Artikel

Tanda perlunya Spooring (Wheel Aligment) pada Mobil, dan Manfaatnya

wheel-aligment

PT. Krakatau Jasa Industri sangat memperhatikan kenyamanan kendaraan untuk rental (mobil rental) karena akan berujung pada kepuasan pelanggan; antara lain adalah dengan memeriksa kondisi ban dan kaki-kaki; ../

/..serta melakukan spooring atau wheel aligment (penyelarasan roda/ban).

Daftar Isi :

Pengantar

Kondisi atau cara mengemudi yang berbeda dapat memengaruhi kesejajaran roda kendaraan. Demikian juga halnya dengan kondisi jalan yang buruk, permukaan jalan yang tidak terawat dengan baik, berlubang atau juga mobil menabrak trotoar. Benturan atau hentakann dapat menyebabkan masalah keselarasan roda yang seringkali mempercepat keausan ban yang tidak merata.

Pengertian

Wheel aligment atau penyelarasan roda meluruskan sudut roda mobil. Wheel alignment merupakan salah satu aspek terpenting dari perawatan rutin kendaraan. Wheel aligment dilakukan untuk memastikan keempat roda bergerak ke arah yang sama. Kondisi keselarasan ban juga menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan. Misalignment dapat berdampak negatif pada beberapa fungsi mobil. Saat roda tidak sejajar, seluruh sistem suspensi dan kemudi menjadi tidak teratur.

Kondisi setir dapat menjadi pertanda bahwa mungkin sudah waktunya untuk pemeriksaan keselarasan roda. Meskipun mungkin tidak ada tanda-tanda yang jelas seperti ban yang aus, ada beberapa hal yang dapat mengindikasikan ketidaksejajaran. Sebagian besar pengemudi mengetahui mobil mereka dan seringkali hanya dengan menggunakan mata, telinga, dan tangan dapat mendeteksi keselarasan yang baik atau buruk. 

Tanda-tanda Perlunya Wheel Aligment

Berikut adalah beberapa tanda paling umum yang mungkin perlu dilakukan wheel alignment atau keselarasan roda; antara lain :

  • Kendaraan mengarah ke kiri atau ke kanan saat mencoba mengemudi di jalur lurus
  • Keausan ban yang cepat atau tidak merata (aus sebelah)
  • Posisi setir tidak berada di tengah saat mengemudi lurus
  • Ban berbunyi berdecit

Istilah dalam Wheel Aligment

Istilah yang paling populer dalam Wheel aligment atau penyelrasan roda/ban adalah : toe, camber, caster and thrust.

1) Toe
Sudut putar ban ke dalam atau ke luar jika dilihat dari atas. Jari kaki yang tepat sangat penting untuk keausan ban yang merata dan memperpanjang umur ban Anda.

2) Camber
Sudut vertikal – ke dalam atau ke luar – ban saat melihat kendaraan secara lurus. Banyak kendaraan memiliki sedikit camber negatif untuk membantu stabilitas.

3) Caster
Sudut sumbu kemudi maju atau mundur dilihat dari samping mobil. Caster membantu kendaraan Anda tetap berada di jalur lurus dan membantu setir Anda kembali ke posisi lurus setelah belokan.

4) Thrust
Pengukuran ini membandingkan arah gandar belakang dan garis tengah mobil. Itu juga melihat jarak sumbu roda dan memastikan bahwa as roda depan dan belakang sejajar.

alignment-car-wheel

Manfaat Wheel Alignment bagi Kendaraan

1) Efisiensi BBM
Saat roda mobil tidak sejajar, ban akan terseret, yang menghasilkan jarak tempuh bahan bakar yang lebih rendah hingga 10 persen. Intinya adalah, jika roda atau ban tidak disejajarkan dengan benar, maka akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar daripada yang seharusnya. Kesejajaran roda atau ban yang baik dan teratur dapat sangat meningkatkan efisiensi bahan bakar dari waktu ke waktu.

2) Berkendara Lebih Halus
Jika kendaraan terasa menarik ke satu sisi atau sisi lainnya, maka hal ini adalah tanda bahwa roda atau ban tidak pada tempatnya. Maka kemudian akan timbul getaran, atau perjalanan yang menggelegar atau bergelombang. Dengan keselarasan roda yang tepat, maka akan mendapatkan pengendaraan yang mulus yang akan memberikan pengalaman berkendara yang jauh lebih baik secara keseluruhan.

3) Peningkatan Kendali Setir
Adakalanya setir harus dipegang pada suatu sudut untuk mengarahkan lurus atau menjaga mobil dari sisi ke sisi. Hal ini artinya roda mungkin saja tidak sejajar. Sehingga membuat kendaraan lebih sulit untuk dikemudikan, sehingga lebih berisiko mengalami kecelakaan mobil. Dengan penyelarasan roda yang tepat, maka pengemudi dapat menyetir dengan kontrol yang lebih baik, mengutamakan keselamatan (safety driving).

4) Menurunkan Jumlah Perbaikan
Jika kendaraan melindas lubang atau celah di jalan, maka dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kendaraan dan sistem suspensi jika keselarasannya buruk. Benturan atau hentakan sekecil apa pun dapat menyebabkan masalah yang membutuhkan biaya mahal untuk perbaikab. Maka lebih bijaksana untuk menghabiskan sedikit baiaya sekarang untuk pemeliharaan daripada nanti akibat dari mengabaikan tugas penting ini.

5) Ban Menjadi Tahan Lama
Jika roda dalam kondisi yang tidak sejajar, maka ban akan aus sebelum waktunya dan menjadi tidak rata; lakukan pemeriksaan keausan ban mobil secara rutin. Ban adalah salah satu fitur keselamatan terpenting pada kendaraan. Kendaraan memerlukan ban berkualitas baik agar menjadi tetap aman di jalan. Secara teratur periksa keausan ban yang tidak rata pada tapak. Dengan melakukan wheel alignment akan menghindari terjadinya keausan ban yang belum waktunya.

 

Referensi :

  1. Alexander Toyota; Importance of Wheel Alignment and Its Benefits
  2. I & I Tires; 5 Benefits of a Wheel Alignment
  3. MOOG; How is a Car Alignment Done?
  4. Elite Garages; The Importance of Checking Your Wheel Alignment
  5. Tires Les Schwab;Benefits of Proper Alignment, Suspension Maintenance

 


Baca Juga :

  1. Pentingnya Safety Driving, untuk Keselamatan Berlalu-lintas
  2. Mengenal Fungsi Kopling di Industri

Baca Juga

SIM (Surat Izin Mengemudi) merupakan bukti registrasi dan...

Krakataujasaindustri•••Hai Sobat KJI,Curah hujan yang tinggi...

Sehubungan dengan eksistensinya Cleaning Service Outdoor, maka PT....

Ban merupakan bagian penting dari sebuah mobil yang menutupi velg...