Artikel

Pentingnya Kemampuan Cleaning Service dalam Menggunakan Peralatan Makinal

peralatan makinal

Tenaga Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri telah dilatih dan berpengalaman dalam mengoperasikan serta menggunakan peralatan makinal pembersihan; karena pembersihan dengan menggunakan peralatan makinal dianggap lebih cepat, efektif dan efisien.

Daftar Isi :

Pengantar

Tenaga Cleaning Service dituntut untuk dapat memiliki kompetensi atau kemampuan dalam mengoperasikan dan pemeliharaan ringan peralatan makinal. Peralatan makinal adalah peralatan yang digunakan untuk pembersihan dengan bantuan tenaga mesin yang memanfaatkan energi listrik/ sumber energi lain.

Beberapa diantaranya adalah melaksanakan pekerjaan berupa mengoperasikan peralatan makinal berupa mesin polisher, vacuum cleaner, automatic scrubber maupun peralatan pembersihan lainnya yang menggunakan penggerak dengan tenaga listrik.

Tenaga Cleaning Service harus dapat menguasai dan memahami bahwa peralatan makinal dijalankan berdasarkan fungsi dan kegunaannya sesuai buku panduan dan prosedur. Selanjutnya harus dapat memahami bahwa Aksesoris pada mesin makinal digunakan dengan benar sesuai kegunaannya. Kemudian memahami dan memilki kemampuan bahwa seluruh komponen dan perlengkapan pada peralatan makinal dibersihkan sesuai dengan buku panduan.

Kemampuan Cleaning Service dalam pelaksanaan pembersihan dengan menggunakan peralatan makinal begitu penting karena pada kondisi tertentu (sibuk dan lalu lintas yang padat); dituntut untuk dapat membersihkan dengan cepat, efektif dan efisien.

Peralatan Makinal Ceaning Service

Beberapa ;peralatan makinal yang cukup umum dan mendasar untuk dapat dikuasai oleh Cleaning Service; antara lain adalah :

1) Mesin Polisher
Mesin polisher atau pemoles lantai adalah mesin pembersih lantai serbaguna yang dioperasikan dengan menggunakan sikat atau bantalan yang berputar untuk menggosok, memoles, atau menggosok lantai untuk mempertahankan penampilannya. Mesin polisher lantai adalah alat yang didesain untuk pekerjaan menyikat, menggosok dan memoles lantai seperti keramik, marmer, granit, teraso dan lainnya. Baik langsung bersentuhan dengan permukaan lantai, ataupun lantai yang dilapisi karpet atau vinyl.

Penggunaan mesin polisher lantai cukup efektif dan akan membuat perbedaan besar ketika membersihkan, melindungi dan memperpanjang usia berbagai jenis lantai yang membutuhkan perawatan yang tepat. Mesin ini memungkinkan untuk merawat lantai dengan cukup baik bahkan di tempat-tempat yang cukup padat dengan banyak lalu lintas orang. Ada berbagai attachment (alat ekstension) alternatif untuk permukaan lantai yang berbeda, sehingga mesin polisher lantau dianggap cukup serbaguna. 

2) Vacuum Cleaner
Vacuum Cleaner atau penyedot debu adalah alat yang menghilangkan dan membersihkan berbagai permukaan dengan cara menghisap dan menghilangkan debu dan partikel kecil, dan digerakkan dengan tenaga listrik. Partikel dan material debu yang dihisap atau dibersihkan disimpan ke dalam kantong debu atau siklon di dalam pembersih.

Vacuum Cleaner sebagian besar digunakan untuk menghilangkan kotoran dan debu dari pelapis, karpet, furnitur beludru dan lantai yang terbuat dari kayu keras dan banyak jenis lantai, termasuk lantai berlapis. Mereka juga digunakan untuk membersihkan mobil dan tangga. Berdasarkan kegunaannya, Vacuum cleaner dibuat menjadi berbagai jenis.

