kapasitif yang akan berfungsi sebagai penyeimbang sifat induktif. Sesuai dengan namanya, bank kapasitor merupakan pengelompokan beberapa kapasitor dengan peringkat yang sama...//

  //... kapasitor bank dapat dihubungkan secara seri atau paralel, tergantung pada peringkat yang diinginkan.

Daftar isi :

Definisi Kapasitor Bank

Seperti halnya kapasitor single, kapasitor bank digunakan untuk menyimpan energi listrik dan mengkondisikan aliran energi listrik tersebut. Peningkatan jumlah kapasitor pada kapasitor bank akan dapat meningkatkan kapasitas energi yang dapat disimpan pada satu perangkat.

Kapasitor bank adalah kumpulan fisik dari beberapa kapasitor yang memiliki spesifikasi umum yang dihubungkan secara seri atau paralel satu sama lain untuk membentuk sebuah kapasitor bank yang menyimpan energi listrik. Bank kapasitor yang terbentuk kemudian digunakan untuk memperbaiki kelambatan faktor daya atau pergeseran fasa dalam catu daya AC (arus bolak balik).

Koreksi Faktor Daya

Dalam trafo dan motor listrik, kapasitor bank digunakan untuk mengoreksi kelambatan faktor daya (cos phi) atau pergeseran fasa pada catu daya arus bolak-balik (AC). Faktor daya sistem daya AC adalah perbandingan daya yang digunakan oleh beban, yang disebut "daya nyata", dibagi dengan daya yang disuplai ke beban, yang dikenal sebagai "daya semu". Dengan kata lain, faktor daya adalah rasio daya yang dilakukan oleh suatu rangkaian dibandingkan dengan daya maksimum yang dapat dilakukan pada tegangan dan arus listrik yang disuplai.

Kapasitas kapasitor dari ukuran 5 KVar sampai 60 Kvar. Dari tegangan kerja 230 V sampai 525 Volt atau kapasitor bank adalah sekumpulan beberapa kapasitor yang disambung secara parallel untuk mendapatkan kapasitas kapasitif tertentu. Besaran yang sering dipakai adalah KVar (Kilo volt ampere reaktif) meskipun didalamnya terkandung / tercantum besaran kapasitansi yaitu Farad atau microfarad. Kapasitor ini mempunyai sifat listrik yang kapasitif (leading). Sehingga mempunyai sifat mengurangi /menghilangkan terhadap sifat induktif (leaging).

Fungsi Kapasitor Bank

Fungsi dari sebuah kapasitor bank dalam instalasi listrik arus kuat adalah untuk memperbaiki faktor daya atau cos phi; khususnya pada instalasi listrik arus AC dengan kapasitas daya besar seperti pada penggunaan di industri akan memilki pengaruh yang signifikan. Selain itu kapasitor bank memilki fungsi untuk meningkatkan kualitas penyediaan energi listrik; antara lain adalah :

  1. Supply daya reaktif untuk memaksimalkan penggunaan daya komplek (KVA)
  2. Menurunkan frekuensi terjadi penurunan tegangan listrik
  3. Menghindari terjadinya kelebihan beban pada transformator; dimana kapasitor berfungsi juga sebagai tambahan daya
  4. Mencegah kenaikan temperatur pada kabel
  5. Penghemat daya / efisiensi yaitu dengan menurunkan kVA total karena pemakaian kVA lebih mendekati kW yang terpakai
  6. Menurunkan terjadinya rugi – rugi jaringan listrik

Di industri industri, kapasitor bank digunakan untuk efisiensi dan penghematan energi listrik; hal ini dikaitkan dengan keberadaan beban motor listrik yang besar; dimana di industri umumnya terpasang sejumlah banyak motor listrik, sehingga dapat menurunkan pengeluaran biaya untuk energi listrik. Perbaikan faktor daya atau cos phi; yang semula lebih rendah dari 0.85 maka akan dapat memperbaiki daya reaktif yang ditimbulkan akibat sejumlah beban motor listrik di industri tersebut; dan jika tidak dipasang kapasitor bank akan menimbulkan biaya tambahan daya reaktif berdasarkan pengukuran oleh kVARh-meter.

Maka dengan demikian; meskipun harga kapasitor bank untuk industri cukup mahal; namun pemsangannya menjadi faktor penting untuk penghematan/ efisiensi dengan memperbaiki faktor daya dan secara langsung memperbaiki juga kualitas penyediaan listrik.

Instalasi Kapasitor Bank

Dalam prakteknya, instalasi kapasitor bank dapat dikelompokkan ke dalam salah satu dari tiga jenis; yaitu : menyatu secara internal, menyatu secara eksternal atau dipasang tanpa sekering. Untuk kapasitor yang menyatu secara internal, instalasi dapat berisi kapsitor bank yang dibangun dari sekelompok seri elemen kapasitor paralel, masing-masing elemen menyatu secara individual di dalam kontainer. Sedangkan, kapasitor bank eksternal terdiri dari sekelompok kapasitor paralel yang dirancang untuk dioperasikan dengan sekring eksternal umum.

Instalasi kapasitor bank dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu :

1) Global Compensation

Capasitor Bank dipasang pada Panel Utama atau MDP (Main Distribution Panel), Penurunan Arus listrik dengan cara ini terjadi pada penghantar antara Panel utama (MDP) dan Sumber listrik (Trafo atau Generator).

2) Sectoral Compensation

Pemasangan Capasitor bank yang terdiri dari beberapa panel kapasitor dipasang pada panel sektor atau Sub Panel. Pemasangan Capasitor dengan cara ini biasanya digunakan pada industri yang memiliki beban besar yang mencapai ribuan KVA, dan pemasangan MDP dengan Sub Panel memiliki jarak yang cukup jauh.

3) Individual Compensation

Pemasangan Capasitor Bank dengan cara ini dipasang langsung pada setiap beban terpasang, terutama pada Peralatan listrik dengan beban besar.

Jenis Kapasitor Bank

Kapasitor bank diklasifikasikan sebagai:

1) Fuse Eksternal
Untuk jenis koneksi ini, setiap unit sekring dihubungkan secara eksternal ke kapasitor bank. Metoda ini membantu menyelamatkan kapasitor bank dari kesalahan seperti lonjakan tegangan, suhu, dll. dan tanpa ada gangguan dalam pengoperasian.

2) Fuse Internal
Pada tipe ini, sekring disimpan di dalam casing kapasitor bank. Karena perlindungan tidak dapat diberikan tanpa gangguan, hal tersebut digunakan untuk kapasitor bank peringkat rendah. Kerugian dari pengaturan seperti itu adalah, dalam kasus ada kesalahan apa pun, seluruh unit harus diganti.

3) Fuse Less
Unit ini tidak memiliki sekring yang ditempatkan bersama kapasitor bank. Unit ini digunakan untuk peringkat dan spesifikasi rendah di mana unit dapat diganti dengan mudah.

 


Baca Juga :

  1. Mengenal Pabrik Baja Lembaran Panas - Hot Strip Mill
  2. Cara dan Teknik Membersihkan Kaca, Cleaning Service

Baca Juga

PT. Krakatau Jasa Industri dengan pengalamannya yang cukup lama;...

Didalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara RI No 24 Tahun 2006...

  Krakataujasaindustri•••Hai Sobat KJI,Cuaca panas yang melanda...

KrakatauJasaImdustri••• Hi Sobat KJI,