Artikel

Stud Bolt dan Jenisnya

stud-bolt

Stud Bolt adalah baut dengan ulir di kedua ujungnya dan dirancang untuk dikencangkan secara permanen ke bagian tetap di satu ujung dan untuk menerima mur di ujung lainnya.

Daftar Isi :

Pengantar

Dilingkungan industri seringkali dibutuhkan suatu baut khusus yang dapat digunakan dengan cara memasang pada satu ujungnya, dan diujung lainnya ditempelan komponen trtentu yang dapat ditahan dengan mur. Dalam kondisi tertentu (jumlahnya tidak terlalu banyak), mungkin dibuat langsung di bengkel industri. Namun demikian di pasaran sudah ada jenis studbolt yang dapat digunakan; selanjutnya adalah tinggal menetapkan ukurannya.

Definisi

Stud Bolt sebenarnya hanya merupakan baja batangan yang memilki ulir, dan seperti baut mesin (machine bolt; baut biasa) namun tanpa kepala (head), meskipun beberapa daintaranya memiliki kepala yang dimasukkan secara permanen ke bagian yang dipasang. Stud Bolt dirancang untuk dipasang secara permanen pada satu bagian, kemudian memasang bagian lainnya ke obyek dengan mur. Ada jenis Stud Bold yang dapat dilas pada satu ujungnya, dan mur diujung yang lainnya.

Stud Bolt jenis lain ada yang memiliki ulir di kedua ujungnya; sedang bagian tengahnya polos. Dalam hal ini, keduanya ujungnya dimaksudkan agar dapat dipasang dan dikencangkan dengan mur; jenis ini yang secara umum disebut Stud Bolt. Sebagai alternatif, Stus Bolt jenis lainnya adalah ulir self-tapping (ujung runcing) di salah satu ujungnya, yang ditujukan agar dapat disekrup secara permanen ke dalam suatu obyek, dan ulir pada ujung lainnya untuk dipasang dan dikencangkan dengan mur. 

Stud Bolt adalah pengencang berulir eksternal tanpa kepala (no head), digunakan dengan desain pemasangan 2 mur di kedua sisi, menggantikan pasangan "baut & mur" biasa. Stud Bolt secara mencolok digunakan dalam sambungan flensa perpipaan (piping flange).

Kategori Stud Bolt

Sehubungan dengan bentuknya, Stud Bolt dapat dikategorikan menjadi tiga kategori besar; yaitu : fully threaded stud bolts (baut stud berulir penuh), tap-end stud bolts (baut stud ujung-tap), dan double-end stud bolts (baut stud ujung ganda). Masing-masing stud bold ini memiliki aplikasi dan tujuan yang berbeda. Fully Threaded Stud Bolts seluruh batangnya berulir dengan tujuaan penggunaan untuk pemasangan mur pada kedua ujungnya secara penuh. 

Tap-end stud bolts memiliki ulir di ujung bodi yang ekstrem dengan panjang pengikatan ulir yang tidak sama, sedangkan double-end stud bolts memiliki panjang ulir yang sama di kedua ujungnya. Selain itu, ada juga Stud Bolt khusus untuk flensa pada perpipaan, yang merupakan stud berulir penuh dengan ujung chamfered, dan ada juga jenis Stud Bolt ujung ganda dengan shank yang dikurangi untuk aplikasi perbautan khusus.


Jenis Stud Bolt

Beberapa jenis Stud Bolt; antara lain adalah sbb :

1) Continuous Threaded Stud Bolts
Stud Bolt dengan ulir seragam di sepanjang panjangnya disebut sebagai baut stud ulir kontinu. Jenis ini biasanya tidak memiliki ujung yang dilubangi.

2) Tap End Stud Bolts
Stud Bolt dengan panjang ulir yang tidak sama pada ujung yang ekstrim dengan bagian tengah yang tidak berulir.

3) Double End Stud Bolts
Stud Bolt dengan panjang ulir yang sama di kedua ujungnya dengan bagian tengah yang tidak berulir.

4) Double End Stud Bolts with Reduced Shank.
Stud Bolt dengan panjang ulir yang sama di kedua ujungnya dengan bagian tengah dikurangi lebih jauh dari diameter stud yang sebenarnya.

5) Flange Stud Bolts
Stud Bolt ini bersifat eksklusif untuk baut stud yang digunakan dalam sambungan flensa dengan ulir kontinu di atas panjang dan ujung yang dilubangi. Panjang teoretis diukur dari utas pertama hingga utas terakhir tidak seperti "Continuous Threaded Stud Bolts" biasa.

6) Welding Studs
Stud Bolt ini tidak seperti yang lain, ini adalah stud las yang digunakan dengan mur di satu sisi dan dilas ke penyangga di sisi lain. Terutama diproduksi sesuai DIN 525 (Standarisasi Jerman).

jenis studbolt

 


Referensi :
Different Types of Stud Bolts or Studs; boltport.com

 


Baca Juga:

  1. Gearbox untuk Kebutuhan Industri
  2. Hydraulic Cylinder atau Silinder Hidrolik

Baca Juga

Dalam menajemen logistik dikenal dengan istilah "vendor...

Gudang adalah fasilitas yang berfungsi sebagai lokasi penyimpanan...

Secara umum suatu industri atau perusahaan yang melakukan proses...

Hydraulic Cylinder atau Silinder Hidrolik adalah silinder dan...