Artikel

Prechecking (Pemeriksaan Awal) Kendaraan Mobil Rental

checking kendaraan rental

Dalam upayanya meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan rental mobil, PT. Krakatau Jasa Industri selalu melakukan Prechecking (Pemeriksaan Awal) sebelum diserahkan ke pelanggan.

Daftar isi :

Pengantar

Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan; maka proses pelaksanaan Prechecking (Pemeriksaan Awal) dilakukan bersama dengan pelanggan atau perwakilannya yang ditunjuk oleh pelanggan. hal hal yang menjadi komplain atau permintaa pelanggan pada saat itu; segera dilakukan perbaikan atau pemenuhan atas permintaan pelanggan tersebut.

Permintaa atau kebutuhan yang sifatnya membutuhkan waktu untuk perbaikannya; selanjutnya dibahas berasama atas solusinya; apakah menunggu perbaikan atau kendaraan digunakan terlebih dahulu. Sedagkan hal hal yang menyangkut safety driving; segera ditindak lanjut karena megandung resiko tinggi atas keselamatan.

Prechecking Kendaraan Rental

Pertama-tama parkirkan kendaraan ditempat yang leluasa namun teduh (tidak terkena sinar matahari langsung); namun pastikab cukup pencahayaan. Dan kondisi penempatan kendaraan ini dimintakanb kesepakatan atau persetujuan terhadap pelanggan. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan bersama atas kondisi mobil dengan urutan sebagai berikut :

1) Dokumen
Pemeriksaan dokumen berupa STNK, Kontrak, Asuransi, dll. disesuaikan dengan kondisi fisik kendaraan; misalnya type, merk, warna, jika diperlukan nomor rangka dan nomor mesin; dll. Dibuat cheklist atas pemeriksaan tersebut dan buat rekaman perihal persetujuan pelanggan.

2) Exterior
Periksa cat dan body mobil tidak ditemukan penyok atau baret. Lalu bagian lainnya seperti bagian atap, sampai bagian karet pintu dan kaca mobil. Kemudian cek apakah semua pintu-pintunya dapat membuka dan menutup dengan baik, dll. Apabila menemukan baret atau ada yang kurang, langsung tanyakan kepada pelanggan apakah mau diperbaiki atau bagaiman solusiya.

3) Interior
Pemeriksaan bagian interior dimulai dari dashboard, kursi, dinding interior, lantai, bagian atap (plafon). Periksan apakah kursi dalam kondisi baik serta terpasag dengan baik; periksa juga bagian pengaturan sandaran; dll. Kemudian periksan juga perihal sabuk pengaman (sfatey belt); karena bagian ini cukup vital.

4) Fitur dan Asesories
Pemeriksaan dilanjutkan pada bagian fitur dan asesories; misalnya lampu-lampu; lampu dekat, lampu jauh, wiper, sent kiri dan kanan, lampu hazard, lampu rem, lampu mundur, sdll. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap fungsi AC, Audio, Power Sindow, entral Lock, dll. Pemeriksaan dapat dilanjutkan terhadap kelengkapan mobil; misalnya kunci2 , ban cadangan, segitiga pengaman, dll,

5) Mesin
Pemeriksaan mesin dimulai dengan memeriksa ruang mesin biasanya terkait dengan kebersihannya; dilanjutkan dengan  memeriksa tempat pemeriksaan oli, tutup olie, tutup radiator. Kemudian pemeriksaan dilanjutkan terhadap kabel kabel barangkali ada yang lepas, terkelupas atau ada kerusakan. Pada bagian akhir periksa komponen komponen pada mesin yag terbuat dsari palstik baragkali ada yang patah, rusak, dll.

6) Kaki dan Ban
Pemeriksaan dilanjutkan terhadap kaki-kaki, shockbreaker, lengan ayun, tierod, dll. Periksa juga velg, ban, pentil, dll. Periksa apakah velgnya mulus, tidak ada bgain yang penyok, melengkung, dll. Periksa perihal kerapan ban terhadap velg; karena beberapa velg biasanya kurang presisi terhadap ukuran standar ban mobil.

7) Fungsi Vital
Untuk mengetahui fungsi vital kendaraan; tidak cara lain selain melakukan test drive. Maka lakukan test drive; tawarkan apakah pelanggan mau mencobanya atau dikendarai oleh sopir dari PT. Krakatau Jasa Industri. Selama test drive upayakan untuk mengetahuio dan memahami karakteristik masing masing fungsi, pedal gas, kopling, rem, perseneling, dll. Juga rasakan perihal kemampuan kendali setirnya; apakah berfungsi dengan baik, dll. Test denga berbagai manuver dan kecepatan; dalam batas kewajaran penggunaan kendaraan.

prechecking mobil rental

Berita Acara Serah Terima

Setelah selesai melakukan prechecking (pemeriksaan awal) terhadap kendaran maka dilanjutkan dengan membuat berita acara persetujuab atas kondisi kendaraan untuk diserah-terimakan kepada pelanggan. Berita acara dapat dijadikan dokumen pelengkap, namun hal itu bukan sesuatu yang terlalu penting. Bagian paling penting dari proses prechecking kendaraan rental ini, adalah memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan kondisi kendaraan setelah diperiksa bersama.

 


Baca Juga :

  1. Tenaga Terampil bagi Perusahaan dan Industri
  2. Turjawali; Tugas Umum dari Satuan Pengamanan (Satpam) di Perusahaan

 

Baca Juga

Tenaga Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri telah dilatih...

Bantalan adalah elemen mesin yang menumpu poros yang mempunyai...

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri melayani jasa...

Dalam upayanya meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan rental...