3) Mesin Automatic Scrubber
Mesin Automatic Scrubber atau pengering scrubber, atau scrubber lantai, pada dasarnya bekerja dengan menggunakan satu atau lebih sikat berputar yang bekerja pada permukaan lantai dan mereplikasi aksi sikat penggosok. Tindakan pembersihan semakin efektif dengan memasukkan larutan pembersih untuk menghilangkan kotoran dari lantai. Residu yang dihasilkan kemudian dikumpulkan oleh sistem penyapu dan/atau vakum agar lantai tetap bersih dan kering.

Kata "automatic scruber" digunakan untuk menggambarkan apa yang disebut sebagai penggosok lantai otomatis atau penggosok otomatis. Istilah scrubber adalah istilah yang lebih umum digunakan saat ini dan dalam fungsinya yang paling mendasar, automatic scruber seperti pengganti pel dan ember.

4) Carpet Extractor
Carpet Extractor menggunakan perangkat seperti tongkat untuk mengarahkan larutan pembersih ke dasar karpet di lantai. Dengan menargetkan bagian bawah karpet, maka dapat lebih efektif membersihkab endapan kotoran dan kotoran yang tidak akan tersentuh oleh mesin cuci atau vakum cleaner biasa.

Ekstraktor kemudian menghilangkan campuran larutan pembersih, kotoran, dan air ini dengan penyedot ruang hampa, memungkinkan permukaan karpet cepat mengering secara signifikan setelah sebagian besar prosedur pembersihan bagian dalam dilakukan

5) Leaf Blower
Leaf Blower adalah peralatan pertamanan untuk pembersihan yang memiliki kemampuan mendorong udara keluar dari nosel, dengan maksud dan tujuan untuk menjaga kebersihan taman dari daun kering atau kotoran. Beberapa model dilengkapi dengan fungsi hembusan dan vakum dan juga dikenal sebagai vakum taman atau vakum daun. 

Blower akan dengan cepat dan mudah menerbangkan semua daun dari halaman rumput dan juga bagus untuk membersihkan area lalu lintas tinggi seperti jalan setapak dan taman. Membersihkan daun penting karena dapat menghalangi cahaya dan membawa penyakit, yang memengaruhi kesehatan rumput.

Unit Kompetensi SKKNI Cleaning Service; Menggunakan Peralatan Makinal

Kode Unit : N.812100.005.01
Judul Unit : Menggunakan Peralatan Makinal
Deskripsi : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja untuk
menggunakan peralatan makinal.

1. Memeriksa peralatan dan perlengkapan
1.1 Peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan, diperiksa kelayakannya sesuai peraturan.
1.2 Buku panduan manual dibaca dengan teliti.
1.3 Setiap kerusakan dilaporkan kepada atasanya.

2. Mengoperasikan peralatan makinal
2.1 Peralatan makinal disambungkan ke aliran listrik dengan hati-hati.
2.2 Baterai disediakan untuk peralatan makinal yang tidak menggunakan sambungan listrik langsung.
2.3 Peralatan makinal dijalankan berdasarkan fungsi dan kegunaannya sesuai buku panduan dan prosedur.
2.4 Aksesoris mesin digunakan dengan benar sesuai kegunaannya.

3. Merawat peralatan makinal
3.1 Seluruh komponen dan perlengkapan pada peralatan makinal dibersihkan sesuai dengan buku panduan.
3.2 Peralatan dan perlengkapan disimpan ke dalam gudang dalam kondisi siap pakai.
3.3 Penggunaan peralatan dicatat kedalam buku catatan sesuai peraturan.

 

Referensi :

SKKNI Cleaning Service.

 


Baca Juga :

  1. Manajemen Pemeliharaan dan Perawatan Sipil, Bangunan dan Gedung
  2. Baut dan Mur Hexagonal; Jenis, Kegunaan dan Standarisasi

 


 

Baca Juga

Kabel daya adalah kabel listrik, satu atau rakitan sekian banyak...

Krakataujasaindustri‚ÄĘ‚ÄĘ‚ÄĘHai Sobat KJI,Curah hujan yang tinggi...

Seragam Satpam Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL SATU) adalah...

Setiap kendaraan (mobil) dalam penggunaannya memilki resiko...