Trading Manufacture Support

Kayu Dunnage (Bantalan Pelindung)

kayu-dunnage

PT. Krakatau Jasa Industri (sebelumnya dikenal sebagai PT. Purna Sentana Baja) telah siap dan memilki komitmen tinggi dalam penyediaan dan pengadaan kayu Dunnage untuk kebutuhan bongkar muat, transportasi industri; baik untuk transportasi internal, transportasi lokal, maupun mancanegara.

Pengertian Kayu Dunnage

Kayu Dunnage adalah kayu pengganjal untuk memudahkan dalam menyusun barang agar tidak mudah terguncang ketika dalam perjalanan. Dunnage juga termasuk wood packaging material yang mendapat perlakuan sesuai standar ISPM#15. Kayu Dunnage merupakan bagian dari produk kemasan kayu, selain juga pallet kayu.

ISPM#15 merupakan Standar Internasional untuk Kemasan Kayu didalam Dunia Perdagangan International yang bertujuan untuk mengurangi resiko pemasukan dan atau penyebaran Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) melalui penggunaan bahan kemasan kayu yang dipergunakan dalam perdagangan antar negara.

Dunnage merupakan material dalam aktifitas Pemuatan atau Bongkar Muat yang memilki peranan sangat penting untuk dapat tercapainya aspek dalam prinsip Penanganan dan Pengaturan Muatan.

Persyaratan Dunnage

Persayaratan material dunnage; termasuk dalam hal ini adalah Kayu Dunnage; sebagai berikut :

  1. Bahan harus kuat dan kering .
  2. Bukan  dari  bahan  yang  Hygrokopis  atau  yang  karena  sifatnya  dapat  merusak muatan.
  3. Dapat memenuhi fungsinya.
  4. Mudah diperoleh.
  5. Harga dan biaya angkut murah.

Dalam prakteknya sepanjang dapat diterapkan secara wajar, pengamanan dan perlindungan material yang tidak mudah terbakar dengan penahan ( dunnage) dari bahan kayu kering harus digunakan seminim mungkin; sehingga kayu dunnage harus dipilih yang tepat dan sesuai dengan peruntukannya.

kayu dunnage

 


 

Baca Juga

Mobil listrik Toyota bZ4X dihadirkan di Indonesia pada bulan...

Seragam Pakaian Sipil Harian (PSH) digunakan oleh Satpam...

Krakataujasaindustri‚ÄĘ‚ÄĘ‚ÄĘ ‚ú®Hai Sobat KJI‚ú® ūüĎč Dalam rangka...

Besi Pelet adalah bijih besi yang telah diproses aglomerasi berupa...