Artikel

Wheel Loader, Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya

wheel-loader

PT. Krakatau Jasa Industri memilki perlatan lengkap dan canggih, antara lain adalah Wheel Loader untuk mendukung pekerjaan manpower; sehingga dapat bekerja lebih cepat, akurar, efisien dan efektif.

Daftar Isi :


Pengantar

Terdapat berbagai istilah untuk wheel loader seperti misalnya front-end loader, front loader, wheeled loader, bucket loader, scoop loader, dan skip loader. Wheel loader adalah alat berat yang umumya banyak di proyek konstruksi sipil dan bangunan. 

Wheel loader menjadi alat serbaguna dalam berbagai jenis proyek lapangan; melakukan angkat angkut terhadap hampir berbagai jenis materiakl seperti puing-puing, kerikil, tanah, kotoran, palet, dll. Dengan adanya roda, alat ini memiliki mobilitas yang lebih baik di jalan raya, dan tidak merusak aspal atau beton. Kemuadian ekstension (atau attachement) juga dapat digunakan dan dipasang agar cocok dan sesuaiu terhadap pekerjaan serta jenis proyek yang dihadapi.

Pengertian

Wheel loader merupakan alat berat untuk angkat dan angkut yang digunakan untuk memuat dan membawa material melintasi lokasi kerja. Wheel loader dapat mengangkut material halus seperti pasir atau benda besar seperti batu dan puing-puing penghancuran.

Wheel loader tersedia dalam berbagai ukuran, tidak ada istilah proyek yang terlalu besar atau kecil untuk dihadapi oleh alat berat ini. Bahkan loader kecil pun lebih kuat dari yang diperkirakan. Wheel loader tersedia dalam berbagai ukuran untuk berbagai jenis proyek dan pekerjaan. Meskipun sering digunakan dalam konstruksi, loader juga berperan dalam proyek pembersihan dan industri, ukuran wheel loader membantu menentukan industri mana yang paling cocok untuknya.

Jenis Wheel Loader


1) Skid Loader

Juga dikenal sebagai skid steer, model ini adalah tipe loader yang ringkas. Tidak seperti model yang lebih besar, boomnya memanjang di samping kabin, bukan di depannya. Mereka membutuhkan lebih sedikit tenaga dan lebih tahan terhadap keausan ban dibandingkan model lainnya.

2) Track Loader

Alat berat ini menukar ban wheel loader dengan sasis bertrack atau track bersambungan. Meskipun lebih lambat dari perangkat lain, mereka tetap stabil di medan yang paling tidak rata.

3) Backhoe Loader

Selain bucket di depan, mesin ini memasang backhoe ke bagian belakang loader. Backhoe ini memungkinkan operator menyaring petak-petak tanah yang digali dengan ember terbuka.

4) Swing Loader

Perangkat ini menggunakan boom ayun, bukan bucket standar. Karena boom dapat berputar lebih dari 180 derajat, loader ini dapat mengambil dan membuang material di sisi mana pun.

Fungsi Wheel Loader

Wheel loader memiliki kemampuan untuk mengangkat dan mengangkut beban bervolume tinggi dalam waktu singkat. Dengan perlengkapan ekstension (attachment) bucket, wheel loader dapat mengambil material dalam satu gerakan cepat, dan segera dapat mengarahkan muatan ke tujuannya. 

Beberapa fungsiu wheel loader; antara lain adalah :

  • Mengangkut bahan baku seperti kayu, batu, limbah dan terak peleburan
  • Penanganan ulang objek untuk meminimalkan siklus pemuatan
  • Menempatkan beban ke kendaraan lain
  • Membersihkan puing-puing dari lokasi kerja
  • Pemasangan pipa
  • Penggalian; dll.

Kelebihan Wheel Loader

Wheel loader memilki berbagai kelebihan dan manfaat yang hampir tidak dapat ditandingi oleh perangkat angkat angkut lainnya. Crane, derek, forklift, dan telehandler melayani pekerjaan tertentu di lokasi pekerjaan konstruksi, industri, dll. Namun wheelloader dapat memainkan salah satu dari banyak peran yang lebih umum.

