Artikel

Tips Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Area Perkantoran

Krakataujasaindustri•••
Hai Sobat KJI,

Area perkantoran sudah seharusnya dijadikan sebagai tempat yang aman, nyaman, dan steril dari orang-orang berbahaya. Jangan sampai orang yang tidak berkepentingan bisa masuk ke dalam kantor. Bisa jadi dia memang memiliki niat jahat. Dan bukan tidak mungkin juga jika orang asing ada hubungannya dengan kompetitor bisnis Anda. Dia tidak ingin bisnis Anda terus berkembang sehingga melakukan segala cara untuk menghancurkan kantor Anda.

Maka dari itu diperlukan pengamanan yang ekstra pada area perkantoran. Dimulai dari bagian luar dan pagar hingga bagian dalam kantor.

Sebagai pemimpin, Anda harus bisa memastikan kantor Anda dalam keadaan aman sehingga semua karyawan yang bekerja merasa nyaman. Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengamankan kantor antara lain yaitu :

 

Memasang Kamera CCTV
CCTV merupakan alat pengawas yang wajib dipasang pada setiap ruangan dan sisi kantor. Tujuannya tentu saja untuk mengawasi setiap apa yang terjadi di dalam kantor dan keluar kantor. Dengan memasang kamera CCTV ini, Anda jadi tahu siapa saja orang yang keluar dan masuk kantor. Pastinya melalui kamera CCTV akan terdeteksi jika ada pencuri yang mencoba masuk ke dalam kantor secara sembunyi-sembunyi.

Alangkah lebih baik jika CCTV ini dipasang di lokasi yang tersembunyi. Karena jika Anda meletakkannya di tempat yang mudah terlihat, sangat mudah dirusak oleh pencuri untuk menghilangkan jejak kejahatan mereka.

 

Perketat Akses
Anda juga bisa memperketat akses masuk untuk meningkatkan keamanan kantor. Jangan boleh semua orang masuk ke dalam kantor kecuali memiliki kartu atau ID Card resmi. Hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi. Selain ID Card, Anda juga bisa memanfaatkan sistem face recognition. 

 

Beri Password Pada Semua Komputer Kantor
Di suatu kantor pasti ada laptop atau komputer di dalamnya. Data-data penting kantor pasti ada di sana. Maka dari itu, Anda juga harus memberikan keamanan pada komputer kantor. Salah satu caranya adalah dengan memberikan password pada perangkat kantor yang sangat sulit supaya sulit dibobol oleh orang lain.

 

Membentuk Tim Security Profesional
Tidak cukup dengan hanya mengandalkan kamera CCTV saja, tenaga manusia juga sangat diperlukan untuk memberikan keamanan ekstra pada kantor. Penjahat zaman sekarang sudah cerdas, mereka dengan mudah merusak sistem keamanan yang ada di kantor. Dengan adanya security ini, membuat keamanan kantor menjadi berlapis. Jangan hanya meletakkan satpam di area depan kantor saja, tetapi juga di area samping dan belakang.

Memilih satpam atau security pun juga tidak bisa asal-asalan. Anda harus memilih satpam yang benar-benar memiliki skill bagus dan pengalaman yang tinggi sehingga terbentuk tim security yang profesional.

Baca Juga

Alat pemadam api ringan ialah alat yang ringan serta mudah...

Pemeriksaan atau Inspeksi Barang Masuk atau dikenal dengan istilah...

Supply Chain Management dapat didefinisikan sebagai manajemen...

Krakataujasaindustri•••Hai Sobat KJI,