Artikel

Peran Cleaning Service dalam Sanitasi Lingkungan

cleaning service dan sanitasi

Sanitasi didefinisikan sebagai usaha pencegahan penyakit dengan cara menghilangkan atau mengatur  faktor-faktor lingkungan  yang berkaitan dalam rantai perpindahan penyakit tersebut.

Daftar Isi :

Pengantar

Tugas dan fungsi Cleaning Service adalah merencanakan, mengkoordinasikan, melaksanakan sistem  kebersihan untuk menjadikan sebuah tempat menjadi bersih sesuai keinginan pengguna jasa.  Sanitasi Lingkungan adalah sebuah konsep yang didasari oleh pembersihan dan kebersihan dengan tujuan untuk kesehatan bagi manusia disekitarnya. Sehinggga Cleaning Service perlu memahami tentang Sanitasi Lingkungan agar memilki peran yang dominan dan kontribusi yang signifikan terhadap lingkungannya.

Konsep Sanitasi

Sanitasi merupakan salah satu upaya manusia untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat  dengan  cara  melakukan  upaya  pembersihan,  pemeliharaan  dan  perbaikan  terhadap kondisi  lingkungan  yang  bermasalah  akibat  tumpukan  kotoran,  sampah  dan  genangan  air limbah  yang  dapat  dijadikan  media  tumbuh  kembangnya  serangga  dan  binatang  pengerat sebagai  perantara  penular  penyakit  dan  terjadinya  celaka. 

Penanganan sanitasi merupakan usaha yang dilakukan untuk mengurangi jumlah mikroba dengan memperhatikan kebersihan tempat kerja dan peralatan kerja yang digunakan. Dengan kegiatan sanitasi di industri dimaksudkan untuk menjaga kondisi kesehatan pekerja dan produksi agar tidak kontak atau  terhindar dari paparan mikroba.

Kegiatan Sanitasi

1) Pengendalian Pencemaran

Salah satu aktifitas penting dalam sanitasi adalah pengendalian pencemaran. Pengendalian  pencemaran  mencangkup  pembuangan  sampah  dan menjauhi  pencemar.  Pembersihan  dilakukan  dengan  peralatan  atau  sarana untuk  menghindari  mikroba.  Didalam sebuah ndustri tindakan  sanitasi tidak dapat dilakukan secara terpisah sebhagian sebahagian  namun  harus sekaligus pada semua  jalur dan mata rantai operasi industri dari sejak pengadaan bahan mentah sampai  produk akhir dipasarkan.

2) Pembersihan
Kebersihan  adalah  keadaan  bebas  dari  kotoran,  termasuk  di  antaranya,  debu, sampah,  dan  bau.  Di  zaman  modern, setelah Louis Pasteur  menemukan  proses penularan  penyakit  atau  infeksi  disebabkan  oleh  mikroba,  kebersihan  juga  bererti bebas dari virus, bakteria patogen, dan bahan kimia berbahaya. Kebersihan  adalah  salah  satu  tanda  dari  keadaan  hygene  yang  baik.  Manusia perlu  menjaga  kebersihan  lingkungan  dan  kebersihan  diri  agar  sehat,  tidak  berbau, tidak  malu,  tidak  menyebarkan  kotoran,  atau  menularkan  kuman  penyakit  bagi  dir sendiri  maaupun  orang  lain. 

3) Pengelolaan Sampah
Pengelolaan Sampah merupakan hal sangat penting dalam upaya mewujudkan Sanitasi Lingkungan. Untuk menjaga kebersihan lingkungan ada banyak macam cara untuk dilakukan; misalnya  dengan  membuang  sampah  pada  tempatnya,  selalu  membersihkan  selokan air,  memisahkan  sampah  kering  dan  sampah  basah,  rajin  menyapu  halaman  rumah, mendaur ulang barang yang tidak terpakai dan masih banyak lagi.

Peran Cleaning Service dalam Sanitasi

Peran cleaning service hampir selalu ada dalam setiap perusahaan, instansi, atau industri. Tugas cleaning service yang utama adalah menjaga kebersihan sarana dan prasarana yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

1) Briefing tentang Sanitasi
Sebelum memulai pekerjaan petugas Cleaning Service umumnya akan diberi briefing perihal aktifitas rutin dan non rutin yang akan dilakukan pada hari itu. Penyelia dan Petugas Cleaning Service yang cakap dan terampil akan memahami tentang konsep dasar sanitasi; kemudian melaksanakan aktifitasnya dengan seksama dengan mempertimbangkan tugas utamanya dikaitkan dan dilandasi konsep tersebut. 

2) Koordinasi dg Pengguna Jasa
Paling tidak melakukan koordinasi dengan user perihal sanitasi lingkungan kerja; apa yang menjadi tanggung jawabnya; dll.; misalnya cara membuang sampah; cara membuang limbah; dll. Sehingga hal paling penting adalah membekali Penyelia dan Petugas Cleaning Service perihal konsep Sanitasi Lingkungan dan menegaskan tugas utamanya dikaitkan dengan konsep Sanitasi Lingkungan.

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri telah mendapatkan pembekalan dan memahami perihal konsep sanitasi lingkungan dan pentingnya upaya tersebut untuk menjaga kesehatan semua orang yang berinteraksi dengan lingkungan tersebut.

 


Baca Juga :

  1. PT Krakatau Steel, Pabrik Baja Terintegrasi di Indonesia
  2. Mengenal Fungsi Kopling di Industri

Baca Juga

PT. Krakatau Jasa Industri menyediakan layanan jasa rental mobil...

Di perusahaan atau industri bencana kebakaran dapat terjadi kapan...

Definisi paling dasar dari gearbox adalah bahwa itu adalah...

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri telah memahami,...