Artikel

Pentingnya Membersihkan Lobi dan Lounge di Kantor dan Perusahaan

lobi dan lounge

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri melayani jasa pembersihan kantor dan perusahaan secara profesional, kebersihan lobi dan lounge merupakan area penting untuk mendapatkan pembersihan yang baik dan rutin.

Lobi dan lounge di perusahaan adalah kesan pertama bisnis sebuah perusahaan bagi pelanggan dan klien. Perusahaan menginginkan bahwa setiap orang yang berjalan melewati pintu masuk tersenyum yang menyenangkan dan masuk kedalam lobi dan lounge mendapatkan lingkungan yang bersih, nyaman dan ramah. 

Daftar Isi :

Pengantar

Bahwa lobi begitu padat dengan lalu lintas pejalan kaki, sering kali ini menjadi tempat yang paling menantang di sebuah gedung untuk dipertahankan kebersihan dan keraihannya. Demikian juga dengan lounge atau temapt tunggu bagi tamu, pelanggan atau klien harus memberika kesan rapih, bersih dan terpelihara dengan baik.

Begitu pentingnya membuat area lobi dan dan lounge (ruang tunggu) menjadi suatu tempat sambutan yang terasa berkesan bagi klien, dengan tetap mewakili profesionalisme bidang bisnisnya. Ketika pelanggan menikmati dan menghabiskan waktu di lobi dan louge, mereka cenderung akan memilki kepercayaan dengan kesan pertama yang baik.

Mempertahankan lobi yang rapih, bersih dan menyenangkan ditempati akan membutuhkan banyak waktu dan upaya, namun demikian pertimbangkan alasan-alasan bahwa sebaiknya menggunakan jasa yang profesional sebagai gantinya.

Lobi yang terpelihara dengan baik menandakan bahwa bisnis perusahaan memiliki standar kualitas yang tinggi. Saat klien masuk ke gedung dengan lantai berkilau, furnitur yang terlihat baru, dan aroma menyegarkan di udara, mereka cenderung percaya bahwa perusahaan akan merawat mereka sebaik merawat tempatnya sendiri. 

Tips Memelihara Kebersihan Lobi dan Lounge

1) Selalu Bersihkan Area Resepsionis
Area resepsionis adalah tempat yang sibuk. Pekerjaan satu hari dapat membuatnya kotor dan berantakan jika selalu dibersihkan dan ditata kerapihannya. Konsentrasikab Cleaning Service untuk selalu merapikan area resepsionis setiap kali ada kesempatan. Saat lalu lintas melambat, maka Cleaning Service segera melakukan tugas perawatan sederhana, seperti mengatur ulang dokumen atau mengelap meja.
Ruang kerja yang rapi meningkatkan fokus dan produktivitas serta meningkatkan pengalaman pelanggan. Saat pengunjung memasuki gedung dan mendekati bagian penerima tamu, mereka akan melihat betapa bersih dan terawatnya area tersebut, meningkatkan kemungkinan mereka akan kembali untuk bisnis di masa mendatang.

2) Selalu Proaktif Membersihkan dan Merapihkan
Menjaga lobi dan lounge tetap bersih membutuhkan waktu dan usaha; maka Cleanig Service harus selalu membersihkan area tertentu seperti jendela dan furnitur hampir setiap hari. Perusahaan harus berinvestasi dalam sistem tata udara dan alas lantai yang baik dan tahan lama. Setiap orang harus proaktif berkaitan dengan kebersihan lobi dan lounge; jangan membiarkan kotoran atau barang yang tidak ada fungsinya menumpuk dan menjadi terlalu terlihat. Perusahaan harus menerapkan jadwal pembersihan yang sering untuk memastikan lobi tetap dalam kondisi bersih. Cleanin Serrvice harus memiliki mentalitas betapa pentingnya kebersihan lobi dan lounge.

3) Selalu Rawat Furnitur Secara Khusus
Furnitur lobi dan lounge akan kotor, kena debu, kena keringat, minyak, dan partikel makanan; dll. Dengan mengingat hal itu, maka harus berhati-hati dengan pengaturan tempat duduk lobi dan selalu membersihkannya setiap hari. Gunakan valum cleaner untuk semua kotoran dengan pembersih jok dan bersihkan permukaannya dengan tisu desinfektan. Setiap tamu ingin merasa bersih dan nyaman duduk di lobi atu lounge perusahaan. Dengan pembersihan yang sering dan perawatan yang tepat, furnitur dapat memiliki kualitas kebersihan yang memadai sepanjang tahun.

