Artikel

Tips Merawat Mobil Versi PT Krakatau Jasa Industri

 

Driver (sopir) Rental Mobil PT. Krakatau Jasa Industri telah mendapatkan pelatihan tentang teknik dan tatacara membersihkan mobil; termasuk kapan saatnya mobil dibersihkan, mereka telah memahami bahwa selalu menjaga kebersihan mobil untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Daftar Isi :

Membersihkan Kolong Mobil

Tahap pertama dilakukan pencucian kolong mobil, kolong mobil menjadi perhatian utama karena dalam penggunaan sehari-hari bagian bawah atau kolong mobil sudah dipastikan akan terkena kotoran dari jalan, bagian bawah mobil ini sangat riskan terhadap terjadinya pengkaratan bagian bagian logam yang pada mobil.   Sprayer  (mesin  semprot  air)  yang  bertekanan dapat digunakan untuk mengangkat kotoran-kotoran, zat-zat dan semua benda yang menempel pada bagian bawah atau kolong mobil.

Membersihkan Body Mobil

1) Menyiapkan Peralatan

Tahap pertama adalah mempersiapkan peralatan untuk membersihkan mobil; seperti : selang dan kran air serta sumber air; lap bersih (kanebo); spons; air sabun; dll. dilanjutkan dengan menyiapkan mobil yang akan dibersihkan diparkirkan dengan baik, kaca jendela semuanya ditutup, dll. Parkirkan kendaraan ditempat yang teduh karena mencuci mobil dengan terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada cat mobil.

2) Menyeprotkan Air Bertekanan.

Setelah mobil disiapkan maka dilanjutkan dengan menyemprotkan air keseluruh body mobil dimulai dari bagi atas; samping kemudian bagian bawah dengan tujuan untuk memebrsihkan debu, kotoran, pasir yang menempel pada body mobil. Pemebrsihan pada tahap ini harus dipastikan tidak terlihat material kototan, debu atau pasir yang masih menempel pada body mobil, jika menggunakan semprotan air yang bertekanan akan lebih baik.

3) Menyeka Body Mobil dg Air Sabun

Tahap berikutnya adalah menyeka seluruh body mobil dengan spons basah dan dilanjutkan dengan memberikan sabun atau menyeka dengan spons yang telah dicelupkan dalam air sabun; sehingga seluruh body mobil diseka oleh sabun atau busa sabun. Pastikan bagian body mobil dibersihkan dengan sabun dan kotoran luntur dengan air sabun.

4) Membilas Sabun

Tahap selanjutnya adalah membersihkan atau membilas sabun pada permukaan body mobil dengan semprotan air; pastikan seluruh body mobil telah bersih dari busa sabun. Sisa sabun yang tertinggal pada permukaan body mobil dalam jangka waktu lama dapat merusak cat mobil.

5) Membersihkan dengan Lap

Bersihkan body mobil dengan lap yang menyerap air (kanebo) dan pastikan seluruh bagian body mobil dilap sehingga tidak ada lagi air yang tertinggal. Lap harus selalu diperas jika sudah mengandung air; dan pastikan bahwa lap tidak terkontaminasi oleh kotoran, olie atau minyak; debu; pasir; dll.

Membersihkan Interior Mobil

1) Menyiapkan Peralatan

Tahap pertama adalah mempersiapkan perlatan untuk membersihkan interior mobil; seperti anatara lain : lap bersih (kanebo); spons; air sabun; dll. dilanjutkan dengan menyiapkan mobil yang akan dibersihkan bagian interiornya; semua pintu dibuka; karpet karet dikeluarkan; diparkirkan dengan baik; dll.

2) Membilas Interior Mobil

Bilas seluruh interior mobil dengan spons/lap yang diberi air sabun; noda pada interior mobil biasanya kotoran yang tertinggal akibat noda dari telapak tangan, sisa makanan, sisa minuman, bekas telapak sepatu, dll. Pembersihan dilanjutkan dengan menyeka bekas sabun dengan spons/ lap basah.

3) Menyeka Interior Mobil

Seka bagian interior dengan lab penyerap air (kanebo); sehingga menjadi kering; dan pastikan tidak ada air yang menempel pada bagian interior mobil.

4) Membersihkan Lantai Interior

Bersihkan lantai mobil dengan menggunakan penyedot debu (dust cleaner); dan biarkan beberap saat semua pintu terbuka. Setelah bersih bagian interior mobil segera tutup pintu untuk mencegah debu dan kotoran masuk kedalam akibat angin.

Membersihkan Ban Mobil.

1. Bersihkan ban dan velg mobil dengan spons yang diberi air sabun yang sesuai; jangan menggunakan sabun yang keras karena dapat merusak ban mobil.

2. Bilas dengan air dan bseka dengan lap penyerap air. Jika pada ban mobil ada noda yang cukup sulit maka dapat menggunakan sikat sabut.

Membersihkan bagian Mesin Mobil.

1. Bersihkan bagian mesin dengan air tetapi bukan disemprot; karena bagian tertentu (kelistrikan) jika terkena air akan menyebabkan mobil menjadi suliot dihidupkan.

2. Untuk menghilangkan noda yang bercampur lemak atau minyak dapat digunakan air sabun atau sedikit kerosene; perhatikan bahwa kerosene dapat merusak komponen yang terbuat dari karet.

Secara periodik driver (sopir) umumnya melakukan pembersihan mobil pada saat mobil akan digunakan dan setelah mobil digunakan; sehingga mobil selalu dalam kondisi bersih. Pengguna rental mobil dapat memberikan masukan kepada driver (sopir) jika ada bagaian tertentu pada mobil yang dianggap masih kotor; yang dapat membuat pengguna menjadi tidak nyaman.

 

 


Baca Juga :

  1. Asuransi Allrisk Kendaraan (Mobil)
  2. Pentingnya Kapasitor Bank di Industri

Baca Juga

Bahwa perusahaan dalam menerapkan SMK3 (Sistem Manajemen...

Sanitasi didefinisikan sebagai usaha pencegahan penyakit dengan...

Wire Rope atau Tali Kawat atau lebih umum disebut Taki Kawat Baja...

International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code...