Artikel

Tugas Pokok Satpam dalam Mengamankan Lokasi

Krakataujasaindustri

Hi Sobat KJI,

Tugas pokok satpam atau tenaga satuan pengamanan atau dikenal juga dengan security paling umum dan sudah menjadi istilah yang paling banyak dibahas adalah Turjawali. Turjawali merupakan kata singkatan dari Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli; dimana keempat hal tersebut merupakani tugas pokok satpam. Turjawali ini merupakan kesatuan tugas yang umumnya dilakukan setiap hari oleh petugas satpam dalam rangka menjaga kemanan gedung, aset perusahaan, karyawan, dan objek pengamanan lainnya.

Tupoksi Satpam

Tugas Pokok, Fungsi dan Peran Satpam:

Tugas Pokok Satpam

Tugas pokok satpam adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan/tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya.


Fungsi Satpam

Fungsi satpam adalah melindungi dan mengayomi lingkungan/tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerjanya.


Peran Satpam

Dalam pelaksanaan tugasnya sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, satpam berperan sebagai:
Unsur pembantu pimpinan organisasi, perusahaan dan/atau instansi/ lembaga pemerintah, pengguna Satpam di bidang pembinaan keamanan dan ketertiban lingkungan/tempat kerjanya;
Unsur pembantu Polri dalam pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan peraturan perundang-undangan serta menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan (security mindedness dan security awareness) di lingkungan/tempat kerjanya.


Tugas Pengaturan Satpam

Pengaturan adalah aktifitas mengatur segala sesuatu yang ada keterkaitannya dengan keamanan perusahaan. Keluar masuknya orang, barang dan kendaraan saat situasi tertentu yang meliputi terjadinya kecelakaan kerja, bencana alam, unjuk rasa, kerusuhan dan kebakaran menggunakan jalur alternatif.

Hal apa saja yang perlu pengaturan menjadi ruang lingkup pembahasan antara perusahaan dengan pihak satuan pengamanan. Tujuan dari pengaturan adalah untuk mengefektifkan tugas pokok, fungsi dan peranan seorang satpam serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban perusahaan yang menjadi area operasional satpam. Fungsi pengaturan adalah untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan operasional perusahaan dapat dilaksanakan dengan lancar, aman dan tertib.

Tugas Penjagaan Satpam

Penjagaan adalah aktifitas menjaga keamanan perusahaan. Setiap orang, barang dan kendaraan yang masuk dan keluar area kerja diperiksa sesuai prosedur. Penjagaan umumnya dilakukan pada pos jaga. Melaksanakan tugas jaga harus sesuai dengan jadwal atau tugas piket apabila diperlukan; dan memastikan petugas penggantinya dengan seizin pimpinan jika berhalangan.

Tujuan dari penjagaan adalah:

-Mencegah gangguan terhadap keamanan dan ketertiban.
-Mencegah segala penyimpangan yang dapat merugikan perusahaan.
-Menjaga keamanan dan ketertiban yang berada di area perusahaan.


Dan fungsi dari penjagaan adalah untuk mencegah segala tindak kejahatan yang terjadi di area perusahaan dan sekitarnya.

Tugas Pengawalan Satpam

Pengawalan adalah suatu kegiatan pencegahan yang dilaksanakan oleh anggota satpam untuk mengamankan atau melindungi orang atau obyek dari satu tempat ke tempat lain agar tidak terancam jiwanya/intervensi dari gangguan orang lain. Pengawalan adalah pelaksanaan dari upaya antisipasi dalam bentuk pemberian perlindungan terhadap orang/objek perlindungan untuk menjamin keamanan dan keselamatan jiwa dan juga aset dari satu tempat ke tempat lainnya.

Pengawalan umumnya dilakukan terkait dengan perjalanan orang atau obyek yang dikawal dari satu tempat ketempat lain, dan jika sudah keluar dari area tanggung jawabnya; maka sebaiknya dilengkapi dengan Surat Tugas Pengawalan yang disahkan oleh Kepolisian. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan keselamatan orang/objek yang berada di bawah pengawalan satuan pengamanan, serta mencegah segala bentuk kriminal/kejahatan agar orang/objek pengawalan menjadi aman.

Tugas Patroli Satpam

Tugas ini diwajibkan kepada setiap keamanan yang ditempatkan disetiap plot yang sudah diatur oleh atasan atau yang sudah ditunjuk oleh atasan keamanan guna melakukan kegiatan ini. Dan dapat melakukan pencegahan apabila dalam melakukan patroli mendapati hal-hal yang mencurigagan atau janggal dan melakukan pencekalan apabila terdapat hal-hal yang merupakan suatu pelanggaran didalam sistem pengamanan.

Melakukan patroli umumnya dilakukan secara keliling lingkungan perusahaan untuk memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah tanggung jawabnya; dan segera melaporkannya jika menemukan hal-hal yang tidak semestinya.

Tujuan patroli:

-Memastikan keamanan area operasi penjagaan
-Memastikan operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan baik
-Memastikan kondisi aset dalam keadaan lengkap dan baik


Dan fungsi patroli adalah selain untuk menjaga keselamatan diri sendiri juga orang lain dan aset yang menjadi tanggung jawab petugas satpam.

Prosedur Turjawali

Penyusunan, pengawasan, pelaksanaan dan evaluasi prosedur dalam pelaksanaan Turjawali menjadi tanggung jawab penyedia jasa (BUJP) dengan dikomunikasi dan atas dasar masukan serta penilaian dari pengguna jasa (perusahaan klien). Dalam kasus tertentu perusahaan pengguna jasa telah memilki prosedur dan job description untuk satpam. Maka selanjutnya pihak BUJP hanya tinggal mempelajari serta mempertimbangkan kemampuan serta sumberdaya yang dibutuhkan.

Evaluasi atas prosedur dan penilaian dalam implementasinya akan menjadi saling masukan bagi BUJP untuk di respon, sebagai bahan perbaikan sistem atau konsep secara berkala. Hasil dari evaluasi dapat digunakan untuk membuat perencanaan dari kegiatan yang saling berkaitan dalam pelaksanaan Turjawali tersebut.

Unit Kompetensi Kerja Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli juga tercantum dalam SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) satpam atau jasa security, sebagai berikut:

Unit Kompetensi : N.80PAM00.002.2 Melaksanakan Pengaturan
Unit Kompetensi : N.80PAM00.003.2 Melaksanakan Penjagaan
Unit Kompetensi : N.80PAM00.004.2 Melaksanakan Pengawalan
Unit Kompetensi : N.80PAM00.005.2 Melaksanakan Patroli

 

Baca Juga

PT. Krakatau Jasa Industri dalam memberikan layanan Rental Mobil...

Krakataujasaindustri•••Sobat KJI,Seperti yang sudah pernah kami...

Driver (sopir) Rental Mobil PT. Krakatau Jasa Industri telah...

Sehubungan dengan eksistensinya Cleaning Service Outdoor, maka PT....