4) Selalu Bersihkan Debu
Membersihkan debu harus menjadi bagian tak terpisahkan dari prosedur pembersihan harian, terutama di area dengan lalu lintas tinggi seperti di area respsionis. Di waktu-waktu yang sepi, bersihkan area berikut dari debu : Meja resepsionis; Jendela/kusen jendela; Pegangan pintu; Perlengkapan lampu; Tanaman; Ventilasi; dll. Untuk kebersihan lantai maka harus menyedot lantai setidaknya setiap hari sekali, apa pun bahannya. Ubin, kayu keras, dan karpet semuanya dapat mengumpulkan debu dengan sangat cepat, meskipun kotoran tidak terlihat.

5) Tambahkan Aroma kedalam Ruangan
Meskipun daya tarik visual adalah faktor terpenting, namun tidak boleh mengabaikan indra lainnya. Bau juga berperan dalam membangun ruang tunggu yang bersih dan profesional. Jika benar-benar ingin membuat lobi harum, belilah penyebar aroma atau perangkat difusi udara lainnya. 
Dalam skala yang lebih kecil, letakkan lilin beraroma di meja resepsionis atau pasang pengharum ruangan di berbagai tempat di sekitar ruangan. Jika lobi memiliki kamar mandi, simpan juga sebotol semprotan penyegar udara di sana. Upaya yang tampaknya tidak signifikan ini menunjukkan kepada pelanggan bahwa perusahaan memperhatikan detail terkecil dalam urusan bisnis.

6) Selalu Bersihkan Sistem Tata Udara Secara Rutin
Kualitas udara adalah bagian yang sering diabaikan dari atmosfer lobi dan sistem tata udara banyak hubungannya dengan hal itu. Sistem tata udara yang tidak terawat mengedarkan polutan dan bahan kimia berbahaya ke seluruh gedung, menciptakan bau apak dan perasaan mencekik yang tidak disukai pelanggan. Jadikan lobi lebih ramah dengan membersihkan sistem tata udara secara teratur dan menjaga aliran udara tetap segar. Ganti filter setidaknya sekali setiap bulannya dan lakukan pemeriksaan rutin pada sistem.

resepsionis

Panduan Memelihara Kebersihan Lobi

  1. Sebelum pekerjaan dimulai, siapkan peralatan kerja selengkapnya yaitu: Mesin poles, buffing pad, ember, stick mop,lobby duster, majun, wiper glass (squeegee), tangga.
  2. Vacuum lantai lobby dengan teliti, agar bebas debu dan kotoran
  3. Pel lantai dengan air bersih, agar kotoran yang melekat dapat terangkat.
  4. Kosongkan dan bersihkan semua tempat sampah / asbak yang berada dilobby area dengan lap basah kemudian dikeringkan. 
  5. Gunakan mesin poles kecepatan tinggi dengan buffing pad untuk mengkilapkan lantai. 
  6. Basuh dinding dengan lap basah, kemudian keringkan dengan menggunakan lap bersih. 
  7. Pembersihan rutin terhadap dinding, lantai lif secara menerus dan hindari lantai lif dari tumpahan air dan lain sebagainya, agar orang tidak terpeleset/licin.
  8. Bersihkan dinding kaca lobby bagian luar dan dalam dengan menggunakanwiper glass.
  9. Bersihkan telepon umum dengan menggunakan fresh phone.
  10. Bersihkan counter resepsionist.
  11. Berikan makanan ikan hias secara teratur (jika ada).
  12. Bersihkan taman dari pencemaran kotoran dan sampah. 
  13. Bersihkan keset nomad entrance lobby dengan vacuum cleaner.
  14. Apabila ada hujan, pembersihan lebih ditingkatkan untuk menjaga lantai lobby tetap kering dan mengkilap terutama lobby entrance, anak tangga dan keset nomad.
  15. Bersihkan selalu lantai lobby dengan lobby duster.

 

Referensi :

  1. Horizon cleaner & Repair; The Importance of Clean Lobby
  2. Hoteliga; Use These 7 Tricks to Keep Your Lobby Spotless
  3. Permen PU No 24/PRT/M/2008; Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung

 


Baca Juga :

  1. Pentingnya Sikap dan Perilaku Sopir atau Pengemudi (Driver) saat Mengendarai Mobil
  2. Pengiriman Mobil Honda CRV Prestige ke PT. Krakatau Sarana Properti

 


 

Baca Juga

Industri dan perusahaan membutuhkan sejumlah air bersih untuk...

Salah satu tugas dari praktisi keamanan (dalam hal ini Satuan...

Seragam Satpam Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL SUS) adalah...

PT. Krakatau Jasa Industri dengan pengalamannya yang cukup lama;...