Artikel

Tips Memilih Perumahan yang Baik

perumahan-kgg

Menentukan pilihan untuk memiliki perumahan dengan cara membeli atau kredit melalui Developer; memerlukan ketelitian dalam memilihnya karena pada saat sekarang ini banyak bermunculan Developer yang kadang kadang kurang begitu memperhatikan kebutuhan pembelinya.

Daftar Isi :

Pengantar

Membeli rumah KPR jangan sampai menyesal karena bersifat jangka panjang dan sulit untuk menjual kembali dengan harga yang setara. Maka dari itu sebelum melakukan pembelian harus dipertimbangkan untuk memilih dari sejumlah perumahan yang ada, dan pilih yang terbaik sesuai selera dan keinginan dengan mempertimbangkan untuk ditinggali jangka panjang.

Tips Memilih Perumahan

1. Kumpulkan Informasi Tentang Perumahan
Untuk mengetahui kondisi perumahan yang akan dibeli tentunya kita harus mengetahui kondisinya terlebih dahulu, maka langkah pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan informasi.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang perumahan; misalnya dengan mendapatkan brosur/katalog perumahan yang biasanya dibagikan di mall atau di tempat publik lainnya.

Informasi bisa diperoleh juga dari internet, perumahan yang ada di lokasi sekitar biasanya akan muncul di Google Map. Dengan banyaknya informasi yang diperolen, maka bisa memilih dengan lebih leluasa. Selanjutnya adalah memilih beberapa perumahan mana yang sesuai dengan kriteria yang dimiliki; umumnya adalah tentang lokasi, harga, akses ke jalan raya dan fasilitas umum, dll.

2. Survey Lapangan
Dari informasi yang didapat dilanjutkan dengan mengunjungi lokasi perumahan tersebut; dan melihat faktanya di lapangan; apakah sudah sesuai dengan kriteria ataukan berbeda dengan informasi yang diperoleh.

Tidak ada salahnya untuk berttemu dengan pihak Marketing Developer untuk mendapatkan penjelasan yang lebih banyak dan detail. Pihak Developer biasanya akan menjelaskan secara rinci jika anda bertanya tentang hal yang perlu diketahui; misalnya fasilitas yang ada, spesifikasi rumah, luas tanah, dll.

3. Lokasi Perumahan
Dari hasil survey ke lapangan kemudian dipelajari tentang lokasinya, apakah lokasi cukup strategis, dekat dengan fasilitas umum, jalan raya, moda transportasi umum, pasar, rawanb banjir, longsor, dan lain lain.

Hal lainnya yang harus dipertimbangkan adalah kepentingan keluarga dan anak anak jika tinggal di perumahan; apakah lokasinya dengan sekolahan, tempat ibadah, supermarket atau minimarket, dll. Apakah lokasi juga tidak kumuh atau dikelilingi oleh perumahan penduduk yang kumuh, atau dikelilingi oleh pesawahan yang tidak ada apa apa selain tanaman padi, dll; hal ini akan menjadi penyesalan di kemudian hari.

4. Bonafiditas Developer
Pada jaman sekarang ini banyak Developer baru bermunculan apalagi setelah adanya program subsidi dari pemerintah; hal yang harus diperhatikan adalah mengecek bonafiditas Developer.

Developer ada yang hanya membuat satu lokasi perumahan, namun ada juga yang membuat diberbagai lokasi; informasi bisa diperoleh dari orang orang yang pernah merasakan berhubungan dengan developer tersebut.

5. Membandingkan dg Perumahan Lain
Dengan adanya banyak perumahan di lokasi yang berdekatan maka kita memiliki kesempatan untuk membandingkannya satu sama lain; mana yang lebih sesuai dengan kriteria yang kita miliki.

Pertimbangkan untuk membandingkan dari segi harga, kualitas bangunan, kelengkapan fasilitas umum, kualitas jalan di lingkungan perumahan, luas tanah, kontur tanah, dll.

6. Konsep Perumahan
Pada umumnya perumahan memilki konsep dalam pembangunannya; misalnya green living, modern living, natural living, dll. Pertimbangkan untuk tidak memilih perumahan dengan konsep yang tidak sesuai dengan selera; karena yang akan tinggal disitu adalah orang orang yang menyukai konsep tersebut.

Memilih konsep yang sesuai akan membuat betah; karena selain orang orang yang akan tinggal menyukai konsep yang sama; suatu saat kita mungkin akan ikut mengembangkan konsep tersebut bersa sama dengan orang orang disekitar.

7. Kondisi Lingkungan
Perhatikan lingkungan disekitar perumahan apakah akan membuat kita betah tinggal disitu atau sebaliknya; misalnya dari segi kebersihan, drainase; tempat pembuangan sampah, jika dekat dengan penduduk maka pertimbangkan untuk mengetahui karakter dan kebiasaan mereka, dll.

