Artikel

Tips Safety Driving pada Mobil Listrik

mobil listrik di indonesia

Penggunaan Mobil Listrk (EV; Electric Vehicle) pada saat ini sudah mulai banyak peningkatan, dan sudah tidak asing lagi ditemukan dijalan raya. 

Dan hal yang penting untuk diperhatikan adalah perihal Safety Driving pada Mobil Listrik; sehubungan dengan teknologi dan cara pengoperasian serta pemeliharaanya yang berbeda dengan mobil BBM, sehingga diperlukan berbagai penyesuaian baru.

Daftar Isi :

Pengantar

Sejumlah pabrikan mobil ternama di Indonesia telah merilis mobil listrik dan mulai ramai dijumpai lalu lalang di jalan raya. Namun demikian sebagian masyarakat awam masih banyak yang belum memahami cara mengendarai mobil listrik yang benar; terkait dengan faktor keselamatan.

Mobil listrik adalah kendaraan roda empat atau mobil yang digerakkan dengan tenaga listrik atau baterai. Baterai ini dapat diisi ulang di charging station maupun menggunakan listrik rumah. Produsen mobil listrik telah mengembangkan teknologi dan desain berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sbb :

  • Mobil Listrik menggunakan baterai sehingga suara yang dikeluarkan jauh lebih senyap dibanding dengan mobil BBM.
  • Mobil Listrik menggunakan mesin penggerak motor listrik yang dialiri tenaga listrik dengan tegangan cukup tinggi.
  • Mobil Listrik lebih responsif dibanding jenis mobil BBM.

Faktor Safety Pabrikan

Baterai umumya terbungkus dalam kontainer tertutup dan memenuhi standar pengujian yang mengharuskan baterai mengalami kondisi seperti pengisian daya berlebih, getaran, suhu ekstrem, korsleting, kelembapan, api, benturan, dan terendam air. 

Pabrikan merancang kendaraan ini dengan saluran tegangan tinggi terisolasi dan fitur keselamatan yang menonaktifkan sistem kelistrikan ketika mendeteksi tabrakan atau korsleting. Kendaraan serba listrik cenderung memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah dibandingkan kendaraan konvensional, sehingga lebih stabil dan kecil kemungkinannya untuk terguling.

Tanggap darurat pada kendaraan listrik tidak jauh berbeda dengan kendaraan konvensional. Kendaraan berpenggerak listrik dirancang dengan sakelar pemutus untuk mengisolasi baterai dan menonaktifkan sistem kelistrikan, dan semua saluran listrik bertegangan tinggi ditandai dengan jelas dengan warna oranye.

Beberapa Tips Keselamatan Mobil Listrik

1) Jangan Menguras Baterai.
Penting untuk tidak menguras baterai sepenuhnya di kendaraan listrik. Hal ini dapat merusak baterai dan mengurangi masa pakainya. Awasi level baterai dan rencanakan rute Anda perjalanan dengan tepat.

2) Jangan Lupa Mematikan Pengisian Daya.
Pastikan untuk mematikan pengisian daya pada kendaraan listrik setelah baterai terisi penuh. Jika membiarkannya tetap terpasang dapat membuang energi dan mengurangi masa pakai baterai.

3) Jangan Lupa Safety Driving 
Meskipun penting untuk mengemudi dengan ramah dan berbagi jalan, pengemudi kendaraan listrik harus ingat untuk mengikuti kebiasaan mengemudi yang baik (Safety Driving). Hal ini termasuk menggunakan lampu sein, mengikuti batas kecepatan yang ditetapkan, dan tidak terganggu atau menggunakan Handphone saat mengemudi.

4) Rencanakan Perjalanan Dengan Baik
Sebelum berangkat, rencanakan perjalanan dengan tepat dan hati-hati. Cari tahu lokasi stasiun pengisian daya dan jangkauan EV mobil, hal ini akan membantu untuk menghindari kehabisan baterai di tengah jalan.

5) Perhatikan Jalan
Sangat penting untuk tetap memperhatikan jalan saat mengemudi, apa pun jenis kendaraan yang dikemudikan. Hal ini sangat penting terutama pada kendaraan listrik yang memiliki torsi seketika, yang dapat membuatnya lebih responsif dibandingkan kendaraan bertenaga bensin tradisional.

6) Selalu Kenakan Sabuk Pengaman
Mengenakan sabuk pengaman adalah salah satu tindakan keselamatan paling penting saat mengemudi. Pastikan semua penumpang di kendaraan juga mengenakan sabuk pengaman.

7) Perhatikan Batas Kecepatan
Mengendari dengan kecepatan tinggi tidak hanya berbahaya, tapi juga bisa menguras baterai lebih cepat. Patuhi batas kecepatan, dan hindari akselerasi mendadak dan pengereman mendadak.

8) Manfaatkan Pengereman Regeneratif
Kendaraan listrik dilengkapi dengan pengereman regeneratif, yang membantu mengisi ulang baterai saat melakukan pengereman. Manfaatkan fitur ini dengan memperlambat dan mengerem secara bertahap, daripada dengan melakukan pengereman keras, yang juga akan membuat bantalan rem lebih cepat aus.

9) Perhatikan Jangkauan
Perhatikan kemampuan jangkauan mobil, dan hindari mengemudi jarak jauh saat baterai hampir habis. Berkendara jarak jauh juga dapat menjadi tantangan bagi kendaraan listrik yang perlu sering berhenti mengisi daya.

10) Jaga Baterai Tetap Terisi
Pastikan baterai selalu terisi cukup untuk berangkat ke tujuan berikutnya. Isi daya baterai setiap malam untuk memastikan baterai terisi penuh untuk perjalanan pada keesokan harinya.

11) Periksa Ban Secara Teratur
Tekanan angin  ban sangat penting untuk keselamatan berkendara pada kendaraan listrik. Pastikan ban selalu memiliki tekanan angin yang cukup, karena ban yang tekanan anginnya kurang dapat mengurangi jangkauan keseluruhan dan meningkatkan resistensi.

12) Pemeliharaan Secara Teratur
Sama seperti kendaraan bertenaga bensin, kendaraan listrik memerlukan perawatan rutin agar tetap aman dan beroperasi secara efisien. Jadwalkan perawatan rutin, seperti rotasi ban, pemeriksaan baterai, dan pembaruan perangkat lunak agar mobil listrik tetap berjalan lancar dan aman digunakan.


Referensi :

  1. Energy5 Your Way; Safe and Smooth Ride: Electric Vehicle Safety and Driving Etiquette.
  2. EV Motion; 10 easy and safe tips for driving EVs
  3. US Departement of Energy; Maintenance and Safety of Electric Vehicles
  4. LV General Insurance; How safe are electric cars?
  5. Sumber Lain

 


Baca Juga :

  1. Safety Morning Briefing Tim Deep Cleaning di PT. Krakatau Posco
  2. Seragam Pakaian Sipil Harian (PSH) dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) Satpam

 


 

Baca Juga

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri telah memahami,...

Seragam Satpam Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL SATU) adalah...

Dynabolt atau banyak juga yang menyebutnya dengan Anchor Bolt atau...

Cleaning Service PT. Krakatau Jasa Industri memahami tentang...