Beberapa kelebihan dari Wheel Loader; antara lain :

1) Kecepatan

Wheel loader mengangkut material lebih efisien daripada perangkat lain. crane, derek dan forklift mengandalkan presisi, sehingga operator harus memindahkan hasil angkutnya dengan hati-hati. Sebaliknya, bucket wheel loader dengan cepat menyendok dan meningkatkan bobotnya. Ban yang handal dan tahan lama juga memastikan wheel loader dapat melewati medan yang tidak stabil.

2) Kekuatan

Secara umum, alat angkat dan angkut yang andal akan mengangkut beberapa ton sekaligus. Wheel loader besar dapat menampung hingga lebih dari 18 ton sekaligus. Degan bucket besar maka mampu untuk membawa lebih banyak beban sekaligus daripada alat berat lainnya. Dengan desain wheel loader yang tahan lama, muatan berat ini hampir tidak pernah mengabaikan keselamatan.

3) Kesederhanaan

Meskipun mengungguli jenis alat berat lainnya, wheel loader memiliki desain yang sederhana. Minimal, wheel loader menggabungkan traktor dengan ekstension (attachment) bucket yang menghadap ke depan. Desain langsung ini membuat pengoperasian dan perbaikan loader lebih mudah daripada perangkat lainnya. Jika pekerjaan menuntut lebih banyak keragamab, wheel loader mampu mnelakukannya hanya dengan penggantian ekstension (attachment) sederhana.

Unsur Safety dan Risiko Kecelakaan

1) Kecelakaan Jungkit

Mengangkat beban berat ke dalam truk menyesuaikan pusat gravitasi loader. Semakin tinggi beban yang diangkat, semakin tidak stabil mesin tersebut dan bahaya kemungkinan jungkit meningkat. 

2) Kecelakaan Karyawan

Saat mengoperasikan loader, waspadai orang-orang di sekitar peralatan dan gunakan semua protokol keselamatan agar peralatan tetap terlihat. Jika sinyal tidak berfungsi, segera perbaiki. Perhatikan orang yang berjalan di bawah atau di dekat bucket pemuat atau mengangkat lengan sebelum menaikkan atau menurunkan ekstension (attachment).

3) Kecelakaan Terguling

Meskipun loader mampu bekerja di medan yang tidak rata, terjadi peningkatan ketidakstabilan saat bekerja di bagian menanjak atau menurun atau medan yang lebih berbahaya seperti batu lepas atau kerikil dapat menyebabkan kecelakaan terguling. Hati hati dengab medan tempat peralatan dioperasikan dan pertimbangkan untuk meurunkan setengah beban jika dirasa tidak aman. Ketidakstabilan apa pun bisa berbahaya, luangkan waktu untuk mensurvei tempat kerja sebelum memulai operasi.


Referensi :

  1. Volvo; EVERYTHING YOU NEED TO KNOW ABOUT WHEEL LOADERS
  2. Dozr; The Wheel Loader: Everything You Need To Know
  3. Bigrentz; What Is a Wheel Loader? Uses, Attachments and More
  4. Sumber Lainnya.

 


Baca Juga :

  1. Pentingnya Safety Driving, untuk Keselamatan Berlalu-lintas
  2. Turjawali; Tugas Umum dari Satuan Pengamanan (Satpam) di Perusahaan

 

Baca Juga

¬† Krakataujasaindustri‚ÄĘ‚ÄĘ‚ÄĘ Hai Sobat KJI, ¬†

Bahwa perusahaan dalam menerapkan SMK3 (Sistem Manajemen...

Krakataujasaindustri‚ÄĘ‚ÄĘ‚ÄĘ Hi Sobat KJI,¬†

PT. Krakatau Jasa Industri dalam memberikan layanan Rental Mobil...