8. Fasilitas yang Ditawarkan
Developer biasanya menawarkan perumahan dengan menyebutkan kelengkapan fasilitasnya; maka pertimbangkan untuk mengetahu lebih lanjut tentang fasilitas tersebut; misalnya fasilitas umum, lapangan terbuka dan fasilitas olahraga, tempat ibadah, sistem keamanan, sistem pembuangan sampah, jalan lingkungan, dll.

Pilihan kembali kepada selera masing masing orang; karena ada juga orang yang menginginkan perumahan tempat tinggal yang hening dan tidak terlalu banyak kebisingan; atau terlalu banyak kegiatan di lingkungan sekitarnya.

9. Sistem Keamanan
Keamanan merupakan faktor paling penting dan kebutuhan manusai yang paling dasar; selain pangan dan papan; maka selanjutnya adalah memeriksan tentang sistem keamanan diperumahan tersebut. apakah perumahan dilengkapi dengan pos ronda, pos jaga penerima tamu, CCTV atau dengan sistem kemanan lainnya. Kita tidak menginginkan rumah bagus fasilitas kengkap, namun dari segi keamanan kurang memadai; karena dikemudian hari akan membuat anda frustasi.

10. Kualitas Bangunan
Pada saat survey anda meluangkan waktu untuk memeriksa kualitas bangunan, dari mulai pondasi, dinding, kusen, sampai atap rumah; apakah dibuat dengan menggunakan bahan bahan yang baik. Kemudian perhatikan juga apakah cara cara pembuatannya cukup baik; sudut sudut menyiku; bagian yang lurus benar benar lurus; dinding tidak bergelombang. Perhatikan juga dari segi kekuatannya; anda mungkin tidak ingin mengeluarkan uang lagi untuk perbaikan yang terlalu banyak dikemudian hari.

11. Pertimbangkan Garansi Kerusakan Rumah
Biasanya perumahan menawarkan garansi untuk jangka waktu 3 bulan. Memang tidak lama. Tapi jika dalam kurun waktu 3 bulan itu ada kerusakan pada rumah, pembeli bisa memanfaatkannya. Misalnya saja ada dinding retak, atap bocor, dan lain-lain. Jadi pastikan tips memilih perumahan yang satu ini kamu dapatkan, pilih perumahan yang punya garansi.

12. Pastikan Status Rumah
Pada umumnya perumahan menawarkan dua status rumah. Yang pertama adalah rumah huni yang sudah siap ditempati. Yang kedua adalah rumah inden yang harus dibangun terlebih dahulu. Jadi pembeli hanya memilih lokasi yang tersedia di site plan. Rumah inden membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa ditempati. Jadi, pastikan terlebih dahulu status rumahnya dan kebutuhan kita akan hunian.

13. Perhatikan Posisi Rumah dari Sisi Mata Angin
Karena lahan semakin sempit, perumahan modern terkadang berdiri di lahan yang kecil. Bahkan ada perumahan yang hanya terdiri dari 1 deret saja. Nah, terkadang posisinya tertutup dari sinar matahari. Bagi beberapa orang ini bisa menjadi masalah. Karena rumah yang mendapat sinar matahari cukup dianggap lebih baik. Namun bagi sebagian yang lain, hal ini tidak menjadi masalah. Jadi pilih arah rumah yang sesuai kebutuhan masing-masing.

14. Perumahan Ramah Lingkungan
Pertimbangkan untuk memilih perumahan yang ramah lingkungan, sistem aliran air hujan cukup baik, ada resapan, lingkungan hijau tidak gersang, kualitas tanah cukup baik jika ditanami, dll.

Demikian juga kontur tanah dan posisi; jika bekas pesawahan perhatikan urugannya; jika berupa bukit perhatian dari risiko longsong; jika berdekatan dengan sungai perhatikan risiko banjir; dll.

15. Sistem Pembayarannya
Pada umumnya, ada 3 sistem pembayaran rumah, yaitu Kredit Pemilikan Rumah (KPR), tunai (hard cash), dan tunai bertahap. Pilihan tentunya yang paling sesuai dengan kemampuan dan tidak menggangu kehidupan keluarga, atau opsi lain adalah dengan bantuan (menghubungi) pihak Bank untuk bantuan pembiayaan.

 


Baca Juga :

  1. Gearbox untuk Kebutuhan Industri
  2. Peran Cleaning Service dalam Sanitasi Lingkungan

Baca Juga

Seragam Satpam Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL SATU) adalah...

Krakataujasaindustri••• Hi Sobat KJI, 

PT. Krakatau Jasa Industri melayani jasa sewa (rental) mobil bagi...

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri melayani jasa...