Industrial Support

Slag atau Terak Baja

slag-terk-baja

Slag atau Terak baja, merupakan produk sampingan dari pembuatan baja, diproduksi selama pemisahan baja cair dari kotoran dalam runace pembuatan baja. Terak terjadi sebagai cairan cair yang meleleh dan merupakan larutan kompleks silikat dan oksida yang membeku setelah pendinginan.

Dalam proses peleburan baja dengan EAF, bahan baku bijih besi, scrap, dan fluks, yang terdiri dari kapur (CaO) dan kapur dolomit (CaO.MgO), dimasukkan kedalam furnace. Peleburan dilakukan oleh Elektroda Grafit hingga bahan pembuat baja mencari; selanjutnya lance (pipa) diturunkan ke dalam furnace, dan oksigen bertekanan tinggi disuntikkan. Oksigen bercampur dan menghilangkan kotoran dalam material cairan. Pengotor pengotor ini terdiri dari karbon sebagai gas karbon monoksida, dan silikon, mangan, fosfor dan beberapa besi sebagai oksida cair, yang bercampur dengan kapur dan dolomit untuk membentuk terak baja. Pada akhir operasi pemurnian, baja cair dipisahkan dan ke dalam ladle sementara terak baja ditahan di dalam furna dan selanjutnya dimasukkan ke dalam pot terak (Slag Pot) yang terpisah.

Saat ini slag atau terak baja telah telah menjadi komoditas yang memilki nilai ekonomi dan dimanfaatkan untuk berbagai penggunaan, mulai dari bahan baku semen, material konstruksi, bahan perbaikan tanah, pengerasan jalan, material pengolahan air limbah dan bahkan sebagai bahan baku pupuk tanaman; dll. Di Indonesia, penggunaan slag besi/baja sebagai material konstruksi jalan sudah dapat dipergunakan menginduk pada standar SNI 8378:2017: Spesifikasi Lapis Fondasi dan Lapis Fondasi Bawah Menggunakan Slag, SNI 8379:2017: Spesifikasi Material Pilihan Menggunakan Slag untuk Konstruksi Jalan dan SNI-6385-2016 Spesifikasi Semen Slag untuk Digunakan dalam Beton dan Mortar.

Slag Baja dari proses peleburan dengan menggunakan EAF (ElectricArc Furnace) dapat dimanfaatkan untuk membuat PS Ball dengan menggunakan teknologi SAT (Slag Atomizing Technology). Produk PS Ball umumnya digunakan material bahan baku pada proses Blasting untuk pembersihan karat pada komponen yang terbuat dari baja; misalnya pada bodi kapal laut; dll.

 


 


Baca Juga

Krakataujasaindustri•••Sobat KJI,  Mengawali hari Senin ini, Mari...

Fuse atau sekring adalah alat pengaman kelistrikan yang dapat...

Mesin Las terutama dalam hal ini Mesin Las SMAW (Shielded Metal...

Kualitas hasil kerja dan pelayanan Cleaning Service merupakan hal...