Artikel

Pentingnya Membersihkan Kaca Depan Mobil, Tips dan Caranya

kaca depan mobil

Sopir (Driver) PT. Krakatau Jasa Industri telah mengetahui dan memahami dengan baik cara membersihkan kaca depan mobil; karena kebersihan kaca depan mobil dapat .../

/... mempengaruhi konsentrasi dan pandangan dalam mengemudi kendaraan.

Daftar Isi :

Pengantar

Kaca depan mobil memiliki fungsi sebagai penahan angin dan dalam menjalankan fungsinya kaca depan mobil tidak hanya mendapat terpaan angin, namun juga berbagai jenis kotoran dan benda yang terbawa angin; misalnya debu, pasir, kotoran dari jalan yang beterbanga, serangga, dll. Jika cuaca dalam kondisi hujan mungkin saja kaca depan mobil mendapat cipratan lumpur.

Mnnjaga dan merawat kaca depan mobil tetap bersih dan terawat penting tidak hanya untuk tujuan estetika, tetapi juga untuk keselamatan dalam berkendara. Kaca depan yang bersih adalah komponen penting dalam berkendara yang aman, karena memungkinkan pengemudi melihat jalan di depan dengan jelas. Untuk memberihkan kaca depan mobil kelihatannya mudah tetapi jika dalam proses pembersihan kurang tepat dan tidak mengetahui caranya dapat meninggalkan bekas atau goresan yang bersifat permanen.

Pentingnya Membersihkan Kaca Mobil

Seperti telah diketahui bahwa menjaga kaca depan mobil tetap bersih dan jernih tidak hanya pertimbangan estetika, tetapi juga sangat penting bagi keselamatan berkendara, dan keselamatan semua orang di sekitarnya. Membersihkan kaca depan mobil dapat diartikan sebagai langkah awal untuk menuju pada perilaku safety driving. Kaca depan mobil memiliki peranan penting karena fungsi sebenarnya adalah penghalang angin. Namun jika kotor atau terdapat goresan dapat mengganggu konsentrasi dan pandangan saat mengemudikan kendaraan; terutama mengemudi di malam hari. Kotoran atau goresan dapat membiaskan atau memantulkab sinar lampu yang dapat membuat silau pengemudi.

Membersihkan kaca depan tidak selalu membutuhkan effort tinggi atau pengetahuan yang khusus, setelah perjalanan atau berkendara dengan jarak jauh maka kaca depan layak untuk mendapatkan perhatian pembersihan yang serius agar bersih dan tidak megganggu pandangan saat mengemudi. Prosesnya mudah tetapi memiliki banyak manfaat. 

 

mobil hyundai

Tips dan Cara Membersihkan Kaca Mobil

1) Bersihkan Kaca Depan di Tempat Teduh
Membersihkan kaca depan di bawah sinar matahari langsung dapat menyebabkan larutan pembersih mengering terlalu cepat, meninggalkan goresan dan noda. Kondisi yang terbaik adalah memarkirkan mobil di tempat teduh atau membersihkan kaca depan pada pagi hari atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik.

2) Gunakan Vaccum Cleaner
Sebelum memulai membersihkan kaca depan, singkirkan kotoran dan kotoran yang tidak menempel pada kaca dari permukaannya. Gunakan vacuum cleaner atau sikat berbulu halus atau handuk berserat mikro untuk menyapu daun, ranting, debu atau kotoran lain yang mungkin menumpuk di kaca depan dengan lembut.

3) Bersihkan atau Ganti Wiper Kaca
Copot dan bersihkan wiper kaca, ika wiper kaca depan tidak dapat dibersihkan dengan baik mungkin sudah waktunya untuk menggantinya. Wiper kaca depan mendapatkan beban yang berat sepanjang musim penghujan. Wiper berfungsi membantu membersihkan kaca depan dari air hujan, dan percikan serangga, dll. yang tak terhindarkan saat berkendara. Maka dengan demikian perlu untuk memeriksanya dan memastikan bersih atau diganti ketika dirasa sudah tidak efektif lagi. Merawat kaca depan harus mencakup penggantian wiper setiap enam bulan hingga satu tahun, tergantung penggunaan dan cuaca yang dihadapi. Wiper kaca depan yang sudah usang tidak hanya meninggalkan bekas saat membersihkan air hujan, tetapi juga berpotensi menggores kaca.

4) Basahi Kaca Depan
Selanjutnya, basahi kaca depan dengan larutan pembersih yang baik dan peruntukkannya. Gunakan botol semprot untuk mengoleskan larutan secara merata di atas permukaan kaca. Pastikan untuk menutupi seluruh kaca depan, termasuk tepi dan sudutnya. Jangan menyemprot terlalu banyak karena akan menetes kebawah dan sulit untuk dibersihkan.

5) Bersihkan dg Lap Microfiber
Seka larutan pembersih dengan lap. Untuk menghindari meninggalkan goresan pada kaca depan maka gunakan lap mikrofiber untuk menyeka larutan pembersih. Lap jenis mikrofiber efektif dalam menghilangkan kotoran tanpa meninggalkan serat atau goresan. Mulailah dari bagian atas kaca depan dan turunkan ke bawah, gunakan gerakan memutar untuk menghilangkan larutan pembersih. Pastikan untuk melipat lap sesering mungkin untuk menghindari penyebaran kotoran di sekitar kaca depan.

6) Keringkan Kaca Depan
Setelah membersihkan kaca depan, gunakan lap microfiber yang bersih dan kering untuk mengeringkan permukaannya. Mengeringkan kaca depan akan membantu mencegah terbentuknya bintik-bintik air dan goresan.

7) Lanjutkan Kaca Bagian Dalam
Untuk bagian dalam kaca depan, langkah-langkahnya identik. Mungkin lebih sulit menjangkau area tertentu, jadi bersihkan bagian dalam dengan beberapa tahap jika diperlukan. Sikat kaca yang kecil sangat bagus untuk membantu membersihkan sudut-sudut bagian dalam kaca depan yang sulit dijangkau.

 

Referensi :

  1. Invisible Glass; How to Deep Clean Your Windshield
  2. Bigs-mobile; Best Way To Clean Car Windshield Like An Expert
  3. Info Glass; Best Way To Clean & Maintain Windshields
  4. O'Brien; How to clean a car windscreen like an expert
  5. Auto Zone; Tips for Cleaning Your Windshield Glass

 


Baca Juga :

  1. Sistem Tanggap Darurat (Emergency Response) di Industri
  2. Mengenal Pabrik Baja Lembaran Panas - Hot Strip Mill

Baca Juga

Bantalan adalah elemen mesin yang menumpu poros yang mempunyai...

Scaffolding atau Perancah adalah bangunan pelataran kerja...

Krakataujasaindustri•••Hai Sobat KJI, Satuan Pengamanan (Satpam)...

PT. Krakatau Jasa Industri telah melengkapi diri dengan peralatan...