Industrial Support

Perbaikan (Repair) Valve untuk Kebutuhan Industri

perbaikan-valve=industri

PT. Krakatau Jasa Industri melayani jasa perbaikan (repair) valve industri; yang mengalami kerusakan atau gagal fungsi, dengan mengembalikan fungsinya dalam proses industri; dimana biaya repair lebih efisien dibandingkan dengan mengganti baru barang yang rusak.

Daftar Isi :

Pengantar

Valve Industri memegang peranan penting dalam banyak proses industri, terkait dengan fungsinya, antara lain : mengendalikan aliran cairan, gas, dan bahan lainnya. Begitu pentingnya peranan valve industri; karena jika mengalami gagal fungsi dapat meghentikan operasi pabrik. 

Seperti halnya komponen mekanik dan mesin, valve industri dapat mengalamin keausan (wear) dan tidak berfungsi seiring umur pakai. Kondisi kerusakan dapat mengganggu proses produksi terkait terganggunya fungsi valve, dan hal ini dapat menimbulkan kerugian breakdown (kehilangan waktu operasi), berkurangnya efisieni, dan biaya perawatan yang tinggi. Teknik perbaikan atau repair valve industri yang tepat dapat membantu untuk menghindari kerugian kerugian akibat gagal fungsi atau misalnya ukuran flow yang tidak semestinya dari sebuah valve industri.

Pengertian

Katup industri adalah alat mekanik yang digunakan untuk mengontrol aliran cairan, gas, dan bahan lain dalam sistem perpipaan pada proses produksi di pabrik. Valve dapat dikendalikan secara manual atau otomatis menggunakan PLC (Programble logic Controler); valve industri memilkin berbagai jenis, ukuran dan bentuk; dan hal ini telah didesain sedemikian sesuai peruntukkannya. Beberapa jenis katup industri yang paling umum termasuk gate valve , globe valve, ball valve, butterfly valve, serta check valve.

Faktor-faktor Penyebab Kerusakan

Kualitas seal, frekuensi pengoperasian, dan kondisi lingkungan semuanya memengaruhi umur pakai sebuah valve industri. Jika seal berfungsi dengan baik, valve umumnya berfungsi dengan baik. 

Aspek lain yang dapat mempengaruhi antara lain faktor : tekanan, temperatur, dan jenis fluida. Valve secara umum direkomendasikan untuk dirawat setiap tiga bulan jika digunakan terus menerus.Kerusakan juga dapat diakibatkan oleh kemungkinan penumpukan kotoran, karat, korosi, atau kerusakan pada komponen yang bergerak. Dalam beberapa kasus, stang mungkin patah atau cacat atau spindel menjadi rusak atau berkarat. 

Latar Belakang Kerusakan

Beberapa jenis kerusakan yang umum terjadi pada sebuah valve industri antara lain adalah :

1) Keausan (Wear)
Seiring waktu, katup dapat menjadi aus atau rusak karena penggunaan normal, menyebabkan kebocoran, penurunan efisiensi, dan penurunan kinerja.

2) Korosi
Korosi dapat terjadi akibat paparan bahan kimia keras atau kondisi lingkungan, yang menyebabkan kegagalan katup.

3) Kesalahan Instalasi
Katup yang dipasang secara tidak benar dapat mengakibatkan pengoperasian yang tidak benar, yang menyebabkan kegagalan katup.

4) Kurang Pmeliharaan
Mengabaikan pemeliharaan katup industri dengan benar dapat mengakibatkan kebutuhan akan perbaikan atau bahkan penggantian yang mahal.

Langkah Perbaikan (Repair)

Secara umum lanhkah perbaikan yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1) Inspeksi di Lapangan 
Pemeriksaan di lokasi dimana valve ditempatkan; jika memang harus dilepas, maka dilepas untuk perbaikan.

2) Inspeksi di Workshop
Melakukan pemeriksaan kerusakan atau keausan yang dilakukan dengan menggunakan inspeksi visual, atau menggunakan peralatan; misalnya : sinar-X, atau alat diagnostik lainnya.

3) Pembersihan 
Valve dibersihkan dan dibongkar, menghilangkan kotoran atau penumpukan yang mungkin menyebabkan masalah.

4) Perbaikan 
Melkukan perbaikan (repair) berdasarkan temuan pemeriksaan, katup diperbaiki atau diganti sesuai kondisinya. Langkah perbaikan dapat meliputi berbagai proses; misalnya pengelasan, penempaan, penggerindaan, atau proses pemesinan lainnya, serta yang paling ekstrim adalah penggantian komponen yang aus atau rusak.

5) Pengujian 
Setelah valve diperbaiki, dilakukan pengujian untuk memastikan pengoperasian dan kinerja yang semestinya. Pengujian yang dilakukan misalnya : uji tekanan, uji aliran, atau jenis uji lainnya tergantung pada fungsi valve dan penggunaannya.

6) Asembling dan Pemasangan Kembali
Valve dan komponennya dipasang kembali dan kemudian disambungkan kembali ke sistem perpipaan di pabrik.

Keuntungan Perbaikan Katup Industri

Beberapa keuntungan yang diperoleh dengan memperbaiki katup industri yang mengalami keruskan, misalnya :

1) Peningkatan Efisiensi 
Dengan memperbaiki katup yang rusak, maka dapat memulihkan fungsi pengendalian aliran (flow) yang lebih akurat dan meningkatkan efisiensi operasi pabrik.

2) Mengurangi Waktu Breakdown
Valve yang diperbaiki akibat mengalami kegagalan fungsi dan perbaikannya relatif cepat dapat mengurangi waktu henti dan meningkatkan produktivitas; dibandingkan dengan memulai dengan penerbitan PO untuk pembelian valve baru.

3) Penurunan Biaya Perawatan 
Dengan melakukan perbaikan maka dapat menghindari kebutuhan akan penggantian yang mahal (akibat beli baru), mengurangi biaya perawatan.

4) Memperpanjang Umur Pakai
Perbaikan yang tepat dapat memilki dapatk yang menguntungkan yaitu umur pakai yang lebih lama dan mengurangi kebutuhan terhadap frekuensi perawatan.

PT. Krakatau Jasa Industri memilkin kompetensi repair secara swakelola dan dengan didukung oleh perusahaan pabrikan dan repair Valve Industri yang telah memiliki pengalaman lama dibidangnya.

 

Referensi :

  1. Thinthank; Industrial Valve Repair: Keeping Your Operations Running Smoothly
  2. United Valve; Industrial Valve Repair, a Changing & Challenging Business
  3. Valmet; Valve repairs and maintenance
  4. Oilway; Prominent Signs Of Wear And Tear To Look Out For In Industrial Valves

Baca Juga :

  1. Komoditas Produk Sparepart Electrical
  2. Komoditas Produk Sparepart Mechanical

Baca Juga

Membersihkan area pabrik merupakan aktifitas yang penting; karena...

Mobil listrik Toyota bZ4X dihadirkan di Indonesia pada bulan...

Scaffolding atau Perancah adalah bangunan pelataran kerja...

Bahwa Satuan Pengamanan (Satpam) dalam melaksanakan